[ISIGOOD.COM] Pohon kelapa tak henti-hentinya memberikan manfaat. Mulai dari akar bawah hingga ke ujung semua bermanfaat. Namun kebanyakan orang hanya memanfaatkan buah, daun dan kayunya saja. Limbah dari pemanfaatan buah kelapa hanya dibuang begitu saja. Jika jeli dalam melihat peluang dan potensi, sebenarnya limbah kelapa memiliki banyak manfaat bahkan mempunyai nilai jual yang tinggi.

Berikut hasil olahan limbah kelapa yang memiliki manfaat yang tinggi :

1. VCO atau Virgin Coconut Oil

vco

VCO atau minyak kelapa murni berkhasiat untuk perawatan wajah, kulit dan kesehatan. VCO juga dipercaya mampu membunuh berbagai virus degeneratif dan pelarut kolesterol,virus HIV, hepatitis, dan leukemia, serta tidak dapat larut dalam air karena terselubung semacam asam lemak jenuh (lipid). Asam laurat pada minyak kelapa murnilah yang bisa menembus serta mematikan virus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian VCO secara teratur dapat menurunkan risiko terinfeksi HIV atau AIDS.

Di dalam VCO terkandung MCFA (Medium Chain Fatty Acid) merupakan komponen asam lemak berantai sedang yang memiliki banyak fungsi, antara lain mampu merangsang produksi insulin sehingga proses metabolisme glukosa dapat berjalan normal. Selain itu juga MCFA juga bermanfaat dalam mengubah protein menjadi energy.

Prof. Dr. AH. Bambang Setiaji Msc melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa ternyata senyawa yang terkandung dalam VCO ini ternyata sama yang terkandung dalam Air Susu Ibu (ASI). VCO mengandung 48% asam laurat, sedangkan ASI hanya mengandung 38% asam laurat. Perlu kita ketahui bahwa ASI sangat baik bagi bayi sebagai imun untuk kekebalan tubuhnya terhindar dari berbagai macam penyakit. Tentunya VCO yang mengandung 48% asam laurat ini juga akan sangat memberikan manfaat sangat bagus jika dikonsumsi oleh manusia.VCO yang dikembangkan oleh Prof. Dr. AH. Bambang Setiaji Msc menggunakan metode pemancingan tanpa menggunakan pemanasan dan fermentasi.

2. Arang Aktif

arang aktif

Arang aktif atau sering juga disebut karbon aktif adalah jenis karbon yang memiliki luas permukaan yang besar (500m2/g).  Hal ini dicapai dengan proses pengaktifan karbon, baik secara kimia maupun fisik. Pengaktifan juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan adsorpsi karbon aktif. Arang aktif digunakan dalam berbagai jenis industri sebagai adsorben dan untuk kegunaan lainnya.

Fungsi dari arang aktif adalah sebagai bahan penyerap, dan penjernih, juga bisa sebagai katalisator. Industri kimia, Farmasi, makanan dan minuman adalah pengguna terbesar untuk produk ini.

3. Briket

briket

Briket Tempurung Kelapa adalah bahan bakar alternatif terbuat dari bahan baku tempurung kelapa yang sudah di olah menjadi briket dan diharapkan menjadi bahan bakar pengganti sebagai pilihan yang dibutuhkan masyarakat. Briket tempurung kelapa merupakan salah satu jenis briket yang memiliki nilai kalori paling banyak. Selain itu,  pada saat digunakan abunya tidak berterbangan dan tidak berasap , tidak meninggalkan noda hitam pada peralatan yang digunakan ( alat-alat dapur dan lain-lainnya) tidak mengeluarkan bau menyengat / aroma tidak sedap yang dapat mengganggu aktifitas kerja kesehatan maupun lingkungan.

4. Asap cair

asap cair

Asap cair adalah Asap dapat dibuat dari  hasil pembakaran bahan seperti batok kelapa, kayu, bongkol kelapa sawit, ampas hasil penggergajian kayu, dan lain-lain. asap cair juga efektif dalam mematikan dan menghambat pertumbuhan mikroba pada produk makanan. Dalam asap cair mengandung senyawa fenol yang bersifat sebagai antioksidan, sehingga menghambat kerusakan pangan dengan cara mendonorkan hidrogen. Dalam jumlah sangat kecil, asap cair efektif untuk menghambat autooksidasi lemak, sehingga dapat mengurangi kerusakan pangan karena oksidasi lemak oleh oksigen.

Kandungan asam pada asap cair juga efektif dalam mematikan dan menghambat pertumbuhan mikroba pada produk makanan dengan cara senyawa asam itu menembus dinding sel mikroorganisme yang menyebabkan sel mikroorganisme menjadi lisis kemudian mati. Dengan menurunnya jumlah bakteri dalam produk makanan, kerusakan pangan oleh mikroorganisme dapat dihambat sehingga meningkatkan umur simpan produk pangan.

5. Nata de Coco

olahan nata

Nata de Coco merupakan makanan sehat kaya serat yang baik untuk pencernaan dan  banyak dikonsumsi sebagai makanan pencuci mulut. Air kelapa merupakan hasil samping pengolahan kelapa yang belum banyak dimanfaatkan dan banyak dibuang sebagai limbah. Penanganan limbah air kelapa bertujuan agar memperoleh nilai tambah secara ekonomi sekaligus menangani limbah air kelapa tersebut. Produk Nata de Coco diolah dengan menambahkan gula dan flavouring agent yang disukai konsumen akan memberikan nilai tambah yang optimal.

6. Cocomesh

cocomesh

Cocomesh adalah sejenis jaring-jaring yang terbuat dari serabut kelapa. Cocomesh berfungsi sebagai media tumbuh tanaman, sangat cocok untuk reklamasi bekas tambang, atau pantai, penguatan tebing, pencegah erosi, penguatan tanah, penguatan jalur sepanjang rel kereta, penguatan tebing jalan atau jembatan. Keunggulan Cocomesh atau coir geotextile dibanding dengan geotextile dari bahan sintetis antara lain: bahan adalah serat alami, bahan serat kuat, mampu bertahan lama tetapi biodegradable serta mampu menahan air. Penggunaan dari cocomesh ini diletakkan di areal bekas tambang atau pantai dengan cara dipatok sisi-sisinya.

7. Kerajinan dari Tempurung dan Manggar

kerajinan dari manggar

Selain dijadikan arang aktif dan briket, tempurung kelapa juga bisa dijadikan berbagai jenis kerajinan tangan. Mulai dari Angry bird, gelas, mangkuk, jam dinding, sampai bunga. Melalui kreativitas dan imajinasi serta keuletan kamu bisa membuat berbagai jenis kerajinan yang memiliki nilai seni dan ekonomis tinggi.

 

Itulah sedikit ulasan tentang berbagai pengolahan limbah kelapa beserta manfaatnya. Masih banyak potensi-potensi dari kelapa belum terungkap. Semoga bisa jadi bahasan berikutnya. Semoga bermanfaat 🙂

 

Bangun Tri Susilo, mahasiswa Fisika UGM.

Mencari Ilmu dan Berbagi Manfaat

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *