[ISIGOOD.COM] Tidak semua makanan yang enak di mulut adalah makanan yang baik untuk kesehatan. Terkadang, kita harus hati-hati. Karena bisa jadi, apa yang membuat makanan itu terasa nikmat adalah kandungan zat kimia berbahaya di dalamnya. Terlebih lagi saat ini kita sedang dihadapkan oleh dunia yang serba instan. Segala sesuatu harus diproduksi secara massal, dalam waktu singkat dan harga yang terjangkau. Begitu juga dengan produksi makanan. Maka kita harus waspada, jangan-jangan apa yang kita makan mengandung zat yang berbahaya.

Resiko makan makanan tak sehat lebih banyak terjadi kepada mereka yang hobi banget jajan. Logikanya sederhana. Orang yang tidak suka jajan, akan lebih suka makanan rumahan. Sedangkan makanan rumahan akan lebih bisa kita kontrol, mulai dari pembuatannya hingga penyimpanannya. Sehingga resiko menggunakan bahan-bahan yang berbahaya akan cencerung berkurang. Beda dengan orang yang suka banget jajan. Apalagi kalo jajanan yang mengandung banyak pengawet. Enak sih emang rasanya, tapi bagaimana dengan kesehatan kita?

Makanya, kalau kamu adalah orang yang hobi banget jajan, please lah kurangi kebiasaan itu. Karena kebiasaanmu itu hanya akan mendekatkanmum ke beberapa resiko buruk ini:

Kamu akan gampang sakit

Mudah sakit akibat daya tahan tubuh rusak (customations.info)

Mungkin saat ini kita memang masih muda, masih enak buat ngapa-ngapain. Sehingga kita senang melahap apapun makanan yang lezat di lidah. Tapi pikirkan sepuluh tahun yang akan datang! Apa kita tidak ingin sehat? Tahu kan, bahwa makanan berpengawet itu berisi banyak racun yang akan merusak daya tahan tubuh kita. Coba lihat, nenek kakek kita. Bukankah mereka masih terlihat bugar dan kuat hingga tua? Pasti mereka begitu karena lebih sering mengkonsumsi makanan sehat.

Karena gampang sakit, perlahan kamu akan kecanduan obat-obatan medis

Obat yang berlebihan bisa merusak tubuh (tipskesehatan.info)

Kalo udah gampang sakit, apa yang terjadi? Sering minum obat bukan! Padahal tahu sendiri, obat itu adalah bahan kimia. Iya sih, menyembuhkan penyakit. Tapi kalau selalu ketergantungan dengan obat, kasihan dong organ tubuh kita. Gak enak juga kan, dikit-dikit obat. Kan pait!

Merusak rutinitas dalam berolahraga

Olahraga teratur membuat tubuh bugar (infosehate.net)

Yah, udah rajin olah raga, nyari keringat, tapi malah merusaknya dengan mengonsumsi makanan gak sehat. Padahal coba ingat, apa tujuan kamu olah raga? Biar sehat kan! Nah kalo emang mau sehat, jangan banyak jajan! Mending makan masakan di rumah.

Jangan harap punya kulit yang sehat, halus dan terawat

Kulit halus terawat (anggrainisepta.info)

Kulit adalah organ tubuh terluas yang kita miliki. Kita perlu mensupply kulit kita dengan nutrisi-nutrisi penting. Seperti protein, omega3, dan zat besi (kalo gak salah). Nah kalau yang kita konsumsi adalah makanan-makanan pabrik terus, gimana kita memastikan bahwa di dalamnya terkandung nutrisi tersebut?

Dijamin gagal diet

Gagal diet bikin bengong (dasyifa.net)

Jajan yang sering kamu makan, pasti di dalamnya terdapat zat yang membuat kamu begitu menikmati rasanya sampai ketagihan. Hati-hati. Kalau kamu tidak bisa kontrol, kamu akan terus mengikuti nafsu itu. Kalau sudah begini, gagal deh program diet sehat yang kamu jalani selama ini.

Nah itu lho kawan, dampak buruk yang menghantui kamu, para rombongan yang suka jajan. Udah, mending sekarang kita kurangi aja deh kebiasaan itu. Lebih enak juga masakan rumah kan. Udah sehat, bersih, gak boros lagi!

Wanita yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi seorang wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan