[ISIGOOD.COM] Globalisasi memang semakin memudahkan terjadinya pertukaran barang, jasa, maupun manusia. Batas antar negara pun kini semakin kabur sehingga interkonektivitas menjadi tuntutan yang mesti dihadapi, bukan hanya oleh dunia usaha namun juga oleh institusi pendidikan. Departemen Teknik Sipil (DTS) di Sekolah Vokasi UGM sebagai salah satu lembaga pendidikan vokasi berusaha menyiapkan lulusannya untuk menghadapi tantangan zaman tersebut.

Terdapat dua program studi di bawah Departemen Teknik Sipil

1. D3 Teknik Sipil

2. D4 Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil

Berikut ini beberapa langkah yang ditempuh oleh DTS untuk menjadikan lulusannya siap bersaing di dunia global.

1. Kerjasama dengan LPJKN untuk menyambut Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)

 

Kuliah profesional bersama LPJKN-dokumentasi pribadi

Kuliah profesional bersama LPJKN-dokumentasi pribadi

Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN) merupakan lembaga negara yang memberikan sertifikasi keahlian di bidang Jasa Konstruksi. Menyongsong implementasi MEA di tahun ini, seluruh tenaga kerja di bidang jasa konstruksi di Indonesia, harus mengantongi sertifikat dari LPJKN.

Pada Maret ini, DTS telah menandatangani MoU dengan LPJKN.  Kegiatan ini dilanjutkan dengan kuliah profesional yang mengangkat tema “Kebutuhan Tenaga Terampil dan Tenaga Ahli Teknik Menyongsong Penguatan Infrastruktur Indonesia” yang disampaikan oleh Prof. Landjono Josowidagdo, SIE, IPU. Kuliah umum ini dihadiri oleh sekitar 100 orang mahasiswa. Selain itu, LPJKN dan DTS juga mengadakan pelatihan dan uji kompetensi bagi mahasiswa D4. Harapannya, ketika lulus mahasiswa sarjana terapan ini telah memiliki sertifikat kompetensi.

Usai penandatanganan MoU, Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP-MD, Direktur SV UGM (kiri) dan Ir. Soemarjanto, Direktur LPJKN berjabat tangan -dokumen pribadi

Usai penandatanganan MoU, Ir. Hotma Prawoto Sulistyadi, M.T., IP-MD, Direktur SV UGM (kiri) dan Ir. Soemarjanto, Direktur LPJKN berjabat tangan -dokumen pribadi

Pada umumnya, uji kompetensi bagi tenaga di bidang jasa konstruksi baru dapat dilakukan setelah memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun lamanya. Melalui kerja sama ini, sarjana terapan alumni DTS bisa segera mendapatkan sertifikasi sebagai bekal masuk persaingan bursa tenaga kerja MEA.

2. Menyongsong Tuntutan Global dengan Evaluasi dan Kuliah Umum bersama Prof. Bert Hofmann

Prof. Bert Hofmann melakukan evaluasi kurikulum bersama tenaga pendidik DTS SV UGM -dokumen pribadi

Prof. Bert Hofmann melakukan evaluasi kurikulum bersama tenaga pendidik DTS SV UGM -dokumen pribadi

DTS sedang menyiapkan kurikulum pembelajaran yang berwawasan global dan future-oriented. Oleh karena itu, Prof. Bert Hofmann, dari Jerman diundang datang untuk berdiskusi seputar kurikulum yang digunakan bersama dengan tenaga pengajar di DTS. Untuk menghadapi isu terkini, menurut Prof. Hofmann terdapat beberapa bidang yang mesti dieksplorasi lebih jauh yaitu permasalahan lingkungan dan spesialisasi lulusan yang mesti diperkuat. Selain itu, Prof. Hofmann juga memberikan pengayaan bahan ajar dan kuliah umum tentang struktur baja. Kuliah umum telah dilaksanakan pada 24 Maret lalu yang dihadiri 200 orang mahasiswa.

Kuliah umum bersama Prof. Bert Hofmann -dokumen pribadi

Kuliah umum bersama Prof. Bert Hofmann -dokumen pribadi

3. Pertukaran pelajar ke Negeri Sakura

Pada bulan Oktober-November mendatang, dua mahasiswa DTS akan dikirim untuk belajar selama 4 pekan ke Negeri Sakura. Keduanya, akan belajar di salah satu sekolah vokasi di Jepang, Ariake National Collage of Technology. Selama pembelajaran di Negeri Sakura ini keduanya akan banyak belajar seputar konstruksi baja dan bangunan tahan gempa.

Buat kamu yang kini sedang galau ingin memilih tempat kuliah, DTS tentu bisa menjadi salah satu pilihan. Di sini, kamu akan digembleng untuk menjadi siap bersaing di kancah global. Semangat!

Info dan prosedur pendaftarannya, klik disini.

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan