[ISIGOOD.COM] Siapa sih yang tidak ingin menjadi mahasiswa berkualitas? Hmm, pasti semua diantara kalian para mahasiswa akan tunjuk jari dalam hal ini. Siapapun menginginkan membahagiakan diri, orang tua dan meraih segala hal yang membanggakan dengan prestasi. Bukan dengan lainnya. Nah, karena itu kamu pastinya bakal berusaha mati-matian untuk menjadi mahasiswa berkualitas. Jika perlu, bisa meraih segudang prestasi dan memiliki potensi dalam bidang apapun.

Untuk menjadi seorang mahasiswa demikian, tidaklah mudah. Namun bukan menjadi sesuatu yang mustahil. Hanya saja, memerlukan pengorbanan dan usaha yang sedikit lebih keras dengan yang lain. Tapi yakin, bahwa apa yang kamu lakukan tidak akan pernah sia-sia. Dibawah ini ada beberapa kiat khusus buat kamu semua mahasiswa yang pengen banget menjadi seorang mahasiswa yang berkualitas. Apa saja yaa kiat dan triknya? Simak guys!

Kamu membutuhkan prioritas dalam setiap hal

Kamu butuh prioritas dalam setiap hal (productivityist.com)

Bagaimanapun apa yang dilakukan dengam fokus akan lebih maksimal. Untuk ini, kamu perlu menyiapkan apa yang menjadi prioritas kamu dalam setiap waktu yang kamu habiskan saat menyandang status sebagai mahasiswa. Hidupmu memang harus menyenangkan. Namun, itu bukan berarti kamu tidak memiliki sesuatu yang disebut hal yang perlu diutamakan. Artinya, kamu harus tahu kapan dan dimana serta apa yang harus kamu lakukan. Jika sudah menemukan prioritasmu, kamu pastinya akan menuju menjadi salah satu ciri mahasiswa yang berkualitas.

Hidup mandiri

Ya, pasti kamu bisa hidup mandiri! (huffpost.com)

Hidup secara mandiri akan membuat kepribadianmu lebih baik. Tentunya hal itu akan mengasah kemampuanmu dalam menyesuaikan segala hal situasi dan kondisi. Kamu harus belajar hidup mandiri. Sebab, tidak selamanya kamu bisa mengandalkan orang tuamu. Jadi, sejak menyandang status mahasiswa, sebaiknya kamu mencoba melakukan segala kegiatanmu secara mandiri. Misalnya kegiatan kecil seperti mencuci, memasak ataupun mengurus keperluan dirimu sendiri. Akan lebih baik kamu bisa mandiri secara ekonomi. Misalkan dengan kerja sampingan.

Belajar memanage waktu

Belajarlah mengatur waktumu jika mau jadi mahasiswa berkualitas! (ufexec.ufl.edu)

Sebagai mahasiswa yang berkualitas, tentu kamu harus pandai-pandai memanage waktu. Mulai detik ini juga, kamu harus pandai membagi waktu. Apalagi jika kamu pengen segudang aktivitas dan bakat ataupun kegiatan yang ingin kamu kerjakan. Oya, sebagai mahasiswa yang berkualitas tentunya akan memanfaatkan sebaik mungkin waktu yang dimiliki. Jangan sampai waktumu terbuang sia-sia tanpa ada manfaatnya apapun. Belajarlah mengatur waktumu dengan membuat planning dan tidak bermalas-malasan.

Pandailah bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain

Kamu harus pandai bergaul dan bersosialisasi! (accessandequity.org)

Mahasiswa seharusnya mampu melihat segala hal dari banyak segi dan mampu bergaul serta bersosialisasi dengan baik. Mahasiswa yang berkualitas tentunya juga mampu meningkatkan kualitas bergaulnya dengan orang lain. Kamu harus bersosialisasi dengan baik. Sebab, sejatinya kamu adalah makhluk sosial. Tanpa interaksi dan sosialisasi yang baik dengan orang lain, kamu sama saja tidak mampu bergaul dengan baik dan belum bisa disebut sebagai mahasiswa yang berkualitas.

Bergabunglah dalam organisasi ataupun kegiatan sosial

Organisasi atau kegiatan sosial juga akan membuatmu lebih baik lagi. (iaam.com)

Nah, satu ini mungkin tidak banyak diketahui orang bisa meningkatkan track record mahasiswa menjadi indikator mahasiswa berkualitas. Dengan berorganisasi maka kemampuan soft skill kamu akan bertambah. Hal itu tentunya juga berpengaruh pada masa depanmu juga nantinya. Kamu juga perlu bergabung dengan beragam kegiatan sosial untuk menumbuhkan jiwa sosialmu. Kepekaan batin dan nurani juga bisa kamu pertajam dalam kegiatan itu.

Baik dalam hal akademik

Tenang, kamu pasti bisa! (collegechoice.net)

Memang kuliah bukan semata-mata mencari nilai yang baik. Namun, kamu harus mengetahui bahwa nilai merupakan salah satu indikator yang bisa dilihat bahwa kamu memiliki kualitas yang baik. Nilai disini misalnya IPK. Kamu sebagai mahasiswa berkualitas tentunya akan mampu memperoleh akademik yang baik pula. Kamu tentunya mampu mengikuti mata kuliah dan penjelasan dosen dengan sebaik-baiknya. Caranya, tentunya kamu harus benar-benar niat dan siap menerima materi sesuai dengan ketentuan yang ada.

Tangkal hal buruk dengan peningkatan spiritual

Tingkatkan spiritualisme kamu demi masa depan. (dailycaller.com)

Dewasa ini, tentunya kamu mengetahui tentang semakin banyaknya perilaku tidak baik dan kejahatan kan? Nah, hal yang berupa spiritual lah yang bisa kamu andalkan untuk melindungi dan menangkal perilaku buruk yang mendekat padamu. Kamu perlu menjaga dirimu dari buruknya hal-hal tersebut. Ingat, salah satu indikator mahasiswa berkualitas juga ini loh.

Nah, itu dia guys, beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan kiat yang bisa kamu lakukan agar menjadi mahasiswa berkualitas. Gimana? Tertarik mencobanya? Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan