[ISIGOOD.COM] Kita semua pasti cukup akrab dengan kebiasaan ini. Menunda-nunda pekerjaan seringkali sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari. Padahal kita tahu menunda-nunda pekerjaan justru membuat pekerjaan kita semakin menumpuk. Kalau sudah mulai sadar bahwa kita telah menunda banyak pekerjaan, baru deh mulai panik karena kerjaan numpuk dan deadline-nya sudah semakin dekat. Waduh… kalau kebiasaan seperti ini dipelihara, bisa bahaya buat diri kita sendiri. Gimana ya caranya mengurangi kebiasaan buruk ini? Berikut ini ada tips-tips dari situs www.gogirlmagz.com yang bisa kita terapkan untuk mengurangi kebiasaan menunda pekerjaan.

1. Mencicil Pekerjaan

Pecahlah pekerjaanmu menjadi kecil sehingga kamu lebih mudah mengerjakannya (c1.staticflickr.com)

Alasan umum mengapa kita suka menunda-nunda pekerjaan adalah karena pekerjaan itu terlalu sulit atau terlalu banyak buat kita. Nah, supaya nggak kesulitan mengerjakan, coba deh pecah pekerjaan itu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil. Misalnya, kita punya tugas bikin karya tulis, buatlah langkah-langkah kecil (1) Tentukan topik, (2) Riset, (3) Bikin outline/subjudul, (4) Bikin draft content, (5) Revisi, dan seterusnya sampai pekerjaan itu teratur dengan baik. Bila perlu, bikin jadwal sekalian untuk setiap bagian-bagian kecil tersebut. Dijamin kamu bakalan lebih mudah mengerjakannya.

2. Buat jadwal

Bikin jadwal supaya lebih teratur 2.bp.blogspot.com)

Setelah berhasil memecah pekerjaan kita menjadi bagian yang lebih kecil, saatnya membuat jadwal! Logikanya, kalau kita sudah menentukan hari ini mau ngapain aja dan lengkap dengan waktunya, kita jadi lebih terarah dalam mengerjakan tugas tersebut. Selain itu, kita jadi lebih nggak gampang terditraksi oleh hal-hal lain. Hal yang harus dihindari adalah melakukan semua pekerjaan dalam satu waktu. Itu akan membuat kita jadi nggak fokus dan nggak enjoy dalam mengerjakannya.

3. Hindarkan hal-hal yang bisa mengalihkan fokus kita

Hindarkan hal-hal yang bisa memecah fokus kita (i.huffpost.com)

Sepertinya seringkali terjadi ya; kita sedang mengerjakan tugas lalu ada notifikasi di HP yang membuat kita jadi terdistraksi. Harusnya ngerjain dua jam, bisa jadi tiga jam gara-gara keditraksi sama HP. Supaya nggak keditraksi, caranya adalah berkomitmen terhadap diri sendiri untuk menghindarkan hal-hal yang dapat mendistraksi pekerjaan kita. Misalnya, mengatur setting HP menjadi silent supaya kita nggak terganggu saat lagi ngerjain tugas.

4. Mengondisikan tempat kita ngerjain tugas

Tempat yang berantakan bikin nggak nyaman ngerjain tugas (www.startyourbusinessmag.com)

Lingkungan yang berantakan bikin nggak nyaman kan? Sebelum memulai mengerjakan tugas atau pekerjaan, coba deh rapiin sebentar meja belajar kamu supaya lebih enak ngerjainnya. Boleh juga ditambah pengharum ruangan supaya mood kamu jadi enak juga. Putar musik-musik favorit juga bisa ningkatin mood kita pas ngerjain tugas. Selain itu, kalau misal kamu lebih suka ngerjain tugas di luar, kamu bisa ke coffee shop yang cozy supaya bisa lebih semangat ngerjainnya.

5. Jangan dibikin ribet

Lakukan aja, nggak usah dibikin ribet (www.adweek.com)

Terakhir, mungkin kita sering nunggu momen yang tepat untuk ngerjain tugas. Mungkin juga kita merasa bahan untuk ngerjain tugas belum lengkap, trus jadi males ngerjain. Itu adalah alasan-alasan yang menunjukkan bahwa kamu terlalu perfeksionis. Nggak perlu nunggu semuanya jadi sempurna kok untuk ngerjain sesuatu. Just do it! Biasanya saat kamu mengerjakan, ide-ide akan bermunculan dengan sendirinya.

Selamat mencoba! 🙂

Santai aja ya bacanya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *