[ISIGOOD.COM] Wah, sekarang lagi musimnya traveling, jalan-jalan atau pergi ke suatu tempat wisata nih. Pastinya asyik banget bisa jalan-jalan sama sahabat, pasangan ataupun keluarga. Memang, kegiatan serupa refresing memang selalu kita perlukan. Secara berkala, setiap weekend ataupun saat liburan maka traveling, tamasya alias jalan-jalan sudah menjadi budaya bagi kita.

Kamupun pastinya juga sangat senang menghabiskan waktu dengan santai bersama orang-orang yang kamu sayangin kan? Setelah kelar liburan, harapannya pasti kamu bakalan fresh kembali memulai aktivitasmu.

Oya buat kamu sekalian penyuka traveling, ada beberapa hal yang perlu banget kamu catat saat kamu traveling. Ada 5 hal pokok yang pantang dan jangan pernah kamu lakukan saat kamu travelling. Sebab, setelah kamu melakukannya kamu akan merugikan banyak orang. Bahkan, kamu juga akan mendapatkan kesusahan sendiri.

Apa saja yaa kira-kira yang penting banget dan jangan sampai kamu lakukan? Simak ini Gooders!

Merusak dan tidak memelihara kelestarian lingkungan

Bagaimanapun, jangan sampai merusak ya! (stuff.co.nz)

Ini namanya fenomena selfie. Ya! Memang, kegiatan satu ini adalah salah satu yang paling didoyani anak muda jaman sekarang. Bukti untuk eksis, mereka selalu mendokumentasikan foto terbaik mereka bahwa telah berkunjung ke suatu tempat. Tidak habis disana, foto-foto dengan gaya yang kebanyakan narsis itu digunakan juga untuk eksis di media sosial.

Foto-foto dan mengabadikan momen tidak salah sih guys. Hal yang salah adalah ketika kamu merusak kelestarian lingkungan dan alam. Misalnya, kamu selfie tanpa memperhatikan apakah kamu menginjak tanamannya ataupun tindakan lain yang merusak. Seperti contoh buruk kelakuan anak-anak muda beberapa waktu lalu yang selfie dengan merusak. Sudah menjadi kewajiban kamu untuk ikut serta memelihara kelestarian lingkungan.

Kalau tidak peduli dan masa bodoh dengan hal ini gimana? Ya kamu akan mendapatkan berbagai macam kerugian. Pertama, pastinya kamu akan merugikan orang lain. Jika rusak, maka pengunjung setelahmu tidak bisa ikut menikmati tempat wisata itu lagi. Kedua, tentunya kamu akan kena bully dimanapun kamu berada karena tindakan tidak terpujimu itu.

Buang sampah dan meninggalkan sampah sembarangan

Duh, jangan sampai begini saat traveling! (thenorthernecho.co.uk)

Kamu suka melakukan kemping di suatu tempat? Misalnya untuk menikmati tenggelam atau terbitnya matahari, kamu pun mendirikan tenda secara bersama di pantai. Bisa juga kamu menikmati suasana puncak karena hobimu naik gunung.

Nah, hal yang dilarang adalah jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan. Selain tidak membuang sampah sembarangan, jangan sampai kamu meninggalkan sampah. Yakin, bahwa itu bisa merugikan dirimu maupun orang lain.

Tidak tahu sopan santun dan tata krama dengan penduduk sekitar

Ingat, dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung! (vietnamnet.vn)

Tempat wisata biasanya akan selalu berhubungan dengan penduduk ataupun pemukiman sekitar. Baik saat berada di lokasi traveling/wisata itu ataupun saat menuju lokasi. Nah, sudah seharusnya kamu memiliki sopan santun dan tata krama yang baik. Sesuaikan sikap dan tindakanmu dengan tata krama serta unggah ungguhmu dengan penduduk sekitar lokasi wisata itu. Kalau ada apa-apa terjadi, kamu tidak mau kan dikucilkan atau bahkan tidak diterima disana?

Melakukan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan

Ya, jangan sampai melakukan hal yang tidak boleh kamu lakukan. (netdna-cdn.com)

Dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung. Peribahasa ini juga harus kamu perhatikan saat kamu traveling ke luar daerah, luar kota atau bahkan ke luar negeri. Ada banyak hal yang perlu kamu perhatikan saat kamu traveling. Norma, perilaku dan adat istiadat juga harus kamu perhatikan. Jangan sampai melakukan tindakan bodoh dengan melakukan hal yang tidak boleh dilakukan. Misalnya dalam adat ketimuran, kita dilarang melakukan perbuatan yang tidak senonoh di hadapan umum. Apalagi yang melanggar unsur syara’.

Melanggar aturan tertentu saat melakukan suatu hal

Ikuti aturan mainnya. (deviantart.net)

Selain hanya jalan-jalan saja, kamu biasanya juga akan menyambangi beberapa wahana ataupun permainan yang ada di suatu tempat wisata. Ada yang biasa saja hingga yang paling menantang. Jika kamu mau tetap sehat dan selamat, kamu harus memperhatikan dan melaksanakan semua aturan main.

Apalagi untuk permainan yang cukup membahayakan. Aturannya misalnya jika kamu traveling ke pantai, kamu harus tahu batas pantai untuk berenang. Hal lain misalnya memasang semua alat-alat safety yang telah disiapkan. Jangan dilanggar jika kamu tidak mau celaka atau bahkan rugi nantinya.

Tuh dia Gooders, 5 larangan yang sama sekali tidak boleh kamu lakukan saat kamu traveling. Ingat, bahwa ini semua demi kebaikanmu dan juga kebaikan semua orang.

Baca juga : Inilah Etika dan Aturan yang Perlu Kamu Pahami Saat Datang ke Pameran Seni

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *