[ISIGOOD.COM] Mahasiswa adalah istilah untuk orang yang belajar di perguruan tinggi. Masa-masa ini penuh tantangan. Penuh gejolak. Penuh ambisi. Ada air mata. Ada hati yang berbunga.

Tentunya di manapun tidak ada yang namanya ideal. Meskipun begitu, nggak ada salahnya, kan, berusaha untuk menjadi seideal mungkin?

Nah, berikut ini beberapa tips menjadi mahasiswa ideal.

Ikuti

ws_Follow_the_arrow_1280x800 (1)

Maksudnya ikuti dan turuti saja nasihat dosen, orangtua, dan tentunya ayat-ayat dari kitab suci. Nggak ada salahnya kok, kita menjadi penurut. Bukan semata mengejar nilai, bro. Namun ini juga masalah etika. Jadilah pengikut kebenaran. Jadilah penurut dalam hal kebaikan.

Damai

Inner-Peace

(linked2leadership.com)

Berdamailah dengan dirimu. Ini adalah kata kunci sebelum kita berupaya menciptakan suasana lingkungan yang damai. Maksudnya gimana, sih? Sederhana saja, kok. Maksud berdamailah dengan dirimu itu tidak lain adalah mampu mengendalikan hawa nafsu. Inilah musuh terbesar manusia, yaitu dirinya sendiri.

Elegan

(centrostuditaliani.org)

Elegan di sini bermakna amat luas. Serasi di dalam berpakaian. Anggun di dalam berperilaku. Luwes serta supel di dalam pergaulan. Elok budi pekertinya. Fleksibel di dalam membuat keputusan. Intinya adalah kita harus tahu tata krama dan adat budaya, agar kita disenangi oleh siapapun dan dimanapun.

Antusias

Antusias ini seperti bibit penyakit. Ia mudah sekali menular. Namun sayangnya, mudah pula menghilang. Hidup yang dipenuhi antusiasme ibarat samudera yang bergelombang. Tanpa antusiasme, maka hidup ini akan sunyi. Ibarat bumi tanpa mentari. Hanya pemuda yang antusiaslah yang dapat mengubah peradaban di muka bumi ini menjadi lebih baik.

Lembut

Lembut di dalam bertutur kata merupakan senjata utama di dalam berdiplomasi. Tidak hanya itu. Belaian yang paling mesra adalah belaian dengan kata-kata. Ada lagi yang lebih unik. Hati yang lembut dan penuh Cintakasih dapat menciptakan keajaiban. Kelembutan memang amat diperlukan untuk menghadapi berjuta problematika kehidupan. Bagaimanapun juga, kelembutan dapat menaklukkan kebengisan.

Menjadi mahasiswa ideal tidak mustahil, asalkan kita memang berkomitmen dan berkemauan keras untuk mencapainya. Hal ini adalah sebuah keniscayaan. Seperti halnya ungkapan: dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Mari kita berlomba-lomba menjadi mahasiswa ideal. Ideal di mata Allah. Ideal di mata manusia.

Oleh: Dr. Dito Anurogo

Baca juga : Saat Kamu Terasa Letih Belajar, Lakukan 5 Hal Ini!

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *