[ISIGOOD.COM] Sebagai permulaan, mari kita simak dulu sebuah rilis resmi Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII). Baru-baru ini mereka telah mengumumkan hasil riset nasional terkait jumlah pengguna dan penetrasi internet di Indonesia untuk tahun 2014 kemarin. Menurut hasil riset yang digelar atas kerjasama dengan pihak Pusat Kajian Komunikasi (PusKaKom) FISIP Universitas Indonesia itu, dirilis bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia kini telah mencapai angka 88,1 juta.

88,1 juta jiwa adalah angka yang fantastis, dan masih akan terus bertambah dari waktu ke waktu

Dengan demikian, jika disesuaikan dengan jumlah populasi penduduk Indonesia yang menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) mencapai 252,5 juta jiwa, maka pengguna internet di Indonesia mengalami pertumbuhan 16,2 juta jiwa dari total 71,9 juta pengguna di tahun 2013 lalu.

Jaringan internet mampu menghubungkan orang-orang di seluruh dunia (pptbackgroundstemplates.com)

Jaringan internet mampu menghubungkan orang-orang di seluruh dunia (pptbackgroundstemplates.com)

“Pertumbuhan pengguna internet di Indonesia meningkat 34,9% dibandingkan tahun 2013 lalu. Sangat menggembirakan, namun kami sebenarnya berharap bisa lebih dari itu,” ujar Ketua Umum APJII, Samuel A Pangerapan, Kamis, (26/3/2015), di Jakarta.

Sammy mengatakan, pertumbuhan pengguna internet di tahun 2014 yang lalu sangat didukung oleh pertumbuhan pengguna perangkat mobile, khususnya smartphone. APJII mencatat, di tahun 2014 akses internet melalui smartphone mobile melonjak tinggi hingga mencapai 85%, dibandingkan tahun 2013 yang baru mencapai 65%.

Lebih rinci dijelaskan, 65% pengguna via smartphone, 32% pengguna mengakses internet via laptop, 13% menggunakan tablet, sementara PC 14%.

Ditinjau wilayah domisili pada pengguna,

– 78,5% dari total 88,1 juta pengguna internet di Indonesia tinggal di wilayah Indonesia bagian barat. Ibukota DKI Jakarta menjadi wilayah dengan penetrasi paling tinggi dengan 65% pengguna internet.

– Disusul oleh DI Yogyakarta yang memiliki 63% pengguna internet.

– Tercatat ada sekitar 53 juta pengguna internet terkonsentrasi di pulau Jawa dan Bali.

– Sedangkan posisi terendah di tempati oleh Papua yang hanya memiliki 20% pengguna internet dari total jumlah populasi penduduknya.

Meski mengalami pertumbuhan yang tergolong pesat, sayangnya hasil survei APJII memperlihatkan bahwa Indonesia masih jauh dari standar Millenium Development Goals (MDG) yang mensyaratkan minimal 50% pengguna internet dari total populasi di akhir 2015 mendatang.

“Ini tidak mudah. Prosesnya harus dilakukan bersama-sama, termasuk pemerintah, privat sektor, dan elemen masyarakat harus salaing bahu-membahu mewujudkannya,” ungakap Sammy –panggilan akrab Samuel.

Lebih lanjut Sammy memaparkan, ” Kita berkewajiban mengejar pertumbuhan 15,1% kalau mau memenuhi standar itu. Ya, mudah-mudahan di akhir tahun 2015 nanti bisa tercapai, kan nanti ada 4G LTE, lalu fiber optic juga semakin meluas. Tapi memang berat sampai ke 50% dari total populasi. Paling masuk akal kita bisa raih 41% dari toal populasi di akhir tahun ini.”

Next: Peluang Bisnis Bagi Generasi Kreatif

Pejuang Beasiswa tunas-indonesia.org - Dosen SV-UGM - Owner of Fasnetgama Training Center (fasnetgama.co.id) - Ketua Yayasan Tunas Indonesia Jepang - Loving tennis, football, piano & family

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *