Selama ini kita sudah biasa melihat sketsa dan foto secara terpisah. Sebab, proses dan alat yang digunakan untuk menghasilkannya pun berbeda. Bagaimana jika kedua hal itu digabungkan hingga membentuk suatu karya seni? Seorang remaja dari Ceko, Kristian Mensa, berhasil melakukannya.

Mensa berkreasi dengan salah satu karakter film Ice Age (elitedaily.com)

Remaja berusia 17 tahun itu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda sehingga ia bisa menghasilkan karya yang unik. Sejak kecil, Mensa memang selalu mencoba berpikir secara out of the box. Dia juga berusaha menemukan poin pandangan baru dari karya-karya seni yang dilihatnya. Kemudian, Mensa mencoba untuk menggabungkan seni fotografi dan ilustrasi.

Enaknya bersantai di atas kelopak bunga (elitedaily.com)

Karya Mensa yang mengagumkan membuat kita teringat pada Victor Nunes, seorang seniman Portugis yang memiliki aliran yang sama. Dia juga menggabungkan dua objek seni yang berbeda, yaitu benda mati dan hidup. Namun belum diketahui apakah Nunes merupakan idola atau sosok yang menginspirasi Mensa.

Kreasi dari pasta yang elegan (elitedaily.com)

Mensa menggunakan kemampuan menggambar dan ilustrasinya untuk membuat sesuatu yang baru dan berbeda. Misalnya, dia menggambar seorang manusia yang diilustrasikan di penjara. Namun pagar besi penjara diilustrasikan dengan garpu. Seolah-olah terjadi suatu kolaborasi seni antara benda nyata dan hasil sketsa atau gambaran tangan.

Siapa sangka sebuah garpu bisa menjadi penjara? (elitedaily.com)

Gambar dan ilustrasi yang dibuat Mensa selalu dikaitkan dengan beragam benda yang biasa dia gunakan setiap hari di lingkungan sekitar. “Saya selalu membuat sesuatu yang baru dengan hal-hal duniawi,” ujar Mensa.

Tisu-tisu gulung bisa menyerupai lukisan terkenal “The Scream” (elitedaily.com)

Remaja ini juga menggunakan situs berbagi foto Instagram untuk menunjukkan berbagai karya yang dihasilkannya. Melalui akun dengan nama @mr.kriss, Mensa memperlihatkan karyanya kepada publik. Dalam setiap postingan gambar, akun yang kini memiliki banyak pengikut itu mendapat beragam komentar dari para follower. Mereka bahkan memberi banyak pujian pada karya-karya Mensa.

Rapunzel di dunia modern! (elitedaily.com)

Unik, meditasi di atas sisir (elitedaily.com)

Handuk yang digantung bisa disulap menjadi pakaian seorang wanita (elitedaily.com)

Seorang raksasa berjalan di pegunungan! (elitedaily.com)

Rambu-rambu di pinggir jalan pun bisa menjadi karya seni (elitedaily.com)

 

Sumber: vemale.com

Mahasiswa Sastra Perancis UGM. Menyukai seni, psikologi, dan filsafat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *