[ISIGOOD.COM] Musik memang ajaib. Musik dapat mengubah seseorang. Musik dapat mengendalikan emosi seseorang. Musik dapat mengatur ritme pernafasan menjadi cepat atau lambat. Ritme ini kemudian dapat memunculkan gerakan-gerakan tertentu dari bagian tubuh kita. Gerakan tubuh yang mengikuti ritme musik ini kemudian lebih lazim disebut tarian.

Tapi percayakah kamu, menari bukan sekedar hobi. Bukan sekedar passion. Menari adalah gaya hidup. Gaya hidup yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Menari bukan hanya memberikan efek kesenangan bagi yang melakukannya. Menari membuat saraf motorik menjadi selaras. Karena menari adalah gerakan yang mensinkronkan antara kepala, otot, dan perasaan. Maka tidak heran jika menari dapat membuat seseorang berkeringat seperti melakukan olahraga tertentu.

Baru-baru ini ada penelitian yang membuktikan bahwa orang yang suka menari cenderung jarang stres dan memiliki kecerdasan lebih.

Bahagia saat berdansa (www.vicdance.com)

Penelitian ini dilakukan oleh Prevention, kelompok peneliti dari Swedia. Mereka melibatkan 112 remaja wanita untuk diteliti. Remaja-remaja wanita yang dipilih sebagai objek ini adalah mereka yang sering mengeluh sakit punggung, sakit leher, sering cemas dan sering merasa stres.

Dalam risetnya, separuh dari objek tersebut diberi perlakuan khusus. Mereka diikutsertakan dalam kelas menari setiap minggu sedangkan separuh yang lainnya tidak diikutkan dalam kelas menari. Hasilnya ternyata sangat positif bagi mereka yang mengikuti kelas menari. Mereka memiliki kesehatan mental yang lebih baik, lebih semangat belajar dan lebih ceria.

Diutarakan dalam press release oleh penulis Anna Dubert, bahwa menari dapat membuat seseorang lebih semangat dan lebih berkualitas dalam menjalani hidup. Kemudian disebutkan pula bahwa tidak ada kata terlambat untuk menari. Menari tidak harus dilakukan dengan meniru gerakan-gerakan sulit. Menari cukup dilakukan dengan menggerakkan tubuh mengikuti irama musik tertentu dengan tepat dan semangat.

Kalau kamu masih tidak percaya, ada pula penelitian yang dilakukan oleh University of London

Kelas menari yang menyenangkan (localclasses.com)

Peneliti ini juga melibatkan beberapa orang yang menderita cemas berlebihan. Para penderita tersebut kemudian dibagi untuk mengikuti beberapa terapi atau kegiatan. Ada yang mengikuti kegiatan olah raga, kursus matematika, kursus musik dan kelas menari. Hasilnya, mereka menemukan bahwa kelas menari adalah terapi yang paling memberikan hasil signifikan untuk menghilangkan stres.

Lalu, benarkah menari dapat mengasah kecerdasan?

Menari dengan bahagia (themodernjedi.files.wordpress.com)

Selain menghilangkan stres, menari juga disebut dapat menstimulasi penajaman kemampuan kognitif seseorang. Alasannya, menari adalah kegiatan yang mengharuskan otak untuk melakukan beberapa aktivitas di waktu yang sama. Ketika menari, otak harus menyeimbangkan antara emosi, rasio, kinestetik dan musik. Inilah yang membuat otak berfungsi dengan lebih baik.

Nah, sudah tahu kan pentingnya menari. Kamu bisa kan menari? Yuk sekarang kita goyangkan badan, ikuti irama dan goncangkan dunia! Dapatkan dampak positif menari terhadap mind, body dan soul kita. 🙂

Sumber : elitedaily.com

Wanita yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi seorang wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan