[ISIGOOD.COM] Semua kegiatan yang kita lakukan harus dilakukan dengan tenang. Belajar, kerja bahkan makan pun perlu dilakukan dengan tenang. Sebab jika tidak, lihat saja pasti semuanya bakal buyar. Bukan hanya buyar, hidup tanpa ketenangan maka bersiaplah kehidupanmu serba terburu-buru seolah dikejar setan.
Oya, tenang disini berbeda dengan lambat loh guys. Tenang artinya seseorang mampu melakukan suatu kegiatan dengan fokus, santai, tepat namun tetap pas pada waktunya. Mengapa dikatakan tepat? Sebab, beraktifitas dengan tenang memperkecil kemungkinan untuk melakukan kesalahan. Tugas dan pekerjaan yang dilakukan dengan pikiran tenang tentunya berbeda hasilnya jika dikerjakan dengan pikiran yang semrawut.
Mengapa? Sebab tingkat kesalahan yang diperbuat oleh seseorang tanpa sikap yang tenang biasanya akan lebih tinggi. Cepat dan tangkas sangat diperlukan dalam setiap pekerjaan yang kita lakukan. Namun, apa artinya ketangkasan dan kecepatan jika semua yang dikerjakan justru tidak tepat? Untuk tetap tangkas namun tepat memerlukan pikiran yang tenang.
Apalagi guys, sifat terburu-buru, tidak siap dan tidak tenang itu tak lain menunjukkan bahwa pikiran kita memang sedang tidak baik. Kemungkinan, kita sedang dilanda stres, frustasi dan tertekan. Nah untuk mengobatinya, kita harus mengatasi semuanya itu dengan rasa tenang. Trus apa aja sih guys yang bisa kita lakukan untuk menjaga pikiran agar tetap tenang? Simak!

Tarik nafas dalam-dalam dan percaya bahwa segalanya akan berjalan dengan baik

Tarik nafas dalam-dalam, percaya bahwa semua akan baik-baik saja! (myfacemylife.com)

Kamu pastinya pernah berpikiran negatif. Semua pikiran-pikiran tentang kegagalan muncul sebelum kita melakukan sesuatu. Seolah kita tidak percaya dengan kemampuan kita. Seluruh pikiran kita juga serasa semrawut dan tak keruan. Jika itu terjadi, kamu harus menarik nafas dalam-dalam. Setelah merasa cukup tenang, maka kamu harus percaya bahwa segalanya akan berjalan dengan baik.

Mendengarkan musik

Mendengarkan musik akan bikin mood kamu lebih baik dan tenang! (huffpost.com)

Dengarkan musik favoritmu. Musik merupakan suatu hal yang dapat membuat mood kamu berubah. Selain mood, musik juga akan menciptakan suasana pikiran yang lebih relax dan enjoy. Untuk itu, musik juga dapat membuat nyaman. Bahkan terbukti, mendengarkan melodi-melodi dapat mengurangi sebagian besar kecemasan dan tekanan darahmu.

Menyingkirkan barang yang tak terpakai

Tolong deh, bersihkan barang-barang yang tidak terpakai jika ingin pikiranmu tenang! (nyt.com)

Kamu harus tahu bahwa suasana ruangan sangat mempengaruhi pikiranmu. Jangan biarkan rumah atau kamarmu yang berantakan dan penuh dengan benda yang tidak berguna. Sebab, hal itu akan menambah kacaunya pikiranmu. Agar membuat pikiranmu lebih tenang dan bisa berpikir jernih, kamu harus menyisihkan sedikit waktu luangmu untuk memilah barang-barang yang tidak lagi dibutuhkan.

Ini berlaku bagi seluruh item kamu. Misalnya dompet, tas ataupun lemari yang penuh dengan kertas tak beraturan ataupun baju bekas. Sekarang saatnya, waktu luang di sela padatnya jadwalmu kamu khususkan untuk menciptakan pikiran yang tenang.

Me time harus kamu sediakan setiap harinya

Sediakan me time tiap hari. (zmescience.com)

Jika sudah sibuk dengan pekerjaan ataupun tugas kuliah, maka tak jarang kamu akan mengerjakannya hingga benar-benar tuntas. Hal itu tentunya menghabiskan banyak waktu. Namun, ada satu hal yang tidak boleh kamu lupakan untuk kamu kerjakan agar mendapatkan pikiran yang tenang. Hal itu adalah me time.

Kamu seharusnya benar-benar memanfaatkan waktumu sebaik mungkin. Meski dengan waktu yang sedikit, kamu harus meluangkan waktu untuk memanjakan diri sendiri. Waktu untuk diri sendiri contohnya bisa kamu buat sebelum tidur dengan membaca buku atau menulis diari.

Relaksasi, meditasi dan melakukan hal yang menyenangkan

tenangkan pikiranmu! (keypersonofinfluence.com)

Cara ini juga dapat mengembalikan pikiranmu yang semula butek menjadi lebih fresh dan segar. Kamu juga akan lebih tenang dalam berpikir. Caranya adalah dengan mengerjakan hal-hal yang menyenangkan. Bisa kamu melakukan hobi seperti menyanyi atau menari. Ingat, kamu harus mengerjakannya dengan sepenuh hati. Menyanyi dan menarilah dengan menyertakan hatimu.

Selain mengerjakan hobi yang menyenangkan, kamu juga bisa menciptakan suasana tenang di pikiranmu dengan sejenak meditasi. Ini bisa menjadi salah satu terapi yang efektif untuk mengatasi keruhnya pikiran kita.

Memasak atau melakukan eksplorasi

Kerjakan hobimu dan eksplorasi akan membuatmu lebih berpikir terbuka. (cdn.com)

Kamu bisa mencoba apapun yang ingin kamu lakukan. Misalnya memasak. Memasak memang selalu bisa menjadi terapi. Banyak orang yang tidak suka bekerja keras di dapur saat menyiapkan makanan. Tapi, buat yang hobi memasak tidak ada yang lebih baik dari berada di dapur dan memasak. Nah, buat yang suka memasak, maka cobalah resep-resep baru dan cicipi pengalaman kamu di dapur. Ini akan membuatmu rileks.

Pikiran yang tenang juga bisa kamu ciptakan dari kegiatan eksplorasi kesenian. Misalnya kamu mencoba salah satu kerajinan tangan baru atau menerapkan ide-ide kreatifmu dalam momen yang santai. Misalnya saat hari liburanmu.

Itu dia guys, 6 hal yang bisa bikin kamu tenang. Terapkan saja saat otak dan pikiranmu terasa kacau dan berat. Lalu, rasakan ketenangan itu kamu sendiri yang menciptakan. Selamat mencoba dan jadilah pribadi yang tenang ya guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan