[ISIGOOD.COM] Donor darah merupakan salah satu bentuk kegiatan sosial sebagai wujud kepedulian terhadap sesama. Setetes darah yang kita donorkan akan sangat berarti dan dapat menyelamatkan jiwa orang lain. Kebutuhan darah di Indonesia terbilang cukup tinggi dan akan terus meningkat diiringi jumlah penduduk yang juga terus bertambah.

Berdasarkan standar WHO, jumlah kebutuhan minimal darah di Indonesia sekitar 5,1 juta kantong pertahun atau 2% jumlah penduduk Indonesia. Menurut Kementrian Republik Indonesia, produksi darah dan komponennya saat ini sebanyak 4,1 juta kantong dari 2,7 juta donasi, dimana 84,72% di antaranya berasal dari donor darah sukarela. Hal ini berarti bahwa secara nasional Indonesia masih membutuhkan tambahan produksi darah dan komponen darah sebanyak sekitar 1 juta kantong/tahun. Untuk itu, Palang Merah Indonesia terus bekerja keras untuk mencukupi kebutuhan tersebut.

Fenomena tersebut menggugah kami untuk mengadakan kegiatan donor darah sebagai salah satu upaya dalam membantu Palang Merah Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan fasilitas donor darah serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya donor darah terutama kepada sivitas akademika UGM serta masyarakat umum Yogyakarta.

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara Dies Natalis ke-69 Fakultas Farmasi UGM yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, 30 September 2015 di Ruang Sidang Unit 5 Fakultas Farmasi UGM, mulai pukul 09.00-12.00 WIB.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui sms dengan format: Nama_Umur_GolonganDarah kemudian dikirim ke 087738983220 atau 085799350405. Setiap pendonor akan mendapatkan souvenir dan bingkisan menarik sebagai tanda telah mendonorkan darahnya di Fakultas Farmasi UGM.

Salah satu cara paling mudah dan mulia untuk membantu sesama kita adalah dengan menjadi pendonor darah, karena setiap hari banyak sekali mereka yang membutuhkan transfusi darah. Jadi, tunggu apa lagi? Setetes darah kita akan sangat berarti untuk mereka, untuk Indonesia.

Untitled-1

Pegiat timeline. Bisa ditemui dalam akun @ervinalutfi di Twitter dan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan