Untuk ketiga kalinya Sekolah Vokasi UGM akan menggandeng pihak kosen (National Institute of Technology) Jepang, atau di Indonesia bisa diartikan sebagai politeknik. Dari penyelenggaraan seminar serupa dalam dua tahun terakhir, jumlah kursi yang disediakan selalu dipenuhi oleh para peserta dari DIY, Jateng dan propinsi-propinsi lainnya. Tingginya animo terhadap acara ini membuat pihak Sekolah Vokasi UGM mempersiapkan sesuatu yang baru pada joint seminar tahun 2015 ini.

Berikut isigood.com memaparkan hasil wawancara eksklusif dengan Wakil Direktur Sekolah Vokasi UGM (Dr. Wikan Sakarinto) dan Sekretaris Wakil Direktur SV-UGM (Fitri Damayanti Berutu, M.Sc.) yang sekaligus juga menjabat sebagai koordinator Panitia Joint Seminar Internasional ini.

Poster JS 2015 B

Apa yang berbeda, dan apa yang baru dibanding penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya?

Pada tahun 2013, SV-UGM menggandeng satu institut dari Jepang, yaitu Akashi Kosen

Pada tahun 2014, selain menghadirkan kembali Akashi Kosen, ditambah dengan 9 kosen dari daerah Kyushu, Jepang bagian selatan. Jadi total ada 10 kosen yang hadir tahun lalu.

Pada tahun 2015, direncanakan akan menghadirkan asosiasi kosen se-Jepang, yang mewakili total 51 kosen se-Jepang!

Ada lagi yang berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, yaitu kali ini asosiasi kosen se-Jepang akan menjelaskan peluang Beasiswa Monbukahakusho dari Pemerintah Jepang yang diperuntukkan bagi siswa Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke kosen/politeknik di Jepang.

Menurut Wikan, yang dulu pernah menjadi penerima beasiswa ini, Beasiswa Monbukagakusho ini adalah beasiswa yang cukup prestisius di Jepang karena disediakan oleh Kementerian Pendidikan Pemerintah Jepang. Pada seminar nanti, detil tentang beasiswa ini akan dijelaskan oleh Dr. Matsumoto selaku Vice Director International Exchange, Japan. “Para penerima beasiswa ini diberi kesempatan memilih satu diantara 51 kosen yang tersebar di seluruh Jepang, setelah menjalani pelatihan Bahasa Jepang selama satu tahun, biasanya di Tokyo”, kata Wikan.

Selain itu, Dr. Kusakabe Osamu selaku Presiden Ibaraki Kosen akan memaparkan tentang bagaimana pola studi di kosen. Ibaraki Kosen adalah salah satu yang ditetapkan sebagai kosen percontohan standar internasional.

Sementara itu Fitri mengungkapkan, selain kedua pembicara yang diundang dari Jepang tersebut masih ada satu lagi pembicara orang Jepang yang bekerja sebagai konsultan ahli Sekolah Vokasi UGM, khusus untuk kerjasama akademik dengan pihak Jepang, yaitu Akira Ito. “Berkat upaya yang dilakukan oleh Sekolah Vokasi UGM yang dipenetrasi oleh Pak Akira, banyak mahasiswa kami yang berhasil berangkat ke Jepang untuk program pertukaran mahasiswa, seminar mahasiswa dan bahkan magang professional di industri terkemuka di Jepang yaitu Kawasaki”, kata Fitri menambahkan penjelasan mengenai pembicara keempat pada seminar tersebut.

“Untuk tahun 2015 ini, beberapa mahasiswa SV-UGM direncanakan akan diundang ke Tokyo pada bulan Maret atau April dalam rangka pertemuan mahasiswa internasional. Serta sedang dijajaki untuk pengembangan program magang selanjutnya di Jepang,” papar Wikan.

Selanjutnya, kedua pimpinan SV-UGM ini menjelaskan bahwa para peserta seminar juga akan menerima paparan lengkap mengenai:

Penerimaan Mahasiswa Baru SV-UGM 2015 Program Penelusuran Bibit Unggul (PBU) Jalur Tanpa Ujian Tulis

yang akan disampaikan sendiri oleh Wikan selaku Wakil Direktur Akademik dan Kemahasiswaan SV-UGM. Sementara itu, pendaftaran PBU SV-UGM ini akan resmi dibuka mulai tanggal 3 Februari 2015, dan pendaftarannya bisa dilakukan melalui BRI, BTN, BNI dan Bank Mandiri di seluruh Indonesia.

Simak artikel berikut ini untuk memperdalam informasi tentang PBU SV-UGM 2015 Tanpa Ujian Tulis ini:

10 Alasan Mengapa Kamu Harus Daftar Sekolah Vokasi UGM lewat Jalur Tanpa Tes

“Jadi buat seluruh siswa/I SMA/K/MA, silakan segera mendaftarkan diri karena jumlah kursi sangat terbatas. Dan kita akan ketemu di UC-UGM pada 24 Februari 2015 dalam acara seminar ini bersama tamu-tamu undangan para pembicara dari Jepang,” demikian disampaikan oleh Wikan dan Fitri.

Info & Pendaftaran:

Pendaftaran JS 2015

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *