[ISIGOOD.COM] Matematika dalam memberi memang aneh. Dengan menjadi dermawan kita tidak akan menjadi miskin. Sebaliknya, kita malah akan mendapatkan banyak manfaat. Berbagi tentu akan membuat orang lain bahagia, selain itu, tahukah kamu berbagi juga memiliki manfaat kesehatan bagi si pemberi?

1. Menurunkan tekanan darah

dengan berbagi, tekanan darahmu akan cenderung normal

Sebuah studi tahun 2006 menemukan bahwa peserta yang memberikan dukungan sosial kepada orang-orang yang mereka kenal memiliki tekanan darah lebih rendah, dibandingkan dengan mereka yang tidak. Oleh karena itu, membantu teman-teman dan keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan jantungmu. Selain itu, dengan memberikan dukungan kepada sesama, kamu juga akan mendapat dukungan dari mereka sebagai balasan.

2. Membantu mengurangi stres

berbagi akan membuat kita merasa bebas dan nyaman

Sebuah studi terbaru dari Universitas Teknologi Queensland yang diterbitkan dalam PLoS One menemukan bahwa perilaku pelit dapat meningkatkan stres. Menimbun uang akan meningkatkan perasaan terancam dari dalam dirimu. Kamu juga merasa harus terus melindugi uangmu sehingga justru menimbulkan stres.

3. Memperpanjang usia

berkurangnya stres membuatmu bahagia dan panjang umur

Karena kamu sudah bebas dari stres, setelah berbagi dengan orang di sekelilingmu dampaknya kamu akan lebih panjang umur. Hal ini dikarenakan stres dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit yang mungkin akan memperpendek usiamu.

4. Meningkatkan mood

memberi adalah salah satu cara untuk membuatmu bahagia

Rasa bahagia ternyata tak melulu karena kita diberi sesuatu oleh orang lain. Dengan memberi ternyata juga menimbulkan rasa bahagia. Memberi membuat kita merasa keberadaan kita sebagai manusia berguna. Penelitian juga mengungkapkan, saat kita berbuat baik dengan memberi sumbangan, bagian otak yang terkait dengan rasa senang akan lebih aktif.

Diolah dari Kompas

Penulis lepas. Tinggal di Yogyakarta. Bermimpi punya toko roti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *