[ISIGOOD.COM] Dies Natalis 50 Tahun Farmasi UI tahun ini dilaksanakan bertepatan dengan kegiatan terbesar BEM Farmasi UI, yakni Pharmacy Festival (Pharfest) 2015. Mengusung tema “Empowering Pharmacist’s Role in Promoting Quality of Life”, acara ini diisi dengan berbagai kegiatan, dari mulai orasi ilmiah, seminar, hingga kegiatan donor darah. Dalam acara ini, panitia mengambil subtema “Membangun dan memajukan mutu pendidikan Farmasi yang berwawasan global untuk memantapkan peran nyata farmasis dalam pembangunan kesehatan nasional.”

Adapun detail acaranya adalah sebagai berikut:

1. Seminar Nasional

Tema dari seminar nasional yang akan diadakan dalam kegiatan Pharmacy Festival 2015 adalah “Upbringing Pharmaceutical Research into Industrial Market” yang menjelaskan mengenai riset dan pengembangan hasil riset hingga menjadi suatu produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Sasaran dari seminar nasional ini adalah mahasiswa farmasi dari berbagai Universitas di Indonesia serta para profesional di bidang kesehatan. Berikut ini adalah pembicara yang akan memberikan materi pada Seminar Nasional Pharfest UI 2015:

  • Raymond Tjandrawinata, MS, MBA, FSRC, FACNA. (Direktur Eksekutif DLBS Dexa)
  • Nurma Hidayati, M.Epid. (Direktur Penilaian Obat dan Produk Biologi BPOM RI)
  • Dr. Ir. Bernard T. Widjaja, MM. (Direktur Innovation Centre Martha Tilaar)
  • Amalia Basalamah, S.Si., Apt. (Clinical Monitoring INC Research)

2. Workshop Biovailabilitas dan Bioekivalensi (BA-BE)

Workshop Bioavaibilitas dan Bioekivalensi adalah workshop mengenai pengujian bioavaibilitas obat dalam matriks biologi dan ditujukan untuk kalangan mahasiswa, industri farmasi, maupun lembaga riset. Workshop ini akan diadakan pada pekan yang berbeda yaitu dua pekan sebelum acara lomba dan seminar. Acara ini akan diadakan selama dua hari dimana pada hari pertama peserta akan menerima materi terlebih dahulu dan pada hari kedua peserta akan melakukan kegiatan (praktikum) di laboratorium bioavaibilitas dan bioekivalensi Fakultas Farmasi Universitas Indonesia yang sudah terakreditasi internasional ISO17025:2005. Pembicara dalam workshop ini adalah Kepala Laboratorium BA-BE Fakultas Farmasi UI, yaitu Prof. Dr. Yahdiana Harahap, M.S. dan Tim Laboratorium.

3. Scholarship Expo and Job Fair

Scholarship Expo and Job Fair yang akan diadakan dalam Pharmacy Festival ini merupakan pameran beasiswa yang melibatkan kerjasama dengan beberapa institusi dan perusahaan yang menyediakan peluang beasiswa  dan karier. Institusi yang akan dilibatkan antara lain perusahaan, yayasan, kedutaan besar atau organisasi tertentu yang selama ini telah memberikan beasiswa bagi mahasiswa UI dan perusahaan yang sedang membuka peluang pekerjaan kepada mahasiswa dan masyarakat secara umum. Pada acara ini terdapat Talkshow bersama beberapa penerima beasiswa, seperti Maudy Ayunda*. Pada job fair ini, pengunjung dapat langsung memberikan daftar riwayat hidup dan beberapa perusahaan langsung melaksanakan wawancara atau ujian langsung.

4. Kompetisi Ilmiah

Kompetisi ilmiah yang akan diadakan terdiri dari empat kategori lomba, yaitu Patient Counseling Competition, Cerdas Cermat Farmasi¸ Poster Competition , dan Essay Competition. Untuk Patient Counseling Competition dan Cerdas Cermat Farmasi merupakan kompetisi yang ditujukan khusus untuk mahasiswa farmasi di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk Poster dan Essay Competition merupakan kompetisi yang ditujukan untuk mahasiswa rumpun ilmu kesehatan di seluruh Indonesia.

5. Opening Event

Opening Event Pharmacy Festival akan diadakan dalam bentuk campaign mengenai acara Pharmacy Festival dan makna nine star pharmacist kepada masyarakat. Campaign  akan diadakan pada acara car free day di Bundaran HI.

6. Closing Event

Closing event merupakan acara penutupan yang dilaksanakan bersamaan dengan Homecoming Day Dies Natalis 50 Tahun Farmasi. Rangkaian acara berupa Funbike, temu alumni, bazaar, pengumuman pemenang lomba dan penyerahan hadiah disertai dengan penampilan panggung sebagai acara puncak rangkaian kegiatan Pharmacy Festival 2015 yang akan diadakan outdoor di Boulevard UI. Pada closing event ini akan diramaikan dengan berbagai macam kegiatan yaitu acara apresiasi seni dan hiburan dengan bintang tamu/ artis yang merupakan alumni UI diantaranya : Kahitna*, Sheila On 7 (SO7)*, Naif*, Gamaliel Audrey Cantika*, Payung Teduh*, Banda Neira*, Kemal Pahlevi*, dan Ge Pamungkas*

Keterangan: *masih menunggu konfirmasi

Seluruh kegiatan tersebut, akan dilaksanakan selama bulan September dan Oktober 2015. Yuk, dicatat tanggalnya!

 

  • 1 September 2015: Orasi Ilmiah
  • 13 September 2015: Opening Car Free Day Bundaran HI
  • 19-20 September 2015: Workshop BA-BE
  • 1 Oktober 2015: Research Exhibition, Donor Darah dan Seminar oleh ILUNI FFUI
  • 2 Oktober 2015: Research Exhibition
  • 3 Oktober 2015: Research Exhibition, Seminar Nasional, Patient Counseling Competition & Cerdas Cermat Farmasi, Scholarship Expo & Job Fair, Pameran Karya Poster Pharfest, Bazaar
  • 4 Oktober 2015: Funbike, Bazaar, Homecoming Day UI, Rapat ILUNI FF UI, Final Patient Counseling Competition & Cerdas Cermat Farmasi, Closing Pharfest, Home Financing Talkshow, Kidszone.

Pendaftaran lomba, seminar, workshop, dan tiket online (closing Pharfest dan jobfair) bisa kamu dapatkan melalui website www.pharfestui.com.

plus logo medpar - small

Untuk info lebih lanjut silakan hubungi:

Twitter/LINE: @pharfestui

Instagram/Ask Fm: pharfestui

Website: pharfestui.com

Facebook: Pharmacy Festival

Email: pharfest2015@gmail.com

Contact Person: 087782378425 (Oliv)

Pegiat timeline. Bisa ditemui dalam akun @ervinalutfi di Twitter dan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan