[ISIGOOD.COM] Semua orang punya penyesalan tersendiri di dalam hidupnya. Entah itu penyesalan besar yang memberikan dampak berkepanjangan, ataupun penyesalan kecil. Cobalah tanyakan kepada orang-orang di sekitarmu, apakah mereka memiliki sesuatu yang dia sesali? Say pastikan, semua orang pasti akan menjawab: ya. Bahkan mungkin tidak sulit untuk menyebutkan hal-hal apa saja yang dia sesali. Karena kehidupa memang seperti itu, diisi dengan banyak penyesaan.

Mengapa orang bisa menyesal? Mungkin, itu terjadi karena kita hidup di ruang waktu dan mengarungi dimensi waktu yang berjalan maju. Sehingga apa yang sudah berlalu, tidak mungkin bisa diulang kembali. Menit ini di hari ini, tidak akan sama dengan menit ini di esok hari. Sehingga ada saat dimana kita menengok ke belakang dan merasa, ada banyak waktu yang kita buat sia-sia. Saat itulah penyesalan datang dan membuat kita berpikir, andai saja aku tidak melakukan itu, atau seharusnya aku begini sejak dulu.

 

Kamu akan menyesal jika tidak menikmati waktu untuk travelling

Kamu akan menyesal jika usia 20-anmu tidak kamu pakai untuk menjelajah tempat-tempat menyenangkan misalnya mendatangi wisata-wisata alam atau mengunjungi tempat yang belum kamu kunjungi sebelumnya. Usiamu saat ini adalah usia yang paling tepat untuk melakukannya. Kamu sudah mulai diberikan kebebasan untuk melakukan hal yang kita inginkan. Orang tua sudah mulai melonggarkan sederet aturan terhadapmu. Selain itu, setelah usia 20-anmu berakhir, kondisi juga mulai berubah. Kamu mungkin sudah punya tanggungjawab lain. Sebagai istri dan ibu misalnya. Kalau sudah begitu, kesempatanmu untuk bertravelling sudah sulit kamu dapatkan. Jadi jangan sia-siakan.

 

Petualangan di usia muda (meanwhileunme.net)

 

Penyesalan karena tidak berolahraga saat usia 20-an

Usia 20 tahunan adalah usia yang sangat produktif bagi manusia. Tapi di saat bersamaan, tubuh kita mulai mendapat berbagai ancaman karena gaya hidup yang terkadang tidak teratur. Kita mulai ingin merasakan apapun makanan yang ingin kita makan, tidak peduli apakah makanan itu sehat atau tidak untuk kesehatan. Maka dari itulah, olah raga jadi sangat penting. Tanpa olah raga yang cukup, kita akan merasakan dampaknya pada kesehatan. Kapan kita mulai merasakan dampak buruk tersebut? Yap, setelah usia 20an berakhir.

 

Untuk menambahkan stamina disamping membakar lemak, aktiviti seperti berjogging (azalizamis.com)

 

Menyesal karena tidak menabung

Usia 20an biasanya adalah usia yang penuh gejolak dan penuh hedonisme. Kalau kita termasuk orang hedon di usia ini, maka bersiaplah untuk menyesal. Kita akan menyesal karena tidak menjadi perencana finansial yang baik. Seharusnya kita menabung, menyisikan uang yang kita punya walaupun sedikit. Karena nanti, kumpulan uang kita yang sedikit itu akan menjadi banyak tanpa kita sadari. Nanti, semakin bertambahnya usia dan bertambahnya kebutuhan, kita akan memetik hasil dari uang yang kita tabung itu. Kita akan menyesal ketika tersadar bahwa kita tidak punya tabungan sama sekali sementara kebutuhan hidup semakin membesar.

 

sebenarnya ada beberapa tips jitu yang bisa kamu terapkan supaya tetap bisa menabung dengan pemasukan yang tergolong pas-pasan (rejeki-menabung.com)

 

Menyesal karena tidak merancang visi hidup yang jelas

Jangan sampai kamu menyesal karena usia 20an kamu hanya habis untuk senang-senang saja. Atau melakukan hal yang kurang bermanfaat.  Kamu harus sudah tahu, apa yang ingin kamu capai dalam hidup. Ingin menjadi seperti apa kamu sepuluh tahun yang akan datang. Maka sudah seharusnya kamu fokus dengan rencana hidup yang kamu rancang itu.

 

Kamu tidak akan berhasil dan berkembang kalau tidak menetapkan tujuan dengan jelas, yang biasa disebut dengan visi dan misi (my-smartlife.net)

 

Menyesal karena tidak punya keterampilan yang cukup

Kamu sedang berada di usia yang memiliki pergaulan luas. Maka manfaatkan pergaulanmu itu untuk melakukan hal-hal yang mengasah keterampilanmu. Belajarlah banyak hal. Misalnya belajar komputer, belajar musik, atau belajar apapun yang membuatmu jadi terampil. Kelak, setelah kamu meninggalkan usia 20an, kamu akan memetik hasil dari semua yang kamu ajari.

 

Manfaatkan pergaulanmu itu untuk melakukan hal-hal yang mengasah keterampilanmu (ktmasap.org)

 

Menyesal karena tidak menjalin hubungan baik dengan banyak teman

Kamu akan menyesal jika ternyata kamu sadar bahwa kamu tidak punya banyak teman. Kemana saja kamu selama ini? Maka mumpung masih belum terlambat, cobalah dapatkan teman sebanyak-banyaknya. Atau kalaupun tidak banyak, milikilah teman yang akrab dan sangat setia kepadamu. Sehingga hubungan pertemanan itu dapat berlangsung lama. Nanti, saat kamu sudah meninggalkan usia sekarang ini, kamu akan melihat bahwa semua teman-temanmu telah sibuk dengan urusannya sendiri. Namun, jika kamu punya teman setia, kamu tidak akan merasa sendiri. Kamu akan selalu merasa punya teman, seperti saat ini.

Saat kamu sudah meninggalkan usia sekarang ini, kamu akan melihat bahwa semua teman-temanmu telah sibuk dengan urusannya sendiri (eldigitalstudio.net)

Jadi kesimpulannya, kita tidak akan menyesal jika di usia kita yang 20an ini, kita isi dengan melakukan pengalaman-pengalaman baru, menjaga kesehatan, aktif menabung dan merencanakan finansial, punya visi hidup, mengasah keterampilan dan menjalin pertemanan. Setuju ya? 🙂

 

Diolah dari artikel ini

Wanita yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi seorang wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *