[ISIGOOD.COM] Kasus penuaan dini pada kulit, selain disebabkan faktor keturunan, juga seringkali diakibatkan faktor eksternal, seperti gaya hidup sehari-hari yang kamu lakukan. Kamu tidak mau kan terlihat “tua” karena kebiasaan yang mengakibatkan penuaan dini pada kulitmu?

Apa saja kebiasaan yang tak bersahabat dengan kulitmu? Berikut adalah 7 kebiasaan yang membuat kulitmu mengalami penuaan dini:

1. Asap rokok

Asap rokok meningkatkan resiko kerutan (chimpungdilaga.net)

Penelitian menunjukkan bahwa paparan asap rokok meningkatkan risiko kerutan dan kulit kering. Hal ini dikarenakan zat kimia dalam asap rokok membuat tubuhmu mengalami penurunan penyerapan vitamin C. Vitamin C adalah kunci untuk membuat kulitmu tetap kencang dan lembab.

2. Paparan sinar matahari

Sinar matahari yang berlebihan menimbulkan flek kulit (iphotoku.info)

Paparan sinar matahari berlebihan tak baik bagi kulitmu. Ia dapat menimbulkan flek-flek coklat hingga kehitaman. Paparan sinar matahari pada kulit yang tidak terproteksi juga membuat kulit kering, berkerut, dan terlihat kendur. Selain itu, bahaya lain seperti kanker kulit juga mengintaimu.

Jika kamu ingin menghindari efek paparan sinar matahari, jangan lupa untuk memakai tabir surya yang melindungi kulit dari sinar UVA and UVB. Pilihlah minimal tabir surya dengan SPF 15 atau lebih tinggi.

Penuaan dini ditunjukkan dengan kulit yang mengendur, berkerut, dan terdapat flek hitam/coklat pada usia relatif muda (bodyagain.com)

3. Kurang olahraga

Olahraga menjaga kesehatan (dewisetiawatikwee.info)

Jangan remehkan efek olahraga buat kesehatan kulitmu. Olahraga bisa mengencangkan otot dan menyebabkan lancarnya peredaran darah. Hasilnya adalah, kulit yang terlihat lebih kencang dan tentunya kamu akan tampak lebih muda.

4. Paparan udara dingin

Udara dingin di pagi hari (hariyangbermanfaat.info)

Cuaca atau hembusan angin yang dingin berkontribusi dalam penuaan kulitmu. Paparan angin dingin bisa membuat kulit kering dan berkerut. Karena itu, jangan pernah lupa untuk memakai pelembab wajah saat kamu berpergian di tengah udara dingin.

Tidak hanya di luar ruangan, kamu yang sehari-harinya biasa berada di ruang ber-AC juga harus memakai pelembab untuk mencegah kulit kering dan kerutan.

5. Minuman beralkohol

Konsumsi alkohol dapat menyebabkan pelebaran pembuluh darah dan mempercepat aliran darah di permukaan kulit. Lama-kelamaan, pembuluh darah dapat rusak permanen, yang menimbulkan bercak –bercak merah di kulitmu.

Artis Hollywood, Lindsay Lohan, mengalami penuaan dini karena gaya hidupnya yang tak sehat, seperti kecanduan alkohol, stres, dan begadang karena pesta semalam suntuk (answcdn.com)

6. Stress

Stress membuatmu terlihat lebih cepat tua (progressivedemocratsmfnb.net)

Pernah dengar ucapan: Jangan cemberut lho, ntar cepet tua. Ungkapan itu benar adanya karena stress dan perasaan gelisah menyebabkan mimik muka cemberut, yang lama kelamaan membuat otot di mukamu mengikuti ekspresi muka cemberut. Otot wajahmu bisa kendur karena kebiasaan cemberut.

Kedengarannya konyol ya, tetapi hal ini memang benar adanya. Banyaklah tersenyum dan lakukan program seperti yoga, atur pernafasan, atau meditasi yang dapat menenangkan pikiran. Kamu pun akan terlihat lebih muda jika mimik wajahmu selalu terlihat bahagia.

7. Kurang tidur

Akibat kurang tidur (share-ya.net)

Kurang tidur dapat membuat kamu terlihat lelah dengan wajah yang kuyu. Selain itu, kurang tidur juga menunjukkan efek di wajahmu, yakni kantung mata mengendur dan menghitam, serta membuat kulitmu kendur. Karenanya, untuk menjaga kekencangan kulit wajah, usahakan untuk punya jam tidur yang cukup dan teratur. Pada orang dewasa, tidur yang cukup berkisar 8-9 jam per hari.

Penuaan kulit memang tak dapat mutlak dihindari. Tetapi, kamu bisa mengusahakan gaya hidup sehat untuk memperlambat proses penuaan. Yang terpenting adalah, wajah yang tampak muda bisa kamu dapatkan dengan memiliki pikiran positif, gaya hidup sehat, dan jangan lupa perbanyak senyum.

 

Sumber seniorliving.about.com

Mahasiswi selo Sastra Inggris UGM. Sedang belajar bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *