[ISIGOOD.COM] Siapa bilang berdandan tidak diperlukan bagi calon karyawan wanita saat wawancara kerja? Buat kamu semua calon karyawan wanita, tampil jujur dan apa adanya memang diperlukan. Namun itu bukan berarti kamu mengabaikan tata rias di wajahmu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengetahuan dan pengalaman sangat penting bagi penentuan diterima atau tidaknya seseorang untuk bekerja. Namun, ternyata tampil terlalu polos bagi karyawan wanita justru tidak disukai pemimpin perusahaan. Jika kamu mau diterima, sebagai calon karyawati, kamu tidak boleh mengacuhkan penampilanmu saat wawancara kerja.

Jangan terlalu polos saat wawancara kerja. Berdandan secara simpel dan natural akan membuatmu mendapat nilain plus. (ipcdigital.co.uk)

Dilansir dari kompas.com, dalam sebuah survei di Inggris terungkap bahwa dua pertiga pemimpin perusahaan mengaku bahwa mereka tidak menyukai calon karyawan wanita yang tampil terlalu polos saat wawancara kerja. Polos yang dimaksud adalah sama sekali tidak menggunakan riasan di wajah saat wawancara kerja.

Hampir sebagian besar pemimpin perusahaan setuju bahwa riasan wajah mempengaruhi penilaian dalam proses perekrutan karyawan. Apalagi jika posisi yang kamu lamar itu mewakili citra perusahaan di kalangan publik. Misalnya humas, marketing, public relation, customer service, sales dan lain sebagainya.

Mengapa sih sebenarnya tampil polos itu tidak bagus saat wawancara kerja? Lalu, kenapa pula buat kamu yang kaum wanita lebih baik berdandan saat wawancara kerja? Trus make-up yang bagaimana juga sih yang cocok saat wawancara kerja? Penasaran kan pastinya! Ini dia jawabannya! Simak yaa..

Pemimpin perusahaan mencari karyawati yang expert dalam banyak hal

Perusahaan mencari wanita yang expert di banyak hal. (qscourses.com)

Selain harus memiliki pengetahuan, pengalaman dan ketrampilan yang sesuai, riasan wajah ternyata juga menentukan diterima atau tidaknya kamu. Sebab sebagian atasan berpikir bahwa sudah seharusnya karyawan wanita memiliki ambisi karir yang tinggi dan cemerlang. Nah, untuk itu para calon karyawati harus memperhatikan hal sekecil apapun. Termasuk dandanannya.

Selain smart, tampak cantik dan elegan juga diharuskan bagi seorang karyawan wanita. Apalagi, jika posisi yang kamu lamar berkaitan langsung dengan ranah publik. Pasti para pemimpin perusahaan akan mengambil seorang yang expert di bidangnya, termasuk karena riasan wajah sehingga tampak sedap dipandang.

Riasan wajah berpengaruh pada kekuatan psikologi

Berdandan pengaruhi psikologi seorang wanita (dailymail.co.uk)

Selain terlihat enak dilihat, merias wajah juga akan memberikan penampilan yang representatif. Lebih jauh, riasan pada wajah akan berĀ  pengaruh pada kekuatan psikologi. Bahkan terbukti bahwa wanita yang berdandan diketahui lebih percaya diri dan bahagia daripada yang terlalu polos.

Diketahui juga, sebagian besar wanita selalu berdandan sebelum berangkat kerja. Bahkan, sebanyak 98 persen wanita mengaku selalu merias wajah secara layak saat akan melakukan wawancara kerja.

Rias wajah senatural mungkin

Cukup natural saja saat wawancara kerja! (dailymail.co.uk)

Merias wajah bagi seorang wanita memang sangat diperlukan saat mengikuti wawancara kerja. Namun, bukan berarti kamu berdandan secara berlebihan atau bahkan terkesan menor. Cukup gunakan riasan wajah senatural mungkin. Jadi, dengan make up tipis berupa bedak atau lipstik tipis yang terkesan alami. Jangan pernah berdandan mencolok yang menor atau kamu justru membuat pewawancara ilfeel.

Nah, itu dia guys buat kamu para job seeker, khususnya yang wanita. Tentukanlah penilaian baik para pewawancaramu dengan riasan wajah yang cantik namun natural. Dan jangan lupa, cantik saja tidak cukup. Saat wawancara kamu wajib mengerahkan kemampuanmu secara maksimal. MulaiĀ  wawasan, pengetahuan dan kemampuan kamu. Buat kamu yang suka tidak memakai make up karena berdandan bukan berarti mengubah kepribadian kamu kok. Untuk yang alergi kosmetik, gunakan kosmetik yang aman dipakai. Mintalah rekomendasi dari teman, saudara atau ibumu. Jadi, selamat mencoba guys!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *