[ISIGOOD.COM] Hai para calon wirausahawan sukses! Pastinya kamu mengikuti Sosialisasi Wirausaha Muda Mandiri berlangsung Kamis (17/12) kan? Ya, tak kurang dari 700 orang memadati gedung PKKH UGM. Mereka menjadi peserta dalam Sosialisasi Wirausaha Muda Mandiri (WMM) Bank Mandiri. Wah, jika sudah mengikutinya, maka otomatis kamu sudah berpartisipasi dalam program WMM!

Acara tersebut dihadiri Wakil Direktur Bagian Akademik dan Kemahasiswaan UGM, Wikan Sakarinto serta perwakilan Bank Mandiri Cabang Yogyakarta. ”Kami berharap kegiatan WMM ini dapat menumbuhkan wirausahawan baru yang dapat menjunjung martabat bangsa dan penguat pilar perekonomian bangsa,” ujar Wikan dalam sambutannya.

Nah, buat kamu yang sudah bergabung dalam acara ini, tentunya kamu juga bakalan membantu negeri sendiri. Sebab, sebuah negara hanya bisa maju jika minimal ada 2 % pengusaha mandiri dari populasi. Jika kamu berhasil dan sukses, tentunya kita akan bangga dengan menciptakan lapangan kerja bukan hanya mengandalkan jadi pekerja saja bukan?! Semoga suatu saat wirausaha mandiri terus meningkat dan menjadi negara dengan perekonomian yang maju.

Narasumber dalam Sosialisasi WMM adalah Andika Khairuliawan, Juara I WMM Kategori Kreatif 2012 dengan bengkel modifikasi motornya, Balu Oto Work. Dia menyampaikan perihal kiat-kiat menjadi seorang wirausahawan yang kreatif. Sebab, pelaku usaha yang kreatif akan memiliki seribu jalan untuk menuju kesuksesan. Seorang wirausahawan juga sudah seharusnya mampu menyelesaikan masalah. ”Kita harus menjadi problem solver,”ucap pria 27 tahun itu.

Menurut Andika, ada beberapa hal yang harus benar-benar diperhatikan jika memilih berwirausaha. Yakni tahan banting dan dapat dipercaya, melihat sisi lain, menguatkan motivasi dan paham bahwa suatu keniscayaan bahwa usaha memang terkadang naik ataupun turun. ”Kita perlu menuliskan beberapa target dalam sebuah kertas. Misalnya soal kesehatan, spiritualitas, kesenangan, materi atau bahkan keinginan berkeluarga,” ujar pria yang juga dosen Teknik Informatika UTY itu. Dia menambahkan, untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses diperlukan ide yang unik, berani dan terus mencoba.

Dalam sosialisasi tersebut CEO Balu Oto Work, sebuah usaha yang menjadikannya juara di WMM 2012, juga menjelaskan tentang tahapan untuk mengikuti kompetisi usaha mandiri. Misalnya pendaftaran peserta kompetisi wirausaha yang akan dibuka hingga 31 Desember 2015. Dia juga menjelaskan mengenai ketentuan jenis wirausaha antara lain wirausaha industri, perdagangan dan jasa, wirausaha boga, wirausaha kreatif, wirausaha teknologi dan wirausaha sosial.

Pastinya kamu sudah cek syarat dan ketentuannya kan? Kegiatan yang dilakukan adalah kompetisi wirausaha, pelatihan bisnis, edukasi keuangan, sampai dana pembinaan yang menarik. So, jangan sampai lupa mendaftar dan ikuti seluruh tahapan WMM. Semoga sukses!

Mau tahu lebih dalam tentang WMM dan bagaimana cara daftarnya? Klik artikel ini

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan