[ISIGOOD.COM] Siapapun berpotensi untuk stres. Rutinitas kerja atau kuliah tak jarang membuat seseorang stres. Begitu juga dengan masalah yang datang silih berganti sebagai suatu yang pasti akan datang pada kehidupan manusia. Tak terkecuali bagi Gooders semua kan? Pekerjaan menumpuk, tugas menumpuk, jenuh dan bosan dengan rutinitas. Belum lagi masalah lain dengan keluarga, teman ataupun lingkungan yang menambah keruh pikiran. Padatnya kesibukan dan masalah yang bejibun tak urung membuat kamu semua merasa ingin lari saja.

Stres harus diobati loh kawan. Sebab, tentunya, Gooders nggak pengen kan stres justru membuat semua pekerjaan dan tugas buyar? Bahkan, jika parah stres yang menumpuk akan menambah beban hidup kita masing-masing. Tak jarang stres karena beratnya masalah mengakibatkan seseorang disorientasi. Terparah, saat silap orang bahkan ada yang merasa harus mengakhiri hidup? Aduh, jangan sampai itu terjadi. Lalu, bagaimana sih mengatasi tingkat stres yang sedang tinggi-tingginya? Simak guys.

Yoga

Yoga salah satu olahraga yang bisa bikin tenang loh (biutifa.com)

Yoga sudah dikenal menjadi aktivitas yang baik untuk menghilangkanstres. Kamu bisa melakukannya sebelum tidur atau ketika Kamu tengah merasa jenuh dan penat.
Manfaat yoga sudah banyak diketahui. Selain bersifat fisik, misalnya mengurangi nyeri kronik atau membuat tidur lebih nyenyak, rutin berlatih yoga juga bisa memperbaiki mood dan mengurangi stres.

Sekelompok peneliti menemukan kaitan antara yoga dan penanganan stres. Dalam laporan yang diunggah pada 2012 di Medical Hypotheses, yoga disebut dapat menurunkan stres karena gerakan-gerakannya bisa memperbaiki ketidakseimbangan sistem saraf.

Massage/Pijat

Bagi perempuan aktif, pola gaya hidup masa kini bisa dimanfaatkan untuk mengatasi stres. Salah satunya adalah tren massage atau pemijatan tubuh.

Lakukan pemijatan tubuh (body massage), karena kegiatan ini baik untuk relaksasi dan membuat normal kembali tekanan darah. Setelah pemijatan, Kamu akan mengalami perbaikan kualitas tidur yang tentu saja bisa memulihkan badan yang letih.

Interaksi dengan rekan atau teman

Asyiknya bersosialisasi (dw.com)

Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project, mengatakan bahwa melakukan sesuatu yang baik akan mengurangi frustrasi di lingkungan kerja. Sebut saja, Kamu membantu rekan kerja dengan mengirimkan e-mail informasi yang bermanfaat. Selain menolong sesama, interaksi dengan sekitar juga dapat membantu menyegarkan kembali pikiran Kamu.

Mendengarkan musik

enjoy (trickntrick.com)

Penelitian pada 2008 yang dilakukan University of Maryland School of Medicine mengungkapkan, mendengarkan musik favorit selama 30 menit mampu melepaskan zat endorphin untuk mengurangi stres dan menghilangkan rasa sakit. Hal ini juga semakin bermanfaat baik sebab tubuh menjadi selaras dengan suara musik yang didengarkan.

Mendengarkan musik juga dapat membantu memperbaiki sistem imun dan keadaan mental yang mengurangi stres. Secara umum, dampak mendengarkan musik adalah berkurangnya ketegangan otot, detak jantung melambat, dan energi pun meningkat seensuai dengan irama.

Manfaatkan media hiburan

Di era serba teknologi canggih seperti sekarang, Kamu juga bisa memanfaatkan hiburan menggunakan gadget. Kamu bisa bermain game ataupun berselancar di media sosial untuk sekadar mengecek informasi terkini.

Peranti teknologi yang canggih semacam itu juga memungkinkan kamu bekerja di luar kantor. Kelengkapan aplikasi seperti Microsoft Office membuat Kamu bisa menjadikannya alat kerja sembari minum kopi di luar kantor atau tempat favorit lain.

Tempat-tempat eksotis khusus rekreasi bisa menjadi obat stres. Liburan tersebut jelas akan membuat dirimu semakin rileks. Tentunya sesuaikan dengan budgetmu agar tidak tambah stres usai liburan.

Tersenyum dan Tertawa

Apapun yang terjadi, tersenyumlah. (acidcow.com)

Tersenyum dan tertawa adalah salah satu kegiatan yang mujarab menghilangkan stres. Tersenyum dan tertawa juga bisa menjadikan hidupnya yang semula berat lebih ringan dan menyenangkan. Tertawa bahkan juga dapat menurunkan kadar tekanan darah serta membantu meningkatkan aliran darah dari seluruh tubuh.

Menikmati coklat dan aroma terapi

Hmmm (clickcamel.com)

Kamu juga bisa bersantai sambil menikmati coklat. Berdasarkan hasil penelitian, seduhan coklat panas atau coklat batang bisa bisa menenangkan dan membuat rileks seseorang.

Selain coklat, banyak orang yang telah menggunakan aroma terapi sebagai salah satu cara mengurangi stres. Berdasarkan berbagai sumber, terbukti bahwa aroma terapi yang berasal dari bunga dan tumbuhan segar bisa memberikan efek rileks atau tenang bagi diri seseorang. Jadi, tinggal pilih saja aroma terapi yang baunya kamu sukai. Apalagi ada beberapa tumbuhan yang memiliki fungsi tersendiri yang positif bagi tubuh kamu.

Jika kamu sedang dilanda stres, segera lakukan tips diatas. Yakin, kusutnya mukamu karena stres akan berubah sumringah setelah melakukan 7 hal diatas. Bukan hanya kembali bahagia, kamu akan kembali bersemangat dalam bekerja dan belajar. So, let’s try.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan