Kenapa Pengangguran Masih Ada Padahal Lowongan Kerja Masih Banyak? Gimana Cara Mengatasi Pengangguran? Simak Animasi Ini!

[ISIGOOD.COM] Mendapat kerja adalah impian semua orang, terutama mereka yang baru lulus SMA/SMK atau kuliah. Apalagi kalau pekerjaan itu sesuai dengan minat dan bakat kita serta sanggup memberi kita pendapatan yang lumayan. Syukur-syukur jika dengan penghasilan kita,  lantas kita bisa menghidupi keluarga, anak, saudara, dan bahkan membahagiakan orang tua kita, sebagaimana dulu orang tua kita menghidupi kita. Lebih baik lagi jika dengan pekerjaan yang kita tekuni, kita bisa ikut membuka lapangan kerja dan membuka pintu nafkah untuk banyak orang. Pernahkah kamu punya impian seperti itu?

Tapi, hmm… Kenyataannya di lapangan, mendapat pekerjaan impian tidak semudah itu. Bahkan data statistik mengatakan, pengangguran selalu bertumbuh setiap hari. Ribuan akademisi dari berbagai jenjang pendidikan sering terkatung-katung menganggur tidak punya pekerjaan selama berbulan-bulan. Antrian para pencari kerja selalu berderet panjang menanti kejelasan nasib karier mereka. Ada yang lulus psikotes tapi tidak lulus wawancara, yang lulus wawancara tidak lulus tes kesehatan, yang lulus tes kesehatan tidak lulus tes magang. Para pencari kerja pun kebingungan, kenapa mereka tidak kunjung mendapat kerja? Ternyata, para perusahaan pencari tenaga kerja pun kebingungan! Kenapa mereka tidak kunjung mendapatkan tenaga kerja yang cocok! Lama-kelamaan, tenaga kerja asing yang lebih kompeten pun masuk ke Indonesia, mengisi berbagai macam posisi strategis di perusahaan besar.

Kenapa ini bisa terjadi? Apa sesungguhnya yang kurang dari tenaga kerja kita dan apa sebenarnya yang dicari oleh perusahaan pencari tenaga kerja? Jawabannya bisa kamu dapat di animasi infografis isigood.com berikut ini. Selamat menyaksikan!

 

Oke, itu tadi bagian 1. Lanjut ke bagian 2 yaa:

[Beasiswa] Ingin Kuliah di Universitas Paramadina dengan Beasiswa Penuh + Biaya Hidup?

[ISIGOOD.COM]  Universitas Paramadina bekerjasama dengan para dermawan Indonesia untuk kesembilan kalinya menawarkan beasiswa kepada siswa-siswi serta lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik untuk mengikuti pendidikan (S1) di Universitas Paramadina, pada Program Studi :

–          Manajemen

–          Falsafah dan Agama

–          Ilmu Komunikasi

–          Psikologi

–          Hubungan Internasional

–          Teknik Informatika

–          Desain Komunikasi Visual

–          Desain Produk Industri

Syaratnya kamu adalah siswa kelas 3 atau lulusan SMA sederajat dari seluruh Indonesia dengan nilai rata-rata NEM/UAN, STTB, rata-rata raport kelas X, XI, dan XII minimum 8,00. Dengan tanggal lahir 1 Januari 1996 dan setelahnya. Selain itu, kamu aktif dalam kegiatan organisasi intra dan ekstra sekolah, mampu berbahasa Inggris atau berbahasa asing lainnya. Kamu juga tidak pernah terlibat tindak kriminal (penyalahgunaan narkotika dan miras, pemalsuan, pelecehan seksual dan tindakan asusila lainnya, serta tindak kekerasan) dibuktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

Kamu yang berhasil menerima beasiswa ini, harus menyelesaikan masa studi kamu maksimal dalam kurun waktu 4 tahun, mendapatkan IPK minimal 3.25 per semester dengan pencapaian rata-rata 18 SKS per semesternya, dan tidak sedang menerima beasiswa dari institusi lain.

Kamu yang ingin mendaftarkan diri di beasiswa ini, bisa mendapatkan formulir pendaftaran di Bagian Informasi  Universitas Paramadina tanpa dipungut biaya atau dapat di download di sini. Selain itu, formulir pendaftaran yang sudah dilengkapi, wajib ditandatangani di atas materai 6000 rupiah di tempat yang telah disediakan. Pengumpulan formulir dan berkas tidak dapat dikirimkan melalui email. Sehingga, kamu  harus mengirimkannya kepada :

Tim Panel Paramadina Fellowship 2016

Universitas Paramadina

Jl. Gatot Subroto Kav. 97, Mampang Jakarta, 12790

Batas akhir pendaftarannya adalah 15 April 2016.

Nilai beasiswa yang diberikan oleh Paramadina Fellowship 2016, mencakup pendanaan:

  • Dana transportasi dari tempat asal menuju ke Universitas Paramadina (dengan menyertakan bukti perjalanan).
  • Biaya studi maksimal 4 tahun kalender akademik.
  • Mencakup biaya pra-kuliah sebesar Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah).
  • Tunjangan buku 1 juta rupiah selama 7 semester.
  • Biaya hidup (living allowance) sebesar Rp. 1.200.000 / bulan, dan + 30% dari dana tersebut dikenakan untuk biaya akomodasi selama tinggal di asrama.

Disediakan asrama, dengan ketentuan sbb:

  1. Wajib tinggal di asrama yang ditentukan Universitas Paramadina selama 1 tahun atau 2 semester berturut-turut.
  2. Penerima beasiswa dari wilayah Jabodetabek, juga berhak atas biaya hidup dan tetap wajib tinggal di asrama selama waktu yang ditentukan.
  3. Pengelolaan asrama akan dibebankan pada masing-masing penghuni (dalam hal ini penerima beasiswa) untuk melatih kemandirian dan tanggung jawab.
  • Kemungkinan pelatihan dan magang selama studi.
  • Peluang kesempatan kerja atau tawaran kerja dari Donor atau perusahaan mitra Universitas Paramadina, setelah menyelesaikan studi S-1.

Contact:
Direktorat Kerjasama dan Fellowship

Universitas Paramadina, Jl. Gatot Subroto Kav.97 Jakarta 12790

Email: suci.ayuningtyas@paramadina.ac.id
Info lebih lengkap, bisa dilihat di www.paramadina.ac.id

Ini Dia Rahasia Menjadi Mahasiswa Ideal

[ISIGOOD.COM] Mahasiswa adalah istilah untuk orang yang belajar di perguruan tinggi. Masa-masa ini penuh tantangan. Penuh gejolak. Penuh ambisi. Ada air mata. Ada hati yang berbunga.

Tentunya di manapun tidak ada yang namanya ideal. Meskipun begitu, nggak ada salahnya, kan, berusaha untuk menjadi seideal mungkin?

Nah, berikut ini beberapa tips menjadi mahasiswa ideal.

Ikuti

ws_Follow_the_arrow_1280x800 (1)

Maksudnya ikuti dan turuti saja nasihat dosen, orangtua, dan tentunya ayat-ayat dari kitab suci. Nggak ada salahnya kok, kita menjadi penurut. Bukan semata mengejar nilai, bro. Namun ini juga masalah etika. Jadilah pengikut kebenaran. Jadilah penurut dalam hal kebaikan.

Damai

Inner-Peace

(linked2leadership.com)

Berdamailah dengan dirimu. Ini adalah kata kunci sebelum kita berupaya menciptakan suasana lingkungan yang damai. Maksudnya gimana, sih? Sederhana saja, kok. Maksud berdamailah dengan dirimu itu tidak lain adalah mampu mengendalikan hawa nafsu. Inilah musuh terbesar manusia, yaitu dirinya sendiri.

Elegan

(centrostuditaliani.org)

Elegan di sini bermakna amat luas. Serasi di dalam berpakaian. Anggun di dalam berperilaku. Luwes serta supel di dalam pergaulan. Elok budi pekertinya. Fleksibel di dalam membuat keputusan. Intinya adalah kita harus tahu tata krama dan adat budaya, agar kita disenangi oleh siapapun dan dimanapun.

Antusias

Antusias ini seperti bibit penyakit. Ia mudah sekali menular. Namun sayangnya, mudah pula menghilang. Hidup yang dipenuhi antusiasme ibarat samudera yang bergelombang. Tanpa antusiasme, maka hidup ini akan sunyi. Ibarat bumi tanpa mentari. Hanya pemuda yang antusiaslah yang dapat mengubah peradaban di muka bumi ini menjadi lebih baik.

Lembut

Lembut di dalam bertutur kata merupakan senjata utama di dalam berdiplomasi. Tidak hanya itu. Belaian yang paling mesra adalah belaian dengan kata-kata. Ada lagi yang lebih unik. Hati yang lembut dan penuh Cintakasih dapat menciptakan keajaiban. Kelembutan memang amat diperlukan untuk menghadapi berjuta problematika kehidupan. Bagaimanapun juga, kelembutan dapat menaklukkan kebengisan.

Menjadi mahasiswa ideal tidak mustahil, asalkan kita memang berkomitmen dan berkemauan keras untuk mencapainya. Hal ini adalah sebuah keniscayaan. Seperti halnya ungkapan: dimana ada kemauan, di situ ada jalan. Mari kita berlomba-lomba menjadi mahasiswa ideal. Ideal di mata Allah. Ideal di mata manusia.

Oleh: Dr. Dito Anurogo

Baca juga : Saat Kamu Terasa Letih Belajar, Lakukan 5 Hal Ini!

[Karir] Sekolah Vokasi UGM Membuka Penerimaan Calon Dosen 2016

[ISIGOOD.COM] Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) membuka kesempatan berkarier sebagai calon Dosen (sejumlah 145 orang) Non PNS, dengan ketentuan sebagai berikut:

  1. Syarat Pendaftaran

1.1 Syarat Umum:

  1. Berkewarganegaraan Indonesia
  2. Berpendidikan Magister/Doktor dari Perguruan Tinggi minimal akreditasi B. Untuk ijazah lulusan perguruan tinggi luar negeri, harus sudah melalui proses penyetaraan ijazah luar negeri di DIKTI, serta melampirkan Lembar Penyetaraan Ijazah Luar Negeri.
  3. Latar belakang pendidikan yang dibutuhkan untuk mengisi 8 Departemen, terdiri atas 26 Program Studi adalah sebagai berikut.:
No Departemen Program Studi Latar belakang pendidikan yang dibutuhkan
1) Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya
Bahasa Prancis Bahasa Prancis, Sosial Humaniora
Bahasa Korea Bahasa Korea, Sosial Humaniora
Bahasa Jepang Bahasa Jepang, Sosial Humaniora
Bahasa Mandarin Bahasa Mandarin, Sosial Humaniora
Kearsipan Kearsipan, Sejarah, Perpustakaan, Administrasi/Administrasi Publik, Ilmu Informasi, Sistem Informasi
Kepariwisataan Pariwisata, Sosial Humaniora
2) Ekonomika dan Bisnis Akuntansi Akuntansi
Ekonomi Terapan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Manajemen Manajemen
3) Teknologi Kebumian Pengindraan Jauh dan Sistem Informasi Geografi Geografi
Teknik Geomatika Teknik Geodesi/Teknik Geomatika
4) Layanan Kesehatan Kebidanan Kebidanan
Rekam Medis Sistem Informasi Manajemen Kesehatan, InformatikaKesehatan
5) Teknologi Hayati dan Veteriner Agro Industri Teknologi Pertanian, Teknik Industri, Teknik Mesin, Teknik Kimia
Pengelolaan Hutan Kehutanan
Kesehatan Hewan Kedokteran Hewan
6) Teknik Elektro dan Informatika Teknik Elektro Teknik Elektro
Elektronika dan Instrumentasi Elektronika dan Instrumentasi, Teknik Fisika, Teknik Mekatronika, Teknik Instrumentasi.
Teknologi Jaringan Teknologi Informasi, Teknik Informatika, Ilmu Komputer
Komputer dan Sistem Informasi Teknologi Informasi, Teknik Informatika, IlmuKomputer, Sistem Informasi
Metrologi dan Instrumentasi MIPA Fisika, Elektro dan Instrumentasi, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Teknik Mesin
7) Teknik Mesin Teknik Mesin Teknik Mesin
Teknik Pengelolaan dan Perawatan Alat Berat Teknik Mesin
8) Teknik Sipil Teknik Sipil Teknik Sipil
Teknik Pengelolaan dan Pemeliharaan Infrastruktur Sipil Teknik Sipil

1.2 Syarat Khusus:

     Pelamar lulusan S2 (Magister)

  • IPK Ijazah S1 : 3,00 (dari skala 0-4)
  • IPK Ijazah S2 : 3,50 (dari skala 0-4)
  • Masa Studi S1 : 5 tahun
  • Masa Studi S2 : 3 tahun
  • TPA /PAPS : Min 600
  • TOEFL/IELTS : 500/6,0
  • Usia Maks : 35 tahun

     Pelamar lulusan S3 (Doktor)

  • Usia Maks : 50 tahun
  • Melampirkan Penelitian/Disertasi yang dipublikasikan pada jurnal internasional terakreditasi

     Tata Cara Pendaftaran :

Pendaftaran ditujukan kepada: Direktur Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada, melalui Bagian Kepegawaian Sekolah Vokasi UGM, SEKIP Unit I, Yogyakarta 55281 Telp.: (0274) 541020, 582598, 6491221, Fax.: (0274) 582598.

Berkas dimasukkan ke dalam stop-map, warna merah untuk pelamar pendidikan S2 dan warna kuning untuk pelamar pendidikan S3 dengan lampiran sebagai berikut:

  • Surat lamaran ditulis dengan tinta hitam, bermeterai dan ditandatangani oleh pelamar ditujukan kepada :Direktur SekolahVokasi UGM;
  • Daftar riwayat hidup/curriculum vitae;
  • Fotokopi Ijazah S1, S2, S3 dan transkrip nilai yang dilegalisasi oleh lembaga yang berwenang;
  • Hasil tes TPA/PAPS dan TOEFL/IELTS yang masih berlaku (2 tahun terakhir), jika menggunakan ACEPT kesetaraannya akan disesuaikan;
  • Daftar Publikasi yang pernah dilakukan besertacopy artikel;
  • Daftar Sertifikat dan Piagam yang pernah didapatkan besertacopy artikel;
  • Surat Kesanggupan untuk melanjutkan studi S3 dalam waktu paling lama 3 tahun bagi yang berpendidikan S2;
  • Pas foto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 (dua) lembar dan 4×6 sebanyak (2) lembar;
  • Melampirkan Surat Pernyataan Tidak Sedang Terikat Kontrak dengan perguruan tinggi lain;
  • Surat Keterangan Sehat Jasmani dan Rohani;
  • Surat Keterangan Bebas NAPZA;
  • Surat Keterangan Kelakuan Baik.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran dilakukan pada tanggal 11 Januari sampai dengan tanggal 25 Januari 2016

Hasil seleksi administrasi danseleksi tahapan berikutnya akan diumumkan tanggal 29 Januari 2016 melalui situs www.sv.ugm.ac.id

Keterangan:

– Persyaratan lain dan informasi selengkapnya dapat dilihat di website kami : www.sv.ugm.ac.id

– Atau dapat menghubungi kami melalui email : sv@ugm.ac.id / humas-sv@ugm.ac.id

 

 

8 Jenis Manusia yang Bermunculan Pada Saat Tahun Baru. Kamu Termasuk yang Mana Nih?

[ISIGOOD.COM] Malam tahun baru adalah salah satu moment yang banyak dinantikan banyak orang. Pada malam inilah acara besar – besaran akan diadakan tiap tempat sebagai peringatan hari tutup tahun.  Dari acara makan besar, dangdutan, konser musik hingga pesta kembang api. Saat malam tahun baru tiba, akan bermunculan juga jenis – jenis manusia yang beredar. Jenis apa sajakah itu? Termasuk jenis manusia yang manakah anda.? Yuk kita intip dibawah.

MaBer – Manusia Beriman

(sojo.net)

Yap. Ini adalah jenis manusia yang paling mulia sejagat raya pada malam tahun baru. Mereka menyambut tahun baru dengan cara beribadah kepada Tuhannya masing-masing, merenungkan apa yang telah dilalui pada tahun ini, mengucap syukur serta berdoa agar di tahun berikutnya dapat menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Sayangnya jenis manusia ini layaknya seperti  golongan Divergent. Jarang sekali ditemukan hehehe. Semoga anda termasuk ya, amin.

MaPeKel – Manusia Penyayang Keluarga

(r.ddmcdn.com)

Jenis manusia ini akan melewati malam tahun baru dengan berkumpul bersama keluarga. Baik itu keluarga  satu rumah maupun keluarga besar. Tempat mereka berkumpul pun bermacam – macam. Ada yang di rumah sendiri , ada yang di rumah nenek, ada yang di tempat rekreasi dll. Namun yang terpenting bagi mereka bukan dimana tempat berkumpulnya tapi kebersamaan bersama keluarga itulah yang lebih mereka utamakan di atas segalanya.

MaCin – Manusia Cinta

(happynewyear2016greetingscards.com)

Yoi. Sudah bisa ditebak. Malam tahun baru ini akan mereka habiskan bersama pacar tercinta. Biasanya jauh – jauh hari sebelum malam tahun baru, mereka sudah mengatur rencana tempat dan kegiatan pada malam tahun baru. Apakah mereka akan makan bareng atau main kembang api bareng atau jalan – jalan mengelilingi kota dan berbagai kegiatan – kegiatan romantis lainnya. Eits ntar dulu bisa juga mereka telpon- telponan. Itu menjadi kegiatan wajib bagi mereka para pasangan yang sedang LDRan. Biasanya hal -hal yang diobrolin pas telpon – telponan tuh tentang kejadian – kejadian lucu yang telah di alami pada tahun ini, keinginan di tahun yang akan datang, menghitung mundur detik – detik pergantian tahun sampai acara puncaknya dengan perkataan “ Selamat tahun baru sayang, semoga kita makin langgeng ya kedepannya, aku sayang kamu “. Co cweet banget dah.

MaPeSa – Manusia Pecinta Persahabatan

(hallahannews.org)

Inilah jenis manusia yang cukup banyak ditemui pada malam tahun baru. Ini juga bisa dibagi lagi loh sebenarnya. Bisa karena mereka memang kumpulan teman atau sahabat baik sahabat lama maupun baru  yang ingin merasakan kebersamaan malam tahun bersama – sama atau mungkin mereka kumpulan para jomblo yang menyatu hingga timbullah ikatan pertemanan hahahaha. Biasanya mereka mengisi acara bersama teman dengan jalan – jalan ke suatu tempat rekreasi. Tempat yang paling sering dituju sih puncak. Nyewa villa lalu bbq-an sambil menikmati secangkir kopi dengan dikelilingi pemandangan malam yang indah sambil bernyayi ria atau bernostalgia pengalaman – pengalaman yang telah di lalui bersama. Wah ,memang asyik banget dah pasti.

MaPeRu – Manusia Pembawa Rusuh

(cctv-america.com)

Ini adalah jenis manusia yang paling menyebalkan. Kerjaannya bawa rusuh aja. Udah buang sampah sembarangan,  bikin kegaduhan dengan lempar petasan ke rumah – rumah orang, ngebut – ngebutan  kaya alay, udah gitu pake motor yang knalpot bisingnya lagi, saking bisingnya sampai bunyi petasan tahun baru aja kalah wkwkwk. Kalo ketemu kaya gitu, udah kelar hidup lu. Berharap aja cepet – cepet ketemu malam tahun baru lagi hahaha.

MaPeKe – Manusia Pekerja Keras

(chinasmack.com)

Ini dia jenis manusia yang berisikan para jiwa entrepreneur sejati. Malam tahun baru di pikiran mereka bukan rencana mau jalan – jalan kemana, atau mau bikin acara tahun baruan, tapi bagaimana cara memanfatkan moment tahun baru ini menjadi peluang usaha yang mengasikkan. Bisa dengan menjual kembang api , petasan, terompet atau mungkin membuka usaha makanan pinggir jalan. Salut deh sama jenis manusia seperti ini.

MaNes – Manusia Ngenes

(cdn.theatlantic.com)

Ini nih jenis manusia yang patut kita lestarikan hehehe becanda. Biasanya kumpulan para jomblo, ansos,kuper,galau,pemalas ada disini. Mereka menghabiskan malam tahun sendirian. Ada yang bodo amat sama tahun baru, lebih baik tidur daripada nungguin pergantian tahun.  Ada yang ngegalau di pojokan kamar gara – gara nginget si doi. Ada yang ngegame online sendirian sampai pagi di warnet dan berbagai kegiatan individu lainnya.

MaJas – Manusia Berjas

(viewsbank.com)

Ini nih manusia yang paling kita inginin disamping kita pas malam tahun baru. Biasanya mereka adalah manusia – manusia berduit tebal. Kalo pas malem tahun baru di samping mereka enak dah, makanan – makanan , kebutuhan party tahun baru terpenuhi, kalo mereka lagi ga pelit ya hahaha. Biasanya mereka mengisi malam tahun baru dengan jalan – jalan ke suatu tempat, atau bikin acara party dll. Eitss tapi tunggu dulu, mereka juga bisa dibagi 2 jenis lagi loh. Satu adalah memang orang yang benar – benar berjas dan satu lagi orang yang berjas dadakan. Berjas dadakan itu adalah punya duit banyak karena minta duit nyokap bokap buat malam tahun baruan , upss ketahuan hahaha.