[ISIGOOD] Hal pertama yang dilihat adalah sesuatu yang tampak mata. Nah, penampilan adalah hal yang langsung terlihat dari luar. Begitu pula saat kamu memasuki dunia kerja. Kesan pertama saat kamu memasuki ruang wawancara sangatlah penting.
Tak dapat dipungkiri lagi bahwa pengetahuan, pengalaman dan kapabilitas merupakan faktor utama diterima atau tidaknya seseorang dalam suatu perekrutan perusahaan. Namun, hal itu bukan berarti cara berpenampilan tidak penting. Tahukah kamu bahwa cara berpakaian, bersepatu bahkan berdandan sangat mempengaruhi penilaian tim pewawancara terhadapmu? Ya, sangat berpengaruh bahkan bisa jadi menentukan kelanjutan karir yang sedang jadi tujuanmu!

Dunia kerja adalah dunia profesional. Segala sesuatunya harus bersifat profesional, termasuk dalam berpenampilan. Cara berpakaian kita harus rapi. Bukan hanya itu, cara berpenampilan yang baik akan menambah rasa percaya diri. Rasa tersebut tentunya sangat dibutuhkan para job seeker untuk bersaing dengan kandidat lainnya.

Rasa percaya diri dari cara berpenampilan yang baik akan memberikan kesan yang baik bagi para interviewer. Bahkan, lebih dari 2/3 pemimpin perusahaan sangat menginginkan seluruh karyawannnya untuk menjaga penampilan agar terlihat baik. Untuk itu, dibawah ini ada 5 cara yang tepat dalam berpenampilan saat wawancara kerja. Apa saja itu? Simak ya!

Jangan memakai pakaian yang terlalu santai

Tunjukkan bahwa kamu dewasa dan profesional. Jangan urakan! (fasttrackpromotion.com)

Alangkah baiknya jika kamu mengenakan busana berupa kemeja, blazer dan rok/celana. Dengan memakai pakaian tersebut, maka kamu berusaha memberi kesan bahwa kamu merupakan seorang yang profesional, dewasa dan bisa menjadi anggota dari sebuah tim kerja.
Pakaian yang terlalu santai atau kasual akan membuatmu terkesan tidak serius atau bahkan bisa jadi dinilai hanya main-main. Jangan lupa untuk memastikan pakaianmu nyaman dipakai, tidak terlalu longgar ataupun ketat.

Sesuaikan pakaian dengan bidang pekerjaan yang kamu ajukan

Penampilan yang tepat akan membuatmu percaya diri saat wawancara kerja (bbci.co.uk)

Jika kamu melamar ke perusahaan yang lingkungan kerjanya serius seperti bank ataupun kantor lainnya, kenakan busana formal seperti blazer atau setelan. Tapi jika perusahaan yang kamu tuju adalah bidang kerja kreatif, seperti media atau agensi periklanan, berikan sedikit warna dalam penampilan kamu. Misalnya lewat pemakaian aksesori scarf, kalung, atau ikat pinggang. Kalau sudah sesuai, yakinlah rasa percaya diri akan muncul dengan sendirinya saat wawancara kerja.

Pemilihan warna dalam berpakaian

Kamu bisa memilih kemeja atau baju dalaman dalam warna biru lalu dipasangkan dengan blazer berwarna hitam atau abu-abu. Warna ini akan memberi kesan bahwa kamu adalah orang yang jujur dan dapat dipercaya. Kamu juga harus pandai-pandai memadu padankan warna agar terlihat lebih menarik.

Hindari kesan seksi dan terlalu berlebihan

Jangan sampai memakai pakaian berlebihan hingga membuatmu frustasi begini (pinimg.com)

Bagi wanita, jangan sekali-kali mencoba terlihat seksi dengan memakai rok mini atau busana terlalu rendah. Penampilan seperti itu akan membuatmu terkesan tidak profesional. Bukan hanya itu, kamu justru akan memberikan kesan negatif sebab menarik perhatian orang laindengan cara yang salah.

Selain baju-baju terlalu seksi, kamu juga harus menghindari pemakaian aksesoris yang berlebihan. Aksesoris yang berlebihan seperti kalung, cincin, gelang, dsb dapat menganggu/mengalihkan perhatian pewawancara. Wanita juga disarankan untuk tidak membawa tas tangan karena cenderung untuk menggeledah di dalamnya ketika gugup. Cukup membawa folder/agenda.

Penampilan yang sederhana namun elegan

Ini dia penampilan yang meyakinkan! (wordpress.com)

Bagi pria, disarankan untuk memakai pakaian dengan warna agak gelap seperti biru atau hitam. Kenakan sepatu pantofel yang sudah dipoles dengan baik. Kamu juga harus tetap dengan kesederhanaan namun sopan dan rapi. Jangan sampai saat wawancara meninggalkan kesan tidak menarik atau urakan.

Begitu pula dengan kamu sebagai seorang wanita. Berpenampilanlah semenarik mungkin. Bahkan, kamu diajurkan berdandan tanpa berlebihan. Jadi, kamu harus terlihat elegan, menarik, cantik namun tetap tampak rapi dan sopan. Ingat, jangan berdandan terlalu tebal atau bahkan sampai tampak menor.

Nah, itu dia 5 cara berpenampilan agar bisa membuat wawancara kerjamu lancar. Ingat, rasa percaya diri juga muncul dari cara berpakaian. Begitu pula dengan kenyamanan kamu dalam berpakaian. Jangan pernah paksakan jika kamu tidak nyaman. Sebab, itu sangat mempengaruhi penilaian para pewawancara kerja. Penampilan yang baik juga akan mendukung pengetahuan, pengalaman dan kemampuan kamu siap untuk bekerja. Selamat mencoba ya! Good luck.

Sumber : dari berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan