[ISIGOOD.COM] Kehidupan kampus dan dunia mahasiswa memang menjadi salah satu fase yang khas. Mulai dari puluhan mata kuliah yang siap dipelajari, seabrek kegiatan, jiwa muda yang menggebu-gebu serta beragam aktivitas lepas yang menantang. Dunia mahasiswa dengan atmosfer akademik, buku, persahabatan dan tantangan.

Tapi, setiap jalan tentunya ada tantangan, resiko dan masalah masing-masing. Begitu pula persoalan yang harus dihadapi seorang mahasiswa. Sebagai seorang mahasiswa, tentunya kamu pernah mengalami dan menghadapi beragam persoalan. Disaat itu terjadi, tentunya kamu juga mulai untuk menyelesaikannya.

Nah, lalu apa saja sih sebenarnya permasalahan yang sering banget terjadi pada seorang mahasiswa. Dibawah ini akan kita simak bersama apa saja sih masalah yang sering banget dihadapi oleh seorang mahasiswa. Simak ya guys!

Masalah nilai dan akademik

Tugas kuliah sudah seharusnya membuatmu terbiasa dengan dunia mahasiwa. Tetap tenang yaa. (globeslcc.com)

Nilai akademik adalah satu masalah yang paling sering dihadapi mahasiswa. Bagaimana lagi, karena memang jalan yang dipilih merupakan bidang akademik. Buat mahasiswa, tentunya tak lagi asing kan dengan seabrek tugas kuliah yang numpuk. Belum lagi menjelang ujian tengah semester atau ujian akhir semester (UAS). Beeeh, nilai yang tidak memuaskan tentunya bikin kamu cukup stres dengan masalah ini. Nah, paling berat lagi kalau kamu harus mengulang mata kuliah tersebut.

Jika kamu mengalaminya, maka yang harus kamu lakukan adalah meluangkan waktumu untuk lebih giat belajar. Settinglah suasana dan hari-harimu agar lebih akademis. Kamu harus belajar, khususnya buat mata kuliah yang kamu rasa lemah untuk mengerjakannya. Satu lagi, biar lebih menyenangkan maka buatlah suasana belajar yang menyenangkan. Misalnya, belajar secara berkelompok agar bisa langsung bertanya pada temanmu yang lebih paham materi tersebut. Belajarlah di tempat yang menyenangkan sambil bersantai.

Dosen

Kenali dan bersikaplah sesuai dengan baik. (wisegeek.com)

Pastinya kamu menjumpai berbagai jenis dan karakter dosen di bangku kuliah. Mulai dari yang baik banget dan murah nilai, dosen yang ngajarnya enak banget, yang galak dan judes bahkan sampai yang killer banget. Menghadapi hal ini, kamu tentunya tahu harus mengetahui bagaimana kamu bersikap. Sebab, jika tidak kamu bisa saja menghadapi masalah yang justru berpengaruh dengan nilai akademismu.

Uang dan bokek

Duh, jangan bongkar celenganmu… (studenttimes.org)

Siapa sih mahasiswa yang nggak pernah ngalamin masalah ini? Sebagai seseorang yang masih minta uang saku bulanan pada orang tua pasti pernah mengalami masalah ini. Tak jarang jika awal bulan bisa makan yang cukup mahal dengan menu makanan favorit kita. Tapi jika akhir bulan, menu makan bisa beralih menjadi seminggu menjadi mi instan. Hehehehe ya kan?

Sudah seharusnya sebagai seorang mahasiswa pintar-pintar berhemat dan memanage keuangan. Jangan sampai akhir bulan kamu kantongmu sekarat. Caranya, dengan mengatur semua pengeluaran dari uang bayar kos, uang makan, transportasi, fotokopi dan tugas hingga jajan. Ingat, rem keinginan dan gelap mata kamu di awal bulan! Jika perlu, kamu harus mencatat semua pemasukan dan pengeluaran kamu di buku khusus.

Masalah dengan teman

Konflik itu biasa, seharusnya kita harus dewasa dan lebih bijak. (slidesharecdn.com)

Hubungan pertemanan di kampus memang tidak selalu berjalan mulus. Ada kalanya hal kecil sekalipun bisa membuat masalah muncul dalam sebuah persahabatan. Kita akan memiliki sahabat jika dia selalu ada untuk kita saat sedih maupun senang. Saling mendukung dan menyemangati.

Pertemanan yang baik juga bukan karena materi atau ingin saling memanfaatkan. Namun, pertemanan yang baik ada saat kita saling memahami perbedaan dan rasa ingin saling menuju perbaikan bersama-sama. Jangan sampai konflik dengan teman membuat kamu salah mengambil jalan sebagai mahasiswa. Sebagai mahasiswa kamu juga harus belajar semakin dewasa untuk saling mengerti dan menghargai pendapat serta pemikiran orang lain.

Persoalan pacar atau relationship

Hmmm, wajar-wajar saja di usiamu kamu memiliki tambatan hati dan ketertarikan dengan lawan jenis. Namun ingat, jangan sampai hal itu membuat masa depanmu terputus. Pasangan yang baik justru akan mendukung masa depan bersama yang lebih baik. Secara bersama-sama melakukan langkah-langkah nyata untuk merajut masa depan bersama. Bukan justru merusak atau menyurutkan masa depanmu.

Nah, jika cintamu kandas di tengah jalan maka janganlah putus asa. Jangan sampai putus dengan pacar membuat nilai kuliah dan akademiknya terganggu. Wajar sih jika kamu sebentar-sebentar galau. Tapi, itu ada batasnya. Sebab, ingat apapun yang terjadi hidupmu harus terus berjalan.

Heheheh, itu dia 5 masalah yang sering banget dihadapi mahasiswa. Dilain itu tentunya masih banyak banget masalah mahasiswa yang kamu hadapi. Kamu yang mana guys!?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *