[ISIGOOD.COM] Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan negara lain. Didukung dengan letak wilayah yang strategis, sumber daya alam yang melimpah, dan sumber daya manusia yang produktif menjadi modal utama bagi Indonesia untuk menggali potensinya. Kekayaan alam dan budaya yang kita miliki merupakan sebuah kekuatan yang membentuk identitas jati diri dari penduduk Indonesia.

Begitu banyak akulturasi budaya yang terjadi setiap harinya menjadikan pluralis dan kemajemukan sebagai makanan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Namun, di balik itu semua, arti penting dari sebuah Bhineka Tunggal Ika menjadikan kita kuat atas perbedaan yang ada di sekitar kita

Atas dasar itu, kami mahasiswa Kepariwisataan Universitas Gadjah Mada tergerak untuk membuat sebuah acara revolusioner bagi kebudayaan Indonesia yang kami rangkai dalam acara Tourism Anniversary Festival (TAF), suatu kegiatan acara yang memberikan tampilan mengenai keberagaman kebudayaan Indonesia dan potensi dari generasi muda. Melalui pariwisata kami mengangkat kebudayaan Indonesia sebagai aset terbesar bangsa yang kemudian dapat dikembangkan sebagai promosi pariwisata Indonesia.

TAF merupakan salah satu acara yang di selenggarakan oleh Diploma Kepariwisataan Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada sebagai bentuk peringatan dan perayaan atas bertambahnya usia Program Studi D3 Kepariwisataan. Tahun ini usia D3 Kepariwisataan telah menginjak 21 tahun, hal itu berarti perjalanan di belantika pendidikan Indonesia tidak sebentar dan banyak yang sudah dihasilkan. Namun, dengan perubahan zaman terutama dalam dunia pariwisata, maka eksistensi dari D3 Kepariwisataan sangat diperlukan untuk menjawabnya. Tourism Anniversary Festival juga merupakan acara puncak dari serangkaian acara Dies Natalies Prodi Kepariwisataan Sekolah Vokasi Gadjah Mada.

Pelaksanaan TAF 2015 sangat berbeda dengan TAF 2014. Hal yang paling mendasar adalah substansi budaya dan hakikat dari TAF itu sendiri yaitu kegiatan dari, oleh, dan untuk mahasiswa. Mengangkat tema “Memayu Hayuning Budoyo”, TAF 2015 hadirkan pementasan Sendratari Roro Jongrang dengan para pemain dari kalangan mahasiswa, dosen, serta staff Department Bahasa Seni dan Manajemen Budaya (DBSMB).

Tourism Anniversary Festival “Sendratari Roro Jonggrang” akan diselenggarakan pada:

Hari/Tanggal: 26 November 2015

Pukul: 18.00 WIB-selesai

Tempat: Gedung Societet Taman Budaya Yogyakarta

Selain acara puncak tersebut, pada tahun ini, rangkaian ulang tahun Program Studi Kepariwisataan juga mengadakan Seminar Nasional Pariwisata serta Olimpiade Pariwisata.

poster taf

Melihat pelaksanaan TAF 2014, penyelenggaraan kegiatan berlangsung sangat baik dan meriah. Acara yang berlangsung di pelataran Sekolah Vokasi tersebut mendatangkan banyak bintang tamu dan menyajikan berbagai hiburan. Namun, secara substansi hal tersebut kurang mengena karena kalangan mahasiswa kurang dilibatkan dan terkesan menghamburkan uang dengan mendatangkan bintang tamu. Oleh sebab itu, pada tahun ini TAF 2015 dikemas dengan acara pementasan dan tiketnya akan diperjualbelikan untuk umum.

Bagi masyarakat umum, acara TAF 2015 merupakan penyejuk serta sarana bagi mahasiswa untuk menunjukkan eksistensi budaya. Oleh karenanya, sangat cocok untuk melihat dan menyaksikan acara tersebut mulai awal hingga akhir.

Pegiat timeline. Bisa ditemui dalam akun @ervinalutfi di Twitter dan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan