[ISIGOOD.COM] Indonesia terus berupaya meningkatkan sektor militer. Sebuah langkah cerdas dilakukan oleh Lundin Industry Invest, pabrik kapal militer yang bermarkas di Banyuwangi, Jawa Timur. Pabrik tersebut sedang mengembangkan konsep kapal militer terbaru. Setelah menciptakan kapal perang siluman yakni Kapal Cepat Rudal Trimaran, atau KRI Klewang, Lundin kembali menggagas ide membangun kombinasi boat atau kapal, dengan tank berat atau heavy tank. Kapal ini diberi nama tank boat atau mirip dengan konsep tank laut. Hebatnya, jenis tersebut merupakan kombinasi yang pertama kali dibuat dan belum ada di pasar senjata dunia.

Presiden Direktur PT Lundin, John Lundin, menyampaikan bahwa nantinya kapal itu dapat dipakai untuk operasi di laut maupun sungai. Ia menambahkan, “Heavy tank memiliki kendala untuk beroperasi di pendalaman dan juga daerah kepulauan. Maka kami mengembangkan kombinasi boat dan tank untuk mendukung pendaratan amfibi namun dilengkapi senjata berat.”

Rancangan tank laut dari Banyuwangi (azamnatawijana.com)

Kapal bernama X18 Tank Boat ini akan memakai bahan baku berupa material komposit. Material tersebut dinilai lebih kuat 10 kali dari baja dan juga 10 kali lebih ringan dari baja. John menjamin komposit material untuk Tank Boat tahan api. Ia memastikan tidak akan terulang kembali musibah yang menimpa KRI Klewang karena memakai bahan serupa. “Teknologi terbaru dari material komposit dijamin 100% tahan api,” jelas John. Ia menambahkan, kombinasi tank berat dan boat ini pernah dibuat oleh Rusia saat perang dunia ke-2 serta saat perang Vietnam oleh Amerika Serikat.

Walau tengah dikembangkan, produk boat tank belum berhasil untuk diproduksi karena kendala teknologi. Kini, material komposit membantu menyelesaikan persoalan beban. Rencananya, PT Lundin akan menggandeng PT Pindad (Persero) untuk mengembangkan tank laut ini. Sementara untuk pembuatan turet dengan kaliber 105 MM, Lundi menggandeng CMI Defence, sedangkan Bofors asal Swedia digandeng untuk pengembangan sistem senjata.

Jika proyek tersebut berjalan dengan lancar, Indonesia akan mengalami kemajuan berarti di bidang militer. X18 Tank Boat mampu membawa 4 kru dan 20 personil. Di atas air, kapal istimewa ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 40 knots. Panjangnya mencapai 18 meter dengan lebar 6,6 meter.

 

 

Sumber: goodnewsfromindonesia.org

Mahasiswa Sastra Perancis UGM. Menyukai seni, psikologi, dan filsafat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan