[ISIGOOD.COM] Ada berbagai macam alasan mengapa hubungan percintaan harus kandas di tengah jalan. Ada yang setelah putus benar-benar tidak mau berkomunikasi lagi dengan mantan. Ada yang masih mau menjalin komunikasi dengan mantan. Ya, memang benar sih, memutuskan hubungan silaturahmi itu tidak baik. Putus hubungan pacaran bukan berarti putus hubungan silaturahmi. Ketika sang mantan mulai menghubungimu kembali untuk ngajak balikan dan kamu enggan, inilah cara-cara yang bisa kamu terapkan untuk menolak mantan. Supaya dia tidak terlalu sakit hati terapkan trik-trik berikut ini.

1. Jawab sms/chat darinya seperlunya

Jawab seperlunya saja (www.boundless.org)

Ada-ada saja cara sang mantan untuk menghubungi kita. Cara yang paling mudah sih sms atau chat. Kadang dia menghubungi dengan alasan tertentu padahal sebenarnya ada modus dibalik itu, yaitu balikan sama kamu. Dia mulai PDKT lagi dengan cara menghubungimu lagi untuk sekadar ngobrol ringan. Setelah ngobrol ringan, si dia mulai ngasih kode untuk mengarah “ke sana”. Waduh, sebaiknya kamu balas seadanya saja. Bila perlu, sms/chatnya tidak langsung kamu balas. Ini adalah trik paling umum untuk menolak seseorang—sengaja tidak langsung membalas sms/chat dengan alasan yang ada-ada saja.

2. Kalau tak sengaja bertemu, ngobrol seperlunya aja

Kalau tak sengaja ketemu, ngobrol seperlunya aja (i.huffpost.com)

Ya, kadang mantan yang benar-benar pengen balikan, dia bisa melakukan apa saja demi bisa bertemu denganmu. Dia ternyata masih ingat di mana biasanya kamu nongkrong. Lalu dengan sengaja dia mendatangi tempatmu nongkrong supaya bisa ketemu sama kamu. Yang bisa kamu lakukan adalah ngobrol seperlunya saja. Kalau dia masih terus-terusan ngajak ngobrol kamu, bilang aja kamu harus pulang secepatnya karena ada urusan.

3. Katakan yang sejujurnya

Katakan yang sebenarnya (blogs-images.forbes.com)

Jika dia masih juga belum mengerti dengan kode yang kamu berikan, katakan saja yang sejujurnya. Tapi yang perlu diingat adalah cara mengatakannya harus tegas tetapi tidak mengandung kata-kata menyakitkan. Bilang saja kamu memang sudah tidak ada perasaan apa-apa lagi kepadanya. Yakinkan kepadanya bahwa jalan yang terbaik adalah kalian berteman saja. Toh di luar sana masih ada banyak manusia yang ingin berhubungan denganmu dan dengannya. Bicarakanlah baik-baik. Katakan bahwa balikan bukanlah satu-satunya solusi untuk memperbaiki hubungan.

4. Tunjukkan bahwa kamu sudah move on

Tunjukkan bahwa kamu sudah move on (thebucketlistlife.com)

Salah satu trik paling manjur untuk menolak mantan adalah dengan menunjukkan bahwa kamu sudah move on! Bagaimana cara menunjukkannya? Gampang. Ini kan era teknologi informasi. Media sosial adalah cara yang paling ampuh untuk mengatakan bahwa kamu sudah move on dengan mantanmu secara tidak langsung. Sering update di path bahwa kamu sedang bersama “yang lain” atau pasang foto profil kamu sedang bersama yang lain. Dengan melakukan langkah ini, dijamin dia akan mundur perlahan.

5. Yakinkan bahwa kamu menolak balikan bukan berarti dia orang yang tidak baik

Bicarakan baik-baik bahwa menolaknya bukan berarti dia tidak baik (www.colleenarnold.com)

Persoalan baik dan buruk terkadang memang relatif. Baik untuk si X belum tentu baik untuk si Y. Begitu juga denganmu dan mantanmu. Meskipun mantanmu adalah orang yang amat sangat baik, belum tentu dia baik untukmu. Ini sebenarnya adalah persoalan kecocokan. Meski kalian berdua sama-sama orang baik, belum tentu kalian cocok. Hal semacam ini sering terjadi. Yakinkan padanya bahwa menolak balikan bukan berarti dia adalah orang yang buruk. Di luar sana masih ada banyak sekali orang baik yang mungkin akan jauh lebih cocok berpasangan dengan si mantan.

 Bagaimana? Sudah tercerahkan? 🙂

Santai aja ya bacanya :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *