[ISIGOOD.COM] Minggu (15/11) bertempat Auditorium G-100 Fakultas Psikologi UGM, Badan Penerbitan Pers Mahasiswa (BPPM) Psikomedia menyelenggarakan talkshow bertajuk “Sikolastik”. Pada tahun ini, Sikolastik dihelat bertepatan dengan launching majalah Psikomedia yang terbit setiap tahun sekali. Mengangkat tema “Psikologi Seksualitas”, dalam acara ini, penulis novel Clara Ng dan Prof. Dr. Koentjoro, MBSc., Ph.D, dosen Fakultas Psikologi UGM, hadir sebagai pembicara.

Dalam acara tersebut, Clara Regina Juana atau lebih dikenal dengan nama Clara Ng mengulas perihal seksualitas dari segi tulisan. Ia juga menceritakan tentang bagaimana membentuk karakter tokoh dalam sebuah tulisan. Seperti yang sudah diketahui, Clara Ng merupakan seorang novelis yang kerap mengangkat tema percintaan dan seksualitas ke dalam karya-karyanya. Sebut saja novel Tujuh Musim Setahun yang bercerita tentang masing-masing tokoh perempuannya dalam mengedepankan sejumlah kontradiksi yang mengisyaratkan sebuah perlawanan dari sebuah sistem yang sudah mapan. Dalam novel tersebut, Clara Ng mengisahkan perilaku seksual dari tokoh-tokoh perempuan yang berusaha menentang budaya patrialki.

Adapun sisi psikologi dari seksualitas dibahas lebih jauh oleh Koentjoro. Dalam acara tersebut, dosen Fakultas Psikologi yang juga anggota Asosiasi Seksologi Indonesia itu membahas ihwal perilaku seksual dalam kehidupan manusia sehari-hari. Bahasan itu sejalan dengan tema umum yang diulas dalam majalah Psikomedia yang juga dirilis bersamaan dengan talkshow ini.

Melalui Sikolastik, BPPM Psikomedia ingin mengajak masyarakat umum untuk lebih berkonsentrasi dan tanggap terhadap isu seksualitas. Selama ini, pembicaraan perihal seksualitas masih dianggap sebagai hal yang tabu. Oleh karenanya, dengan mengangkat tema ini, BPPM Psikomedia berharap masyarakat lebih memahami seksualitas baik dari segi psikologi maupun jurnalisme.

Pegiat timeline. Bisa ditemui dalam akun @ervinalutfi di Twitter dan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *