[ISIGOOD.COM] Pada hari Sabtu, 19 September 2015, Kelompok Studi se-UGM yang terhimpun dalam SCCF (Study Club Communication Forum) menyelenggarakan acara Gadjah Mada Innovation Student Day (GAMAISTY) 2015 yang bertempat di Gedung Sekolah  Vokasi. Acara ini bertujuan menyambut para Gamada dengan atmosfer keilmiahan yang dibungkus dalam acara talkshow dan expo kelompok studi. Pada acara ini diundang dosen Bioteknologi dari Fakultas Biologi UGM, yakni Dr. Eko Agus Suyono, M.App.Sc selaku pembicara pertama dan Aji N. Pakha, S.T. dari Masyarakat Ilmuwan dan Teknolog Indonesia Kluster Mahasiswa (MITI KM) selaku pembicara kedua. Sekitar 80 orang gamada hadir dalam acara tersebut untuk mencari tahu lebih dalam tentang ekonomi biru dan terkhusus apa peran yang bisa dilakukan oleh mahasiswa dalam periode ini.

Acara ini dibuka dengan sambutan dari ketua panitia, Dea Aprilan B. (FKH) dan Sekjend SCCF, Bimo Winardianto (MIPA) dan video pembuka tentang ekonomi biru. Tema ekonomi biru ini diangkat atas dasar pentingnya pengolahan sumber daya saat ini yang juga memperhatikan faktor lingkungan, termasuk didalamnya unttuk kepentingan industri. Bapak Eko mengatakan bahwa green economy saat ini ditolak oleh beberapa perusahaan/industry karena mengurangi keuntungan yang mereka peroleh. Untuk itu, hadir blue economy sebagai solusi dalam pengolahan sumber daya yang juga memperhatikan kepentingan industry. Sejalan dengan Bapak Eko, Bapak Aji juga mengutarakan bahwa ekonomi biru saat ini sedang ‘naik daun’ seperti apa yang ditulis oleh Gunter Pauli dalam bukunya ‘The Blue Economy’. Peran mahasiswa sangat banyak sesuai dengan bidang masing – masing. Wujud inovasi ini bisa dimulai dengan pencarian permasalahan disekitar kita. Salah satunya, bias terwujud lewat PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Beliau juga menjelaskan tentang peran MITI dalam mewujudkan ekonomi biru di Indonesia.

DSC_0421

Acara Gamaisty tahun 2015 mengangkat tema terkait ekonomi biru. Menarik!

Acara yang dimoderatori oleh Miftahus S. Haq, S.Pt dan duo MC, Mas Muin dan Mas Pras, ini berlangsung cukup meriah dan interaktif. Sebanyak 80 gamada yang hadir ini ingin mengutarakan pendapatnya dan menanyakan tentang inovasi terkini kepada para pembicara. Pertunjukkan seni bela diri dari UKM Merpati Putih menjadi salah satu hiburan talkshow yang membuat kagum para penonton dengan kemampuan mematahkan besi dengan tangan kosong. Terakhir, ada penjelasan tentang isu pengolahan sampah kekinian oleh WRC (Waste Refinary Center).

Selanjutnya acara berlanjut pada Expo Kelompok Studi yang bertempat di Lobi Sekolah Vokasi. Acara ini dihadiri oleh kelompok studi lintas fakultas, ada Gama Cendekia, Medical Science Club, Piogama & Profetik Intelektual Muda Fisipol, Islamic Law Forum, Shariah Economics Forum, Lingkar Studi Sains, Biologi Orchid Study Club, Kelompok Studi Entomologi, Kelompok Studi Kelautan, Kelompok Studi Arsitektur Taman, Cendekia Teknika, Lembaga Penelitian dan Kajian Teknik Aplikatif, Kelompok Studi Satwa Liar, Forum Studi Mahasiswa Peternakan, Forestry Study Club dan masih banyak lagi. Mereka memamerkan karya penelitian sesuai bidang masing – masing dan karya – karya PKM baik yang didanai sampai yang Juara PIMNAS ataupun paper internasional. Ini merupakan inspirasi tersendiri bagi para gamada yang sedang mencari ide dan tim untuk PKM tahun 2016 dan juga sejalan dengan kepentingan UGM saat ini yang sedang menggencarkan isu PKM.

Acara ini sendiri ditutup dengan penyerahan kenang – kenangan berupa plakat dan bingkisan kepada para Bapak Eko dan Bapak Aji sekaligus kepada moderator, Mas Mifta. Harapannya, atmosfer keilmiahan di UGM kembali meningkat, terkhusus kepada para gamada, yang ditunjukkan salah satunya dengan proposal – proposal PKM. GAMAISTY 2015 ! Kritis Kreatif !

Wanita yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi seorang wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan