[ISIGOOD.COM] Banyak orang yang mengira bahwa Introvert dan pemalu adalah hal yang sama. Saya pun berpikiran seperti itu. Tapi Sebenarnya tidak demikian. Jika selama ini kamu merasa kamu adalah tipikal pemalu, tunggu dulu, jangan seyakin itu.

Ada 14 ciri yang harus kamu pahami terlebih dulu. Jika ternyata kamu memiliki 14 ciri ini, artinya kamu bukan seorang pemalu. Tapi seorang Introvert.

Introvert sangat menikmati me time

Memikirkan sesuatu dengan serius dan sangat menikmati kesendirian (stadium-arcadium.com)

Seringkali Introvert merasa ingin sendiri dan menikmati kesenderian. Saat seperti ini, Introvert biasanya menggunakan waktu untuk merenung dan memikirkan sesuatu secara dalam.

Introvert tidak menyukai pembicaraan yang ringan

Seorang Introvert adalah tipe pemikir. Dia lebih memilih membicarakan hal-hal substantif ketimbang obrolan ringan. Lebih suka membahas sesuatu yang berat seperti kehidupan, ide, teori atau tujuan hidup. Tapi dia bisa menjadi pendengar yang baik. Artinya, jika seseorang membicarakan hal ringan, dia mungkin tidak bisa terlibat dalam pembahasan itu. Tapi membuat orang nyaman dengan menjadi pendengar saja.

Introvert tidak menyukai dering Handphone

Introvert bukan seseorang yang nyaman untuk ngobrol lewat telfon. Dia bahkan tidak dengan mudah menerima telfon dari sahabat atau bahkan keluarganya. Dia sering merasa bahwa dering telfon begitu mengganggu konsentrasinya yang sedang fokus terhadap sesuatu. Hanya kepada orang-orang tertentu dia bisa ngibrol enak lewat telfon. Dengan orang itulah dia biasa menghabiskan waktu lama untuk berbicara.

Introvert tidak langsung membalas pesan dari seseorang

Ketika kamu tahu bahwa ada seseorang yang mengirimimu pesan, kamu tidak langsung membalasnya. Meskipun mungkin itu adalah pesan dari keluarga. Kamu memilih untuk membalas pesan itu dalam konsentrasi penuh dan tidak sedang membagi waktu dengan aktivitas lain. Sehingga kamu akan membalas pesan dengan bahasa dan substansi yang baik.

Introvert merasa keramaian membuatnya gila

Tempat ramai membuat konsentrasinya terganggu (day2daypsychology.files.wordpress.com)

Kamu lebih suka berkomunikasi secara personal. Bukan karena kamu takut dengan kerumunan orang. Kamu hanya merasa komunikasi personal akan bisa membicarakan sesuatu dengan lebih dalam. Kamu merasa tidak sabar untuk pulang saja jika terjebak dalam kumpulan orang yang membicarakan hal tidak penting.

Introvert bukan orang yang anti-sosial, tapi  seorang yang selektif

Introvert bukan orang yang anti untuk bersosial dengan orang lain. Dia hanya cenderung lebih berhati-hati. Menjalani pertemanan dengan ritme yang pelan, karena kamu ingin tahu betul karakter dari seorang teman sebelum kamu berhubungan terlalu akrab dengannya. Kamu membuka diri hanya untuk orang-orang tertentu saja.

Introvert lebih nyaman untuk hang  out  dengan sedikit orang

Kamu jarang sekali datang ke acara yang menghadirkan banyak orang dan keramaian. Mungkin sesekali kamu akan datang ke acara seperti itu, tapi itu sangat jarang. Kamu lebih suka untuk pergi dengan sedikit orang saja, karena dengan begitu kamu akan mendapatkan intimasi.

Introvert suka mengamati keadaan sekitar dengan sangat cermat

(thewordchef.com)

Kamu suka sekali mengamati lingkugan sekitar dengan detail. Kamu mencoba menyelami dan mencari tahu tentang apapun yang terjadi dengan hal-hal di sekitarmu. Kamu suka mengamati orang yang lalu lalang sambil memikirkan apa kira-kira yang dipikirkan orang tersebut. Kamu sering mencoba mencari jawaban tentang apapun di sekitarmu. Orang yang bukan Introvert biasanya tidak memikirkan hal tersebut.

Introvert adalah pendengar yang sangat baik dan sangat serius ketika mendengarkan

Introvert adalah pendengar yang sangat hebat. Dia mendengarkan, mengamat dan memahami. Tapi dia tidak dengan mudah memberikan jawaban atau respon. Dia hanya akan memberikan respon jika seseorang meminta responnya.

Introvert akan banyak berpikir sebelum berbicara

Introvert adalah orang yang berhati-hati dalam berbicara. Dia akan berpikir dan menghindari menyampaikan sesuatu yang sia-sia. Setiap membuat argumen, dia akan berusaha untuk membuat argumen yang sangat berbobot dan bermutu.

Introvert cenderung suka menulis

Introvert sangat menyukai aktivitas membaca dan menulis (cdn-media-1.lifehack.org)

Introvert cenderung lebih suka untuk berkomunikasi lewat tulisan daripada lisan. Misalnya untuk mengklarifikasi atau menjelaskan sesuatu melalui tulisan.

 

Introvert adalah perencana yang sangat baik

Introvert biasanya cermat dalam merancang sebuah rencana kemudian menjalani kehidupan secara teratur seperti yang sudah direncanakan.

 

Jago nebak karakter orang

Intorver adalah orang yang sangat jeli dalam menebak karakter seseorang. Dari penampilan atau sikap orang, dia sudah bisa menebak sifat dari orang tersebut. Ini terjadi karena dia sering sekali memperhatikan seseorang.

Sahabat yang sangat loyal

Introvert sangat tulus kepada sahabat

Ya, yang jelas, Introvert adalah sahabat setia. Karena dia memang sejak awal selektif dalam mencai sahabat dan tidak bergaul dengan terlalu banyak orang. Sehinga dia akan sangat setia ketika merasa menemukan seseorang yang sangat  tepat untuk dijadikan sahabat.

Disarikan dari www.lifehack.org

Wanita yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi seorang wanita

One Comment

    1. Redaksi

      Menurut penulis, semua orang adalah pribadi yang unik. Yang perlu dilakukan adalah mengenali karakter diri dan menggalinya sebagai sumber kekuatan. Seperti seorang pemalu dan introvert. Tidak masalah dengan karakter itu, jadi akui saja jika kita termasuk di dalamnya. Karena itu sama dengan kita mengakui titik lemah kita, sekaligus tau kekuatan kita. Semoga bermanfaat 🙂

  1. ari

    La trus cowok introvet mau deketin cewek gimana ni? bawaanya serius mana ada cewek suka yang serius dan obrolan berat? gmn menurut penulis yang keren ini?

    1. Zerro

      @ari bicara kepribadian itu luas mas, utk hal ini yg dibahas cuma introvert(yang suka merenung) lawannya ektrovert(yang bebas berekspresi).
      saya coba jawab saja dg konteks introvertnya aja, IMO, yaaa cowo introvert cenderung pendiem n secara harafiah akan terlihat “cool” dimata cewe (ada banyak cewe suka yang beginian). seperti yg dibahas diatas, kemungkinan yang dijadiin metode yaa cuma “stay by her side” atau terus ada dideket cewe yg dia suka (pas seneng ada, pas sedih ada). terus, kyk yg dijelasin penulis, cowok introvert akan jadi pendengar yg baik ketika si cewe yg dia taksir mau curhat sm dia, n klu tuh cewe minta pendapat yaa disini pembahasan akan lebih dalam (introvert jagonya klu beginian) dan secara harafiah akan terkesan si cowo nyimak n ngehargain perasaan si cewek waktu dia curhat. pada akhirnya, si cewe bakal suka juga seiring berjalannya waktu (kadang2 introvert need more time buat bikin orang yg ditaksir balik sayang sama dia dibanding orang2 ekstrovert)
      semoga bisa membantu
      God bless ^^d

  2. riizhu

    Hmm, sepertinya saya introvert, dan bukan pendiam, saya berdiam tapi dalam hati/pikiran selalu memikirkan sesuatu dan hal sekitar, dan kalau di sosmed maka sifat pendiam saya takkan kelihatan

  3. PakolHat

    Pengetahuan bertambah. ‘Vielen dank’ untuk penulis.
    Akhirnya saya tau apa karakter saya. 1 masalah yang ada juga pada diri saya; saya memang suka membuat rencana, juga lebih suka menulis, tapi kekurangan saya adalah tidak bisa fokus pada rencana saya. Karna terlalu sering mengamati berbagai permasalahan, saya selalu memiliki semangat yang sifatnya temporer. Ketika mendapat suatu permasalahan dengan semangat saya berusaha menyelesaikannya. Belum pula selesai masalah tersebut, semangat saya berpindah untuk menyelesaikan masalah lain, dan seterusnya. Akhirnya banyak masalah yang tidak terselesaikan dan ditinggal ditengah jalan. Bahkan tak jarang saya lupa dengan rencana utama saya.

    1. Kis

      Permasalahan yang sama, aku slalu berubah rencana saat di tengah jalan,
      Apa gara2 efek kebanyakan mikir???

  4. Munawwarah

    Wah… ternyata selama ini muna bukan pemalu,ya?…. semua ciri-cirinya sama kaya muna….

    1. Xiao Mei

      introvert pandangan baik. sdangkan muna itu anggapan buruk yg dilakukan oleh org yg buruk jg.
      penjahat akan beranggapan bahwa semua org jg jahat seperti dirinya.
      begitu jg dgn muna.
      org yg muna psti beranggapan bhwa org lain jg sma munanya sprti dirinya. saat si muna plang malam hari hbis diskotik dan melihat gadis lain jg plang mlam. psti si muna berpikiran bhwa smua wanita yg plg mlam adlah dri diskotik.

  5. Zack

    buat tambahan : introvert itu walaupun sering terlihat penyendiri ada kalanya punya banyak teman dan suka bergaul. tapi sikap selektifnya itu kadang bikin dia hampir ga punya teman dekat.

  6. Vanny

    Oke itu semua cocok bgt sma aku.. Tapiii aku merasa aku bukan org yg introvert.. Temen2 jga blg aku org yg rame..

  7. vivin

    Comment:
    bener banget zack.
    btw kadang sy juga dicap aneh karena
    begitu selektif dalam memilih teman.
    kira2 gimana cara ngadepinnya
    jika seandainya mrk mencap kt demikian?

  8. luky

    Seperti lagi membaca diri sendiri rasanya setelah baca artikel ini….!! :v
    Baru tau ternyata aku ini tipe introvert

  9. Chintya

    Numpang post yaa..

    Saya juga orang introvert , tapi mau gimana lagi sudah tau kenyataannya begitu. Eitss.. tapi jangan bersedih hati gitu dulu.. walaupun introvert kita harus bangga juga ama diri kita yang hebat ini. Kita diciptakan Tuhan dengan sifat yang unik ini lho , sedikit yang ada sama kayak kita. Berarti kita langka dong hihi hebat dong kita. Sebagai orang yang langka yang hebat kita harus bangga lho.

    Oleh karena itu , saya membuat sebuah komunitas “Bangga Menjadi Introvert” . Tujuan komunitas ini adalah tempat kalian untuk berbagi perasaan , curhatan kalian sebagai orang introvert. Jadi kita bisa saling berkomunikasi lewat media sosial ini.

    Saya tahu kok kebanyakan (rata-rata) orang introvert lebih mengekspresikan kesenangannya dengan media sosial dan mereka bisa lebih aktif apalagi zaman sekarang sudah banyak media sosial bertebaran dimana-mana. Oleh karena itu bisa lebih baik bagi orang introvert mengekspresikan kesenangannya lewat media sosial ini.

    Silahkan di like halaman facebook kita di https://www.facebook.com/banggamenjadiintrovert.15

    thanks ya.

  10. Chintya

    Numpang post yaa..

    Saya juga orang introvert , tapi mau gimana lagi sudah tau kenyataannya begitu. Eitss.. tapi jangan bersedih hati gitu dulu.. walaupun introvert kita harus bangga juga ama diri kita yang hebat ini. Kita diciptakan Tuhan dengan sifat yang unik ini lho , sedikit yang ada sama kayak kita. Berarti kita langka dong hihi hebat dong kita. Sebagai orang yang langka yang hebat kita harus bangga lho.

    Oleh karena itu , saya membuat sebuah komunitas “Bangga Menjadi Introvert” . Tujuan komunitas ini adalah tempat kalian untuk berbagi perasaan , curhatan kalian sebagai orang introvert. Jadi kita bisa saling berkomunikasi lewat media sosial ini.

    Saya tahu kok kebanyakan (rata-rata) orang introvert lebih mengekspresikan kesenangannya dengan media sosial dan mereka bisa lebih aktif apalagi zaman sekarang sudah banyak media sosial bertebaran dimana-mana. Oleh karena itu bisa lebih baik bagi orang introvert mengekspresikan kesenangannya lewat media sosial ini.

    Silahkan di like halaman facebook kita di https://www.facebook.com/banggamenjadiintrovert.15
    thanks ya.

    1. Dyah L Fardisa

      Selamat mengembangkan komunitasnya ya. Semoga jadi wadah kawan-kawan introvert untuk mengembangkan diri dan sharing satu sama lain.

  11. Azis

    Aku suka Blog ini, penuh pengetahuan. Dan kata-katanya juga gak panjang lebar, to the point banget pada penjelasnya. Dan yang pasti ini type ku banget, makasih. 😀

  12. aully

    Mau nambahin lgi…Introvert itu slain pendengar yg baik juga penyimpan rahasia teraman,jdi jgn heran byk lawan jenis yg mau curhat ke introvert.

    Dia akan tertawa dgn candaan sahabatnya skedar menghargai leluconnya atau karena sdh merasa nyaman brsamanya.

    Slain selektif ,introvert jga gk prcaya dgn yg namanya kesan pertama, ya jdi dia cuek” aj awalnya sama org & gk sok akrab ,itu yg mbuat introvert terkesan tdk menyenangkan, so “diam diam menghanyutkan” ,itulah kata org yg sdh mengenal baik kpd iintrovert.

  13. Arie Permana

    wahh, ternyata selama ini saya Introvert, cirinya hampir ada semua 🙂
    makasih ya infonya…. sangat membantu 🙂

  14. DianKediri

    ini saya banget , tapi saya sangat tidak menyukai menulis , kadang sih suka nulis2 gitu (kayak tergantung mood) , apakah itu jg termasuk introvert??

  15. Deps kurn

    Baru tahu kalau ane masuk ke introvert dan nama dr karakter ane yg kadang dipandang aneh adalah introvert. Diem, suka nulis, selektif, loyal sama sahabat, jago nebak karakter, tidak langsung membalas pesan, berpikir sblm bicara dll.. but always force my self being ekstrovert.. Mungkin krn tuntutan keadaan krn entah knp dr kelas 6 sd, smp, sma, di kampung,tempet kerja sering dijadikan ketua macem macem, tapi sempet intovert banget pas kuliah. Saya cenderung diem di tempet asing tp fasih jika disuruh bicara (presentasi) dan cenderung banyak bicara di komunitas yg ane rasa cocok, sisi introvert yg suka sendiri n sering kikuk di orang banyak msh ada sampe sekarang. Sebenere dr smp n sma ane cenderung menonjol di ilmu sosial tp krn ga suka terlalu banyak sosialisasi ane maksain masuk IPA dan memilih jurusan teknik di gadjah mada dulu, nyaris habis tp akhirnya bisa n enjoy bermain dg logika. Cuman berat banget masa transisinya, kerjaannya diem di perpus n maskam. Tp apapun itu sebenere kalo kt punya kemauan kuat pasti bisa mengatasi masalah kita, terkait karakter.

  16. Ratna Lan

    um apa ada yah penyebab sifat ini ? … aku sih sering coba ngilangin sifat ini tapi tetep aja pas keluar sama temen (banyak orang) tetep gag bisa bicara (lol) … pas nonton konser pa ke bioskop rasanya agag aneh kalo bareng orang … bahkan bisa pusing kalo lama2 ditempat rame … mungkin dah akut kalee

  17. no name

    Tipe saya banget ini
    Kalo kumpul2 teman cuma bisa jadi pendengar and can’t say anything ..

    Yang mau curhat2an bisa add 584E22B8 🙂

  18. Kamto

    Baik introvert ataupun pemalu, dalam kehidupan kadang kala ada orang2 yang lebih suka membicarakan apa yang tidak bisa kita lakukan.Terkadang hal ini membuat kita jadi down, minder, dan berpikir kita tak bisa tumbuh selayaknya manusia.Bagaimana pendapat penulis tentang ini?terima kasih.

  19. Ry

    Thx buat infonya, tadinya saya jg mempertanyakan sikap sy yg ada dalam pion2 diatas, org2 di sekitar saya jg merasa sy aneh krna sy paling suka menyendiri.. Krna meskipun jika sy terdampar di pulau tak berpenghuni itu bukan mslh yg serius buat sy.. Sy tdk suka keramaian, jika bicara sy lbh to the poin krn tdk suka berbasa basi dan kelihatan seperti anti sosial pdhl tidak, sy juga bisa dengan mudah membaca dan mengenali apa yg di pikirkan dan bagaimana karakter dari lawan bicara saya.. Dan mgkn krna itu sy tdk mudah berteman dan percaya dgn org lain.. tapi dari semuanya itu saya adalah org yg setia dalam hubungan apapun

  20. japle

    gua banget…
    ini sifat apa adanya, bukan dibuat buat, kalo yg dibuat buat pasti keliatan banget bohongnya…
    thanks, nice info

    1. anis

      1 hal yg hrus dketahui, yg baca tulisan ini psti introvert smw
      Soal.a cma seorang introvert yg rasa ingin tau ny tinggi beda dgn ekstrovert yg gk pnya wktu bwt baca” hal sprti ini
      Krna sibuk dgn teman” ny, sibuk brsosialisasi di dunia nyata
      kadang q brfikir ingin sekali sprti mreka:) tpi sbrpa keras usaha pun gkn bsa merubah sifat lahiriah
      Cma bsa nerima n brharap org ngrti aja, krna sbnr.a seorang introvert itu adlh org yg paling bsa mnghrgai n mngrti org lain 🙂
      Bkn org aneh, jutek, sok, belagu sprti yg bnyk org ekstrovert blg 🙂
      Yuk qt sma” rubah sdkit demi sdkit sikap ini,, klo bsa bwt komunitas cma sbagai pmbelajaran aja krna biar bgmanapun sosialisasi dgn lingkungan itu pnting
      Inbox fb q ya skedar sharing aja lupsyou@yahoo.co.id thnx

  21. Erikaa

    Kenapa Orang Introvet Cenderung sedikit Agak aneh, Soalnya saya juga punya temen dia itu Emang lebih banyak mikir masalah Masa depan,Aturan hidup atau apalah,kadang dia juga suka jadi pendengar yang baik tapi terkadang dia juga Suka Ngajak kita mikir pake logika tapi terkadang tingkahnya malah suka aneh, Itu kenapa ya? apa Kebanyakan Mikir? 😀

  22. Rain

    Buat mimin ini sifat sya bnget, semua ciri2 diatas sifat saya banget tapi apa bisa sifat inteovert dan esktrovet bisa d gabung mnjdi 1, krna 2 sifat diatas mmiliki kelebihan dan kekurangannya masing2?
    Thnks

  23. Adrian

    Tepat sekali, aku cowo introvert. Tapi aku bangga sekali karena aku sangat mengenali potensi diriku dan aku kembangkan itu. Tapi terkadang kesepian ini yang membuat aku kesal. Ingin bermain dengan teman-teman, tapi pas bersama teman-teman aku ingin cepat pulang dan ingin sendiri. Gimana ya mengatasi hal itu? Ingin sekali keluar dari zona sperti itu.

  24. Ranny Ang

    Aku sebenernya cerewet tapi cuma sama org yg bener bener deket aja. Kalo gak sama org yg deket bakal jadi super pendiem. Kaya orang judes katanya, soalnya kalo ngomong suka to the point. Ditambah kalo lagi ada orang pada ngobrol tapi sambil ketawa sama teriak teriak itu jadinya stress banget. Aku bahkan suka marahin temen yg emg pribadinya, sifatnya kaya orang heboh gitu. Kalo ngomong suka gak biasa aja. Bahkan bapak atau ibuku sama adekku sendiri kalo ngomong keras keras suka kena semprot. Bahkan nih kalo ada org mainin bolpen diketuk ketuk dimeja, sama ada orang yg kakinya goyang goyang gak bisa diem itu rasanya sebel banget. Rasanya pengen marah terus. Makanya kalo ada waktu luang, waktu libur aku lebih suka diem dirumah sambil nonton tv atau sekedar main hp. Pokoknya setiap ada waktu sendiri itu rasanya nyaman bangett. Aku pikir aku aneh ya, orang kok sama keramaian sensi banget, ternyata banyak juga yg sama kaya gini.
    Cuma mau cerita aja, terimakasih infonya buat penulis. 🙏

  25. Xiao Mei

    introvert pandangan baik. sdangkan muna itu anggapan buruk yg dilakukan oleh org yg buruk jg.
    penjahat akan beranggapan bahwa semua org jg jahat seperti dirinya.
    begitu jg dgn muna.
    org yg muna psti beranggapan bhwa org lain jg sma munanya sprti dirinya. saat si muna plang malam hari hbis diskotik dan melihat gadis lain jg plang mlam. psti si muna berpikiran bhwa smua wanita yg plg mlam adlah dri diskotik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan