[ISIGOOD.COM] Selain memilih warna, model, dan corak kemeja, tentu saja menentukan ukuran kemeja adalah hal yang paling penting bagi seorang pria. Sering kali masalah muncul setiap harus membeli kemeja baru. Kemeja berbagai ukuran dari berbagai merk telah dicoba, tapi Kamu belum menemukan ukuran yang membuat penampilan Kamu memukau.

Bagi yang masih belum menemukan kemeja yang tepat, jangan khawatir karena Kamu tidak sendirian. Beberapa sumber mengatakan bahwa sebagian besar pria telah salah memilih ukuran kemejanya. Pada umumnya para pria mengenakan kemeja dengan satu atau dua ukuran di atas ukuran semestinya. Tanpa disadari hal ini ternyata dapat membuat penampilan Kamu menjadi kurang profesional. Tentunya Kamu tidak ingin terlihat seperti muffin karena kemeja yang kebesaran. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa tips dalam memilih ukuran kemeja yang tepat.

Kemeja yang tepat adalah kemeja yang nyaman saat dikenakan walaupun saat aktif bergerak, tapi juga masih memperlihatkan bentuk tubuh Kamu. Biasanya disebut kemeja yang pas badan atau fit. Ada beragam jenis fit, seperti regular fit, slim fit, atau muscle fit. Namun, itu semua akan dibahas di artikel lain. Kemeja yang pas badan bukan berarti kemeja yang ketat hingga membuat Kamu begitu kerempeng atau membuat Kamu seperti bungkusan lontong dengan kancing-kancing yang ingin segera melompat dari perut Kamu.

(dmarge.com)

(dmarge.com)

Aturan paling dasar, kemeja yang paling fit dapat ditemukan dengan membuat sendiri di penjahit langganan Kamu. Tidak ada yang lebih pas daripada kemeja yang khusus dibuat untuk Kamu sendiri. Akan tetapi, tentunya akan menghabiskan dana yang lebih besar. Jika Kamu memilih untuk membeli kemeja, perhatikan beberapa hal di bawah ini.

Kerah

(realmanrealstyle.com)

(realmanrealstyle.com)

Pilih model dan ukuran kerah yang sesuai bentuk tubuh Kamu. Untuk ukuran lingkarnya, pastikan kerah menyentuh leher Kamu baik saat dikancingkan atau tidak. Saat dikancingkan, coba selipkan satu atau dua jari Kamu ke leher. Jika jari Kamu bisa masuk, itu ukuran yang tepat.

Bahu

(realmanrealstyle.com)

(realmanrealstyle.com)

Pastikan jahitan bahu melekat tepat di ujung bahu Kamu. Jika jahitan bahu jatuh ke lengan bagian atas, artinya kemeja Kamu terlalu besar, begitu pula sebaliknya. Ukuran armhole juga harus tepat. Lengan harus terasa nyaman saat digerakkan. Adanya lipatan berarti terlalu kecil dan kemeja yang kebesaran akan meninggalkan sisa bahan di bawah ketiak.

Dada

(realmanrealstyle.com)

(realmanrealstyle.com)

Seperti disebutkan di awal, bagian dada harus melekat tepat di tubuh dengan kancing yang rapi dan placket yang rata. Ukuran yang terlalu besar akan menghasilkan tampakan seperti balon di bagian perut saat kemeja dimasukkan.

Lengan

(realmanrealstyle.com)

(realmanrealstyle.com)

Kemeja yang bagus memiliki lengan yang lebih kecil di bagian cuff dibanding bagian lengan atas. Jika lengan bagian siku terasa seperti tertarik saat Kamu membengkokkan lengan, cari ukuran yang lebih besar. Namun cari ukuran yang lebih kecil jika lekuk lengan Kamu tidak terlihat atau terdapat sisa bahan yang terlipat turun ke bawah.

Cuff

(realmanrealstyle.com)

(realmanrealstyle.com)

Cuff yang tepat dapat dilewati oleh tangan Kamu tanpa harus membuka kancingnya, bahkan saat Kamu mengenakan jam tangan. Jika cuff terlipat atau menjadi gepeng saat Kamu meletankkan tangan di atas meja, cari ukuran yang lebih kecil.

Panjang lengan

(realmanrealstyle.com)

(realmanrealstyle.com)

Panjang yang tepat jatuh diantara pergelangan tangan dan bagian dasar jempol Kamu. Saat mengenakan jas, lengan kemeja harus lebih panjang sekitar 1 cm dari lengan jas. Saat memakai jam tangan, cuff harus menutupi jam saat tangan lurus dan tidak menutupi jam saat tangan dibengkokkan.

Hem dan tail

(realmanrealstyle.com)

(realmanrealstyle.com)

Kamu harus mengetahui terlebih dahulu apakah kemeja yang Kamu kenakan akan dimasukkan ke dalam celana atau dibiarkan keluar. Kapan Kamu harus memasukkan kemeja akan dibahas di artikel lain. Saat dibiarkan menjuntai keluar, ujung kemeja harus benar-benar menutupi ikat pinggang hingga ke bagian tengah risliting celana. Jika seluruh bagian risliting tertutup, ambil ukuran yang lebih kecil.. Saat dimasukkan, kancing yang terbawah harus tetap berada di dalam celana. Jika tidak, kemeja akan mudah keluar saat Kamu bergerak. Sebaliknya, jika terlalu panjang akan membuat tampakan seperti balon saat dimasukkan. Cara lain, tail harus berada sekitar 1-2 cm di atas permukaan tempat duduk saat Kamu duduk.

Memang cukup banyak yang harus diperhatikan dalam memilih ukuran kemeja. Namun, percayalah ukuran yang tepat membuat penampilan lebih professional dan orang lain akan melihat Kamu sebagai pria yang tidak malas memperhatikan hal kecil sekalipun.

Jika belum juga menemukan ukuran yang pas untuk semua komponennya, pilih ukuran yang paling mendekati, lalu bawa ke penjahit langganan. Kamu akan menambah biaya antara Rp10.000 – Rp20.000, tapi hasil yang didapat tentunya lebih dari itu. Selamat mencoba!

Sumber: gentlemanid.blogspot.com

Pernah bikin Puisi. Sangat tertarik pada lawan jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan