[ISIGOOD.COM] Pernahkah kamu merasa sangat sulit mempelajari sebuah mata kuliah? Padahal, kamu sudah merasa sangat maksimal dalam belajar. Semua metode dari hafalan, mencatat hingga belajar mati-matian sepertinya tidak juga membuat nilai dan pemahamanmu bagus. Masih saja materi itu menjadi momok yang amat menakutkan. Belum lagi sang dosen yang entah sampai kapan bersabar denganmu. Saat itulah, kamu merasa sangat letih untuk belajar.

Ditambah dengan berbagai masalah lain yang mendera. Mulai dari uang saku anak kos yang serba pas-pasan hingga tugas mata kuliah lain yang juga terasa berat. Belum lagi ada masalah dengan teman atau pacar. Huftt, dunia terasa meletihkan, apalagi untuk belajar. Rasa-rasanya kamu sudah tidak lagi niat dan semangat untuk belajar.

Lalu, kira-kira apa sih yang seharusnya kamu lakukan? Nah, saat-saat kamu merasa sangat letih untuk belajar. Ingat dan lakukanlah 5 hal ini. Jika kamu mencobanya, maka dijamin keletihanmu akan memudar dan berganti dengan semangat. Apa saja sih 5 hal itu? Hmm, ini dia!

Mengingat perjuangan orang tua yang memberikan kita pendidikan

Tentunya kalian mau suatu saat memberikan mereka kebahagiaan berupa kesuksesanmu di pendidikan kan? (teenlife.com)

Mereka adalah orang pertama kali yang menjadi tanggungjawab kalian masing-masing. Jika kalian sedang merasa capek dan letih untuk belajar, maka ingatlah orang tua dan keluargamu yang sangat berharap padamu. Ingatlah bagaimana perjuangan orang tua bekerja demi anaknya agar mendapatkan pendidikan yang terbaik. Ingat jerih payah mereka yang mengharapkan kamu menjadi seseorang yang baik dalam belajar.

Tentunya mereka sangat sedih jika melihat kalmu gagal memahami materi kuliah, lalu putus asa. Mereka akan dengan penuh harap kamu menjadi seseorang yang berhasil dalam kehidupan, pendidikan maupun karir. Orang tuamu adalah seseorang yang sangat berharap padamu. Jadi, saat letih ingatlah usaha mereka yang sudah berjuang keras untuk pendidikanmu.

Ingat bahwa masa depanmu berada di tanganmu

Ingat, kamu sendiri yang menentukan masa depanmu, Bukan orang lain. (talentculture.com)

Saat kamu sudah memilih atau bahkan terjerumus di suatu jurusan di kampusmu, maka kamu tetap harus belajar dengan maksimal. Kamu harus senantiasa mengingat-ingat masa depanmu yang berada di tanganmu sendiri. Jangan sampai rasa letih menyurutkan semangatmu untuk meraih masa depan. Jika kamu sedang letih, kamu harus memacu semangat diri dengan melihat target-target masa depan kamu.

Tuhan tidak akan pernah merubah nasib seseorang tanpa adanya usaha darinya sendiri bukan? Ini menyatakan bahwa masa depanmu memang berada di tanganmu sendiri. Saat letih, kamu harus mengingat bahwa kesulitan yang kamu hadapi harus kamu taklukkan. Jadi, pastikan bahwa kamu tidak akan menyerah dengan kesulitan.

Tanamkan kuat dalam dirimu, jika orang lain bisa, mengapa kamu tidak?!

Percayalah pada dirimu sendiri! (blogspot.com)

Satu lagi yang perlu kamu tekankan pada dirimu saat merasa letih dalam belajar. Jika orang lain bisa menguasai suatu mata kuliah dengan pemahaman, penguasaan bahkan nilai yang bagus, mengapa kamu tidak? Stop, jangan pernah merasa kamu itu tidak mampu. Yakinkan pada dirimu sendiri bahwa jika seseorang saja bisa menguasainya, kamu pasti juga bisa.

Nah, namun kamu tidak boleh iri dengan kemampuan orang lain. Bisa jadi penguasaan materi kuliah olehmu lebih lama dari orang lain. Setiap orang memiliki proses yang berbeda untuk setiap kisahnya, begitu juga dengan perbedaan proses untuk mempelajari sesuatu. Kamu hanya perlu mengenali diri sendiri, mengalihkan rasa iri menjadi motivasi dan mengatasi kelemahanmu.

Perbarui semangat dan motivasi dengan hal yang kamu sukai

Semangat hidup dan belajar harus terus diupgrade (cps.neu.edu)

Semangat memang perlu diupgrade. Di suatu waktu, semangat bisa menggebu-gebu dan menunjukkan dalam kadar tertinggi. Namun, suatu kali juga bisa melemah bahkan berada di bawah standar hingga terasa letih yang teramat sangat. Begitu pula dalam belajar. Untuk itu, kamu memang perlu memperbarui semangat saat terasa semangatmu mulai terasa kendor. Cari motivasi yang sesuai dengan kesenanganmu. Misalnya suasana belajar, teknik ataupun motivasi belajar.

Cari penyebab dan penyelesaian keletihan dalam belajar

Letih belajar, carilah sebabnya dan temukan solusinya. (blogspot.com)

Untuk menyelesaikan problem keletihan dalam belajar, kamu harus menemukan penyebabmu letih atau merasa lelah belajar. Jika penyebabnya adalah nilai yang buruk, maka pasti ada yang salah dari proses belajarmu. Temukan cara belajarmu yang paling efektif untuk dirimu sendiri. Bisa jadi faktor penyebab keletihanmu adalah buruknya sebuah hubungan dengan orang lain, maka kamu harus menyelesaikan persoalan itu. Mulai saat ini juga, carilah penyebab dan penyelesaian letih dalam belajar.
Itu dia 5 hal tepat yang bisa kamu lakukan saat kamu benar-benar letih dalam belajar. Lakukan, maka keletihanmu secara bertahap akan sirna. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan