[ISIGOOD.COM] Sukses dengan Ekspedisi Negara Kesatuan Republik Indonesia (Ekspedisi NKRI) Koridor Kepulauan Nusa Tenggara pada tahun 2015, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Kopassus akan melakukan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat yang akan dilaksanakan pada awal tahun 2016 mendatang.

“Banyak peneliti asing yang juga tertarik untuk menjelajah dan meneliti alam Papua sehingga Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat merupakan langkah yang sangat baik untuk mengidentifikasi kekayaan alam Indonesia, tidak hanya hayati, tetapi juga sosial budaya” kata Kepala LIPI Prof. Dr. Iskandar Zulkarnain saat menerima kunjungan dari perwakilan Kopassus di Jakarta pada Rabu (16/12) lalu.

ekspedisi

(elshinta.com)

Ekspedisi yang telah dilaksanakan sebelumnya adalah Ekspedisi NKRI Bukit Barisan di wilayah Sumatera, Ekspedisi NKRI Khatulistiwa di Kalimantan, Ekspedisi NKRI Pulau Sulawesi, dan Ekspedisi NKRI Koridor Kepulauan Nusa Tenggara.

Letkol Inf. Rachmad PS selaku Kepala Bagian Operasi Ekspedisi NKRI 2016 mengatakan kegiatan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat sangat menarik perhatian masyarakat. “Hingga saat ini jumlah pendaftar online sudah mencapai 5 ribu orang,” jelasnya. Rachmad menyatakan kegiatan ini direncanakan akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan oleh Kopassus karena sangat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.”

Ekspedisi NKRI Koridor Papua Barat akan menjelajah sejumlah wilayah diantaranya Tambraum, Sorong, Fak-Fak, Kaimana, Mansel, Bintuni dan Wondana. Total akan ada 1200 peserta yang akan turut serta dalam ekspedisi tersebut yang terdiri dari peneliti LIPI, anggota TNI dan Polri, mahasiswa, serta peneliti dari lembaga penelitian pusat dan daerah. Materi kegiatan akan dititik beratkan pada penjelajahan Ekspedisi NKRI Papua Barat meliputi penjelajahan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Sumber: goodnewsfromindonesia.org

Pernah bikin Puisi. Sangat tertarik pada lawan jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *