[ISIGOOD.COM] Sudah semestinya, seseorang berpikir dan mempertimbangkan baik-baik akan karir yang dipilihnya. Tidak seharusnya, hal yang akan kita tekuni itu dipilih dan dilakukan hanya dengan main-main semata. Sebab, sekali saja kamu terjebak dalam karir yang ternyata tidak menyenangkan buatmu, kamu bisa terperangkap dalam waktu yang tidak sebentar.

Karir yang tepat tentunya diinginkan oleh semua orang. Tepat dalam hal ini adalah pas dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Semuanya pas pada tempatnya dan tidak membuat kita menyesal setelah memilih karir itu. Itu artinya karir tersebut cukup tepat dan cocok untukmu.

Ada banyak hal yang membuat seseorang menentukan karirnya. Kadang, kita melibatkan banyak orang dalam pertimbangan karir dan pekerjaan yang kita pilih. Sebab, resiko sepenuhnya memang harus kita tanggung. Namun, tak jarang pula kita bimbang dan bingung dengan pekerjaan yang akan kita pilih. Pastinya, kamu nggak mau kan menyesal atas pilihanmu? Ini dia beberapa hal yang penting kamu perhatikan untuk memilih karir yang tepat untukmu! Simak!

Kamu harus memilih pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuanmu

Ini akibatnya jika kamu memilih pekerjaan yang tidak sesuai dengan minat dan kemampuanmu. Masih kandidat saja kamu sudah tidak sesuai. (careeraddict.com)

Siapa sih yang ingin bekerja dengan tidak sepenuh hati? Apapun yang tidak dikerjakan sesuai dengan minat sudah dipastikan tidak maksimal hasilnya. Begitu pula dengan pekerjaan yang kamu pilih. Jangan sampai kamu memilih pekerjaan yang sama sekali tidak kamu minati. Sebab, sedari awalpun kamu akan merasakan sesuatu yang tidak pas, tidak nyaman dan tentunya tidak kamu sukai. Sebaliknya, kamu akan lebih mengerjakan sesuatu dengan senang dan sepenuh hati jika berawal dari minat dan kesukaanmu.

Kemampuan juga tidak kalah penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Perusahaan manapun berkeinginan menerima seorang pekerja yang mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Untuk itu, kemampuan tentunya juga menjadi tolak ukur yang penting dalam menentukan pilihan kerjamu. Jika tidak memiliki kemampuan ini dan tidak yakin bisa mempelajarinya, maka kamu juga akan selalu yakin tidak bisa mengerjakan tugas dengan baik.

Kamu harus mengetahui dan mempertimbangkan suasana dan waktu kerja

Suasana yang pas dan waktu yang sesuai akan menjadi pilihan tepat pekerjaan untukmu. (millennialmagazine.com)

Suasana dan situasi kerja merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah karir atau pekerjaan. Hal ini juga bahkan dapat mempengaruhi kualitas kerja. Bukan hanya kualitas kerja saja yang akan berpengaruh. Tentunya, kamu pun memiliki kehidupan lain selain kerja. Kamu harus benar-benar menyesuaikan situasi ini. Untuk itu, sebelum memilih atau bahkan menerima sebuah pekerjaan kamu harus mengetahui dan mempertimbangkan suasana dan waktu kerjamu.

Perhatikan dan hitung baik-baik gaji yang akan kamu peroleh sebelum memilih pekerjaan

Perhatikan gaji yang ditawarkan. Cukup nggak? (inddist.com)

Gaji memang bukan segalanya untuk menjadi pertimbanganmu dalam memilih sebuah pekerjaan. Namun, ternyata ini juga merupakan salah satu hal yang menjadi penting. Sebab, pastinya siapapun menginginkan gaji yang menarik yang cukup untuk seluruh kebutuhan sehari-hari. Jika perlu bisa disisihkan untuk keperluan masa depan.

Nah, untuk itu, perkirakanlah apakah tawaran gaji di pekerjaan yang akan kamu pilih itu sesuai dengan keinginanmu. Kamu pastinya tidak ingin menyesal di kemudian hari setelah menyadari bahwa gaji yang kamu terima memang tidak cukup. Namun, hal ini bukan berarti menjadikanmu tidak mengambil kesempatan apapun. Apalagi, kamu masih fresh graduate. Kamu tidak boleh melulu memikirkan gaji.

Kamu harus mengetahui stabilitas pekerjaan itu sebelum menentukan pilihan karir

Kamu tidak mau kan suatu saat dipecat hanya karena stabilitas perusahaan terganggu? (work.chron.com)

Salah satu aspek lain yang tidak kalah penting dalam memilih pekerjaan di masa depan adalah stabilitas pekerjaan. Meskipun ada tawaran pekerjaan dengan gaji yang menjanjikan, jangan sampai kamu terkecoh. Belum tentu kan pekerjaan dalam industri itu mampu bertahan dalam jangka waktu yang panjang.

Perlu kita ketahui bahwa tidak semua sektor pekerjaan dan bisnis akan terus-terusan berjaya. Untuk itu, kamu harus pintar-pintar mempelajari pasar tenaga kerja yang baik dan pilihlah pekerjaan yang kemungkinan besar mampu bertahan lama. Pekerjaan itu juga harus sesuai dengan kebutuhan masyarakat dalam jangka waktu yang panjang. Untuk itu, pilih pekerjaan yang terbaik untukmu.

Nah, itu dia guys beberapa hal yang penting banget kamu perhatikan sebelum menentukan karir ataupun pekerjaan. Pilihlah baik-baik. Semoga bermanfaat dan semoga sukses!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan