Strasbourg adalah satu diantara “11 Desa Indah di Prancis” yang memiliki nuansa keindahan kota seperti cerita-cerita dongeng.

Menghabiskan waktu di Strasbourg, anda tidak akan mampu menahan keinginan untuk mengabadikan pemandangan dengan kamera anda. Karena di setiap sudut dan setiap jengkal di kota tersebut benar-benar layak jepret.

Sebenarnya kota ini adalah kota besar dan merupakan ibukota Alsace, sebuah provinsi yang terletak di Prancis bagian timur. Kota ini berbatasan langsung dengan Jerman, sehingga merupakan bentuk perpaduan arsitektur dan budaya kedua negara. Rumah-rumah kayu di Strasbourg sangat mirip dengan rumah-rumah kayu di Jerman. Bila anda berkesempatan mengunjungi kota ini, jangan lewatkan paket tur dengan perahu motor. Keindahan pemandangan kanal-kanal besar yang mirip dengan kanal di kota Amsterdam, Belanda, membuat paket tur perahu motor ini laris manis diserbu ribuan turis setiap harinya.

Anda memiliki peluang untuk membuktikan langsung deskripsi keindahan Strasbourg di atas (yang baru sebagian kecil diulas), yaitu dengan mengikuti AC21 Student World Forum 2015. Untuk selanjutnya, silakan simak tuntas keterangan di bawah ini.

AC21 Student World Forum 2015 adalah sebuah forum yang diselenggarakan oleh komunitas Academic Consortium for 21st Century (AC21) sebagai lanjutan dari forum-forum yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. AC21 Student World Forum akan dilaksanakan pada 19-21 April 2015.

Dalam forum tersebut, mahasiswa dapat mengambil bagian dalam beberapa konferensi dengan topik pembahasan yang berbeda-beda. Forum ini sangat menarik karena diikuti oleh seluruh mahasiswa dari berbagai penjuru dunia, khususnya mahasiswa yang menempuh pendidikan di universitas-universitas yang menjadi anggota AC21.

Untuk tahun 2015, University of Strasbourg, Prancis, berkesempatan menjadi tuan rumah dari acara ini, berkolaborasi dengan University of Freiburg, Jerman. Praktis, acara AC21 Student World Forum 2015 ini akan diadakan di dua tempat, yakni Prancis dan Jerman

Berikut beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi oleh pendaftar:

  • Merupakan mahasiswa dari universitas yang menjadi member AC21.
  • Memiliki ketertarikan pada beberapa topik yang akan dibahas dalam konferensi AC21 Student World Forum, seperti kerjasama regional, demokrasi lokal dan regional, manajemen proyek perbatasan, dsb.
  • Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris (dibuktikan dengan sertifikat TOEFL >550 atau sertifikat IELTS 6.0).

Adapun beberapa dokumen yang harus dikumpulkan untuk mendaftar program AC21 Student World Forum 2015 adalah:

  • Formulir pendaftaran yang telah diisi secara lengkap (file dapat diunduh melalui oia.ugm.ac.id)
  • Surat keterangan mahasiswa aktif (certificate of enrollment at faculty)
  • Curriculum Vitae (in English)
  • Surat pencalonan dari Dekan yang ditujukan kepada Direktur Kemitraan, Alumni, dan Urusan Internasional
  • Sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (TOEFL/IELTS)
  • Fotokopi paspor
  • Surat rekomendasi
  • Motivation letter

Seluruh berkas nantinya harus dikumpulkan ke Kantor Urusan Internasional UGM F13 paling lambat 8 Desember 2014.

Pendaftar tidak dikenakan biaya pendaftaran. Bagi pendaftar yang membutuhkan bantuan dana, ketentuan dapat diunduh di website oia.ugm.ac.id.

Selamat mencoba, semoga sukses.

Pejuang Beasiswa tunas-indonesia.org - Dosen SV-UGM - Owner of Fasnetgama Training Center (fasnetgama.co.id) - Ketua Yayasan Tunas Indonesia Jepang - Loving tennis, football, piano & family

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *