[ISIGOOD.COM] Jika Kamu sempat berkunjung ke Leipzig, Jerman, Kamu akan menemukan restoran Indonesia yang cukup otentik dan menjadi favorit warga Jerman. Berawal dari keinginan untuk mengenalkan semua hal tentang Indonesia kepada warga Leipzig, Hani, mendirikan restoran MAKANAN.

Wanita asal Banyuwangi keturunan Bali ini memulai dari bisnis katering masakan Indonesia.  Kemudian seiring dengan berjalannya waktu, dia beralih mendirikan restoran kecil sejenis warteg. Karena antusiasme warga Leipzig yang luar biasa terhadap makanan dan budaya Indonesia, Ia memantapkan niat untuk membuka restoran Indonesia yang benar-benar asli Indonesia.

Niat ini ditekuni Hani, dengan memulai mencari dan mengumpulkan tim dari orang-orang Indonesia yang tinggal di Leipzig, berseni tinggi dan berkompeten dalam hal pariwisata serta kuliner nusantara.

Sejak setahun lalu, restoran ini dibangun. Hani mendatangkan langsung bahan-bahan asli dari Indonesia untuk menjaga keaslian dan suasana restoran. Pekerjaan yang tidak mudah, diaspora ini menyelesaikan pembangunan dalam waktu 5 bulan bahu-membahu bersama timnya.

Makanan – Indonesian – Riebeckstr. 20 – Leipzig, Sachsen, Germany (yelp.com)

Selain makanan khas, salah satu targetnya adalah mengenalkan pariwisata serta budaya Indonesia dengan berbagai dekorasi interior restoran dengan mengusung tema dan nuansa dari Jawa, Bali, Sumatera.

Beberapa bagian dinding juga terlihat dihiasi wayang kulit, serta di ruang khusus suasana bali lengkap lukisan penari bali dan hiasan topeng rkamu dan leak.

Untuk menambah kesan Indonesia, Hani bersama tim nya menyertakan alunan musik latar gamelan sunda serta aromaterapi tropis khas Indonesia. Tak lupa juga ruangan ala lesehan tersedia disini. Terasa Indonesia sekali!

Untuk menampung antusiasme warga Leipzig, restoran ini menyediakan beberapa masakan eksotis khas nusantara. Salah satu yang spesial adalah Pencok Gurame, Tuna Bumbu Bali.

Chef Rivan, ketika ditanya makanan apa yang paling banyak peminatnya adalah Opor Ayam, Rendang, serta Daging Balado. Dan yang paling penting, semua bahan didatangkan langsung dari Indonesia.

Bagi warga Indonesia yang rindu akan makanan rumah, tersedia pula kudapan seperti Tempe Mendoan, Bubur Kacang Hijau, Pisang Goreng, hingga Indomie spesial. Agar pengunjung tidak bosan, setiap bulan restoran ini mengganti pilihan menu dan setiap dua minggu sekali, mengganti pilihan nasi.

Nasi putih, nasi kuning, nasi uduk, dan yang lagi nge-trend nasi merah. Dan setiap akhir pekan mereka mengadakan buffet all-you-can-eat dengan pilihan menu yang berbeda setiap minggunya. Untuk diketahui, Chef Rivan membeberkan kalau buffet mingguan ini menyertakan kain tenun khas Sumatera sebagai hiasan.

Restoran ini termasuk salah satu restoran Indonesia yang paling memiliki niat yang tinggi untuk mengenalkan makanan serta budaya Indonesia kepada masyarakat Internasional, khususnya warga Jerman. .

Sumber: goodnewsfromindonesia.org

Pernah bikin Puisi. Sangat tertarik pada lawan jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *