[ISIGOOD.COM] Ada sesuatu yang menarik pandangan mata ketika kita menginjakkan kaki di sekitar Pegunungan Balkan, Bulgaria. Sebuah benda besar berbentuk oval teronggok di atas bukit yang jauh dari permukiman penduduk. Sekilas, bila dilihat dari kejauhan, benda ini tampak seperti piring terbang.

Benda yang mirip dengan piring terbang atau UFO ini, merupakan salah satu bangunan populer di Bulgaria. Bangunan ini bernama Monumen Buzludzha. Lokasinya ada di Pegunungan Balkan, tepatnya di kawasan Gorno Novo Selo yang berada di ketinggian 1.441 mdpl.

benda unik di atas bukit (source: versesofuniverse.blogspot.com)

Monumen Buzludhza dibangun pada tahun 1981 ketika rezim komunis menguasai Bulgaria. Monumen itu dibangun untuk memperingati peristiwa tahun 1891, yang mana kala itu kaum sosialis dipimpin Dimitar Blagoev berkumpul di sana untuk membentuk gerakan sosialis dan mendirikan Partai Demokrat Sosial Bulgaria.

Monumen ini dibangun oleh rezim komunis Bulgaria untuk memperingati peristiwa pada tahun 1891 ketika kaum sosialis yang dipimpin oleh Dimitar Blagoev secara diam-diam membentuk gerakan sosialis terorganisir di daerah itu. Puncak itu sendiri adalah tempat pertempuran terakhir antara pemberontak Bulgaria dipimpin oleh Hadji Dimitar dan Stefan Karadzha dengan Turki, pada tahun 1868. Pada suatu waktu, Monumen Buzludzha adalah monumen paling terkenal yang didedikasikan untuk gerakan sosial politik komunisme.

Di dalam bangunan tersebut, karya-karya seni yang melambangkan simbol-simbol komunis sosialis, kaca patri, dan beberapa lukisan tokoh komunis Bulgaria di dinding. Dalam proses pembangunannya, monumen ini menghabiskan dana 7 juta Euro atau sekitar Rp 108 miliar guys!

Monumen berbentuk piring terbang ini menjulang setinggi 107 m, dan dirancang oleh arsitek Georgi Stoilov. Lebih dari 60 seniman Bulgaria berkolaborasi pada desain mural untuk situs, dan ribuan ‘sukarelawan’ terlibat dalam proses pembangunannya, yang memakan waktu hampir tujuh tahun untuk menyelesaikannya. Di ruang utama setinggi 15 meter terdapat fresko (lukisan dinding) seluas 500 meter persegi dari Karl Marx, Engels, Lenin dan pemimpin komunis Bulgaria Todor Zhivkov. Kubah struktur ditutupi dengan tiga puluh ton tembaga. Dua bintang berukuran 12 m dari kaca ruby dibuat pada tiang monumen setinggi 70 meter yang melambangkan bendera komunis berkibar. Bintang Soviet yang menghiasi menara Buzludzha ini tiga kali lebih besar dari yang ada di Kremlin.

bagian dalam monumen (source: versesofuniverse.blogspot.com)

Sayangnya, Monumen Buzludzha ini tak berumur panjang. Ketika rezim komunitas jatuh pada tahun 1989, monumen ini menjadi terbengkalai karena tidak ada yang merawatnya. Kini, di sekitar monumen terdapat banyak coretan mural, terutama di dindingnya. Salah satunya adalah tulisan besar “Forget Your Past”.

forget your past! (source: detik.com)

Bila kamu suatu hari memiliki kesempatan untuk ke Bulgaria, jangan sampai kelewatan untuk mengunjunginya ya!

 

 

Diolah dari Detik Travel

Pegiat timeline. Bisa ditemui dalam akun @ervinalutfi di Twitter dan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ISIGOOD.com Mengisi Diri Dengan Kebaikan