[ISIGOOD.COM] Lesunya perekonomian global yang terjadi belakangan ini berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada kuartal II 2015 ekonomi Indonesia tumbuh hanya sebesar 4,67% atau melambat dari realisasi kuartal sebelumnya yang tumbuh 4,72%. Menghindari terjadinya krisis yang berkelanjutan, Indonesia perlu melakukan upaya strategis dengan mengoptimalkan potensi yang dimiliki.

Belajar dari pengalaman krisis 1998, ekonomi Indonesia cukup tertolong oleh adanya UMKM dan LKM. Karenanya, keberadaaan UMKM dan LKM perlu diperkuat dengan meningkatkan kapasitas serta menciptakan tunas-tunas baru wirausaha.

Sementara ini, jumlah wirausaha Indonesia belum signifikan dibanding rasio penduduk. Padahal sebagai syarat disebut negara maju, jumlah wirausaha harus mencapai 2% dari jumlah penduduk. Untuk mencapai itu, Indonesia harus menambah sekitar 4 juta wirausaha baru dimana saat ini tercatat hanya 570.339 orang atau 0,24% dari 237,64 juta penduduk.

Demikian ke semua itu, perlu dilengkapi dengan perlindungan sosial. Mengingat yang bekerja pada sektor UMKM umumnya merupakan pekerja informal yang belum mendapatkan jaminan perlindungan sosial. Padahal dari segi jumlah, penyerapan UMKM terhadap tenaga kerja sebesar 97,2% dari jumlah keseluruhan.

Karenanya kegiatan Bungkesmas Sharing and Learning Meeting akan mengangkat isu-isu tersebut dengan tema “Menjaga Ketahanan Ekonomi Nasional : Penguatan Entrepreneur Muda, KUMKM, Lembaga Keuangan Mikro dan asuransi Mikro” di Universitas Negeri Makassar, Senin 16 November 2015.

Turut hadir sebagai pembicara : Prof. Dr. H. Aris Munandar M.Pd (Rektor Universitas Negeri Makassar), Prof. Dr. Azyumardi Azra (Keynote Speech), Indra Cahya Uno (pengusaha muda) Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (Kementerian Koperasi dan UMKM), Agus Dermawan Wintarto Martowardojo (Bank Indonesia), dan Dr. Amelia Fauzia (Direktur STF UIN Jakarta).

Seminar ini dimasksudkan sebagai sarana untuk membahas dan memetakan masalah yang dihadapi UMKM dan LKM, termasuk bagaimana strategi pengembangan dan kesiapan UMKM dan LKM dalam menghadapi perekonomian global.

Contact Person

Dewi Maryam (08122 80 14174)

Media Social & Communication Social Trust Fund UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan