[ISIGOOD.COM] Kegiatan membersihkan badan adalah hal wajib dilakukan setelah beraktivitas seharian penuh. Hal ini dikarenakan banyaknya polusi dan partikel bebas yang bertebaran dan menempel di tubuh, sehingga rutinitas mandi dipandang sangat utama dalam menjaga kesehatan. Mandi ternyata tidak hanya berfungsi menjadi rutinitas membersihkan diri saja. Penelitian membuktikan bahwa mandi juga bermanfaat untuk membuat tubuh lebih santai.

Penelitian dari jurnal Complementary Therapies in Medicine menemukan bahwa berendam dalam air hangat setiap hari selama 8 minggu lebih efektif meredakan kecemasan dibandingkan dengan mengonsumsi obat-obatan.

Lebih dari itu, mandi juga mempunyai manfaat lainnya bagi tubuh, termasuk untuk mencegah beberapa penyakit. Dikutip dari Prevention, berikut beberapa manfaat mandi yang bisa Anda dapatkan:

Mengobati Psoriasis

(healthyohealthy.com)

(healthyohealthy.com)

Mandi air hangat dengan beberapa sendok makan minyak zaitun atau minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit gatal dan bersisik yang disebabkan oleh psoriasis.

“Minyak bertindak sebagai pelembab, membantu menghilangkan sisik dan membuat kulit Anda tahan terhadap infeksi,” jelas Abby Jacobson, anggota dewan medis dari Yayasan Psoriasis Nasional.

Namun, jangan terlalu lama berendam. Waktu berendam tidak boleh dari 10 menit untuk menghindari kulit kering, meski berendamnya dalam air yang bercampur minyak.

Gunakan kain lembut untuk mengusap tubuh, dan jangan menggosoknya dengan bahan-bahan yang kasar karena akan membuat kulit lebih meradang. Setelah berendam, gunakan krim pelembab untuk menjaga kelembapan kulit.

Mengakali kulit kering di musim dingin

(allnaturebeauty.com)

(allnaturebeauty.com)

Musim dingin biasanya membuat kulit menjadi lebih kering. Untuk menghindarinya, masukkan gandum utuh ke dalam kaus kaki kering. Tutup ujung kaos kaki dengan karet gelang.

Kemudian masukkan kaos kaki tersebut ke bak berisi air hangat. Berendamlah selama 15-20 menit. Senyawa avenanthramides dalam gandum itu ternyata tidak hanya bisa menyembuhkan kulit yang meradang atau gatal, tapi juga bisa mencegah kulit kering.

Membuat tidur lebih nyenyak

(menhealthy.co.uk)

(menhealthy.co.uk)

Mandi air hangat sebelum tidur bisa membuat tidur lebih nyenyak. Air hangat meningkatkan suhu tubuh dan selimut yang dingin menurunkannya secara bertahap. Saat itu tubuh melepaskan hormon melatonin yang membuat tubuh mengantuk.

Meningkatkan kerja otak

(tnooz.com)

(tnooz.com)

Menurut jurnal Alternative and Complementary Therapies, menambahkan minyak esensial pada air mandi Anda berfungsi untuk mempertajam memori, dan mengurangi stres.

Menangkal pilek

(forbes.com)

(forbes.com)

Mandi air hangat dapat mengobati saluran hidung yang tersumbat dan menghilangkan nyeri tubuh. Mandi air hangat juga dapat melepaskan hormon endorfin di otak yang dapat menghilangkan rasa sakit pada tubuh.

Pada akhirnya mandi tidak hanya menjadi persoalan kebiasaan membersihkan tubuh saja. Namun juga menjadi salah satu penangkal dari berbagai gangguan kesehatan.

Sumber: cnnindonesia.com

Pernah bikin Puisi. Sangat tertarik pada lawan jenis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *