[ISIGOOD.COM] Kabar gembira datang dari Yogyakarta, tempat yang terkenal dengan sebutan Kota Pelajar. Kreativitas dan ketekunan mahasiswanya berhasil membanggakan Indonesia. Mobil buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mampu bersaing dengan mobil buatan mahasiswa asing. Karya tersebut menyabet gelar juara dalam ajang 2015 International Student Green Car Competition (ISGCC) di Korea Selatan.

Di balik kesuksesan tersebut, ada perjuangan dari sebelas mahasiswa yang tergabung dalam Tim mobil Universitas Negeri Yogyakarta, Garuda UNY Racing Team (GURT). Mereka membuktikan konsistensinya dalam ajang tersebut untuk kategori mobil hybrid. Karya mereka berhasil mengungguli jumlah perolehan poin dari rival terberat sekaligus juara bertahan tahun lalu, MDS Cruza yang merupakan tim lokal. Satu-satunya tim wakil Indonesia ini berhasil menjadi juara umum dan mendapat gelar Best of the Best pada kompetisi yang berlangsung di Songsan-Myun, Hwasung-si, Gyeonggi-Do, Korea Selatan pada 29-30 Mei 2015 lalu.

Mobil karya mahasiswa UNY (uny.ac.id)

Seusai kompetisi di Korea Selatan, para mahasiswa ini kembali ke kampusnya dengan sambutan meriah. Mereka disambut oleh Rektor UNY, Rohmad Wahab, dan para mahasiswa lain. Saat menginjakkan kaki pertama kali di kampus, para mahasiswa ini dikalungi bunga dan mendapat tepuk tangan meriah.

Ketua delegasi Tim GURT UNY ke Korea Selatan, Yusuf Mulyadi, menyampaikan kegembiraannya karena bisa membawa nama Indonesia ke Korea Selatan. Mereka membuktikan bahwa karyanya mampu berkompetisi di tingkat internasional. “Rasanya bangga dan gembira. Perjuangan kami lembur untuk persiapan sudah terbayar,”kata Yusuf.

Mobil hybrid, karya kreatif mahasiswa Yogyakarta (uny.ac.id)

Pada kompetisi hari pertama, mereka berhasil menyabet 1st winner maneuver dalam maneuverability race. Pada acceleration race, mereka berhasil menduduki posisi 2nd winner acceleration. Yang lebih membanggakan, mereka berhasil memperoleh poin 594 dari total poin 600. Sayangnya pada hari kedua kompetisi, tim Garuda UNY mendapat tantangan berupa kondisi cuaca yang kurang menguntungkan.

Karena hujan turun, track yang digunakan basah dan membahayakan bagi kendaraan. Namun, HYVO 101 tetap melaju dan mampu finish di urutan ke-2. Pencapaian inilah yang membuat tim mobil UNY berhak untuk menjadi juara umum pada 2015 ISGCC dalam kategori mobil hybrid. Atas prestasi ini, Tim GURT UNY meraih hadiah sebesar 3 juta Won atau setara Rp 34 juta. Selain itu, mereka mendapat bantuan pengembangan teknologi sebesar 10 juta Won serta sertifikat internasional. Hebat, bukan? Anak-anak muda Indonesia memang membanggakan!

 

Sumber: goodnewsfromindonesia.org

Mahasiswa Sastra Perancis UGM. Menyukai seni, psikologi, dan filsafat.

1 Comments

  1. Sheilla

    Hebat dan membanggakan! Semoga saya bisa mengikuti jejak mahasiswa UNY dalam bidang kreatif lain. Salut!

    Terima kasih atas beritanya. Sangat bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *