[ISIGOOD.COM] History Week merupakan program kerja rutin BKMS (Badan Keluarga Mahasiswa Sejarah) FIB UGM yang diselenggarakan setiap tahun. Acara History Week dilaksanakan selama dua minggu, yakni mulai 25 Oktober-6 November 2015. Gagasan dari History Week adalah mengenalkan perspektif baru pengenalan sejarah secara luwes dan tidak monoton. Tujuan utamanya, adalah sebagai lahan promosi terhadap siswa dan siswi Sekolah Menengah Atas (SMA), pada mulanya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kemasan History Week pun menyasar kepada pengenalan perspektif baru sejarah pada masyarakat umum.

History Week kali ini mengusung tema perempuan, “Her-Story”. Lengkapnya, peran perempuan dalam arus sejarah Indonesia. Alasan pemilihan tema, berdasarkan suatu pengamatan, dalam penulisan sejarah Indonesia (historiografi) peran perempuan kerap kali di-alpa-kan. Perempuan seolah menjadi figur kedua setelah lelaki. Kemunculan peranan perempuan dalam historiografi Indonesia, harus menjadi maskulin (kelelakian). Dominasi maskulin dalam historiografi sangat kentara. Akhirnya, tujuan dari acara History Week 2015 adalah menggugat dominasi maskulin dalam historiografi Indonesia.

Berikut rangkaian acara Histori Week 2015: “Her Story”

Pembukaan dan Lomba Cerdas Cermat SMA Nasional

Sabtu- Minggu, 25-26 Oktober 2015

Tempat: Gedung Margono Lantai 3 FIB UGM

Lomba Cerdas Cermat Sejarah telah berlangsung dua tahun. Peserta adalah siswa dan siswi SMA Nasional yang terlebih dahulu diseleksi. Peserta yang lolos ke babak final berjumlah 30 tim. Setiap tim terdiri dari tiga anggota dan satu guru pendamping. Lomba Cerdas-Cermat ini, sekaligus menjadi pembuka rangkaian acara History Week 2015.

Seminar Mahasiswa Sejarah: “Perempuan dalam Arus Sejarah Indonesia”

Jumat 30 Oktober 2015

Tempat: Ruang Multimedia, Gedung Margono lantai 2, FIB UGM

Seminar ini mengusung tema Perempuan dalam Arus Sejarah Indonesia. Seminar akan diisi oleh beberapa pakar yang berfokus pada kajian perempuan. Peserta Seminar adalah mahasiswa dan masyarakat umum.

Pengabdian Masyarakat

31-01 November 2015

Tempat: Desa Nanggulan, Kec. Ngaglik, Kab. Sleman, DIY.

Malam Puncak History Week 2015

‘Memoria’ – When History is Not Always His-Story

Guest Star: Summer In Vienna

06 November 2015

Tempat: Komplek Gedung Wanitatama, Jalan Solo, Yogyakarta.

Target: 2000 penonton

Memoria merupakan puncak acara sekaligus penutup dari rangkaian History Week 2015. Memoria membawa semangat untuk lebih menghormati perempuan. Perempuan kerap menjadi objek yang terlupa bahkan dalam sejarah. Kontribusinya kerap kali di-luput-kan. Maka dari itu, Memoria adalah sebuah penyampaian pesan, bersama masyarakat serta media partner untuk sama-sama ‘menggugat dominasi maskulin dalam sejarah Indonesia’.

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan