[ISIGOOD.COM] Gak ada satu orang pun yang gak pernah bohong. Entah itu berbohong untuk hal kecil, berbohong atas alasan demi kebaikan, berbohong dengan tidak sengaja, bohong karena hobi atau berbohong dalam taraf merugikan. Apapun alasannya, orang pasti pernah bohong. Begitu juga dengan saya dan kamu. Ngakulah bahwa kita juga pernah, bahkan sering bohong.

Meskipun demikian, gak ada dari kita yang mau dibohongin. Kita pelaku kebohongan dalam satu sisi, tapi tidak mau dibohongin orang di sisi lain. Kita juga ilfil dengan orang yang sering ketahuan berbohong. Ini aneh, tapi alamiah. Saat kita bohong, kita tidak sadar bahwa kita sedang melakukan sebuah kesalahan. Tapi saat dibohongin, kita sadar penuh bahwa mereka yang berbohong telah melakukan kejahatan, bahkan ada yang sampai sangat menyakitkan. Kebohongan antara sepasang kekasih misalnya. Pasti berujung isak tangisan.

Nah, karena tidak ada satu pun orang yang mau dibohongin, maka kita semua wajib tahu, apasih tanda alamiah yang ditampakkan orang yang sedang berbohong. Apa saja?

Pandang matanya, jika sepasang bola matanya tidak fokus ketika berbicara, dia sedang berbohong

Pandang matanya (wehaiyo.com)

Ini biasanya ditampilkan di banyak film yang menggambarkan seseorang sedang membuat kebohongan. Yaitu berupa gerakan bola mata yang tidak fokus. Bisa jadi bola matanya bergerak kemana-mana saat berbicara, tiba-tiba sering berkedip, atau tidak berani menatap balik lawan bicaranya. Jadi, cara pertama untuk mengetahui seseorang berbohong atau tidak, perhatikan matanya. Fokuslah untuk menatap matanya dengan mantap. Kemudian lihat, jika dia bisa tenang dengan tatapan kita, berani menatap kita dan meneruskan penjelasannya dengan lancar, berarti dia sedang berkata jujur.

 

Perhatikan kata-katanya, apa dia terlihat kebingungan dan mengatakan hal yang tidak terlalu penting secara berulang?

Perhatikan kata-katanya (turnerprofessionalgroup.net)

Orang yang jujur, biasanya mengatakan hal secara empirik. Artinya, dia tahu betul dan benar-benar mengalami apa yang sedang dia ceritakan. Maka dia akan bisa berbicara dengan lancar. Sebaliknya, orang yang sedang berbohong, biasanya dia bingung dengan apa yang dia katakan sendiri. Tidak bisa berbicara secara lancar dan runtut. Berbicara muter-muter tidak  to the point. Saking bingungnya, dia sering mengulang kalimat-kalimat yang sebenarnya tidak terlalu penting.

 

 

Lihat gerak tubuhnya, orang yang berbohong biasanya memberikan gerak tubuh berlebihan

Perhatikan gerak tubuh (parenttech.org)

Gerak tubuh saat berbicara memang tidak lepas dari gaya dan pembawaan yang sudah otomatis kita lakukan. Tapi, ketika seseorang melakukan gerak tubuh yang jauh berlebihan daripada biasanya, kita patut curiga. Tangannya kemana-mana misalnya. Kemungkinannya ada beberapa, bisa jadi itu untuk menutupi kenyataan bahwa dia tidak terlalu paham apa yang sedang dibicarakan. Atau, dia sedang membicarakan hal yang belum tentu kebenarannya, alias berbohong. Gerak tubuh yang berlebihan dimaksudkan untuk menggeser perhatian lawan bicara supaya tidak terlalu fokus dengan isinya. Karena jika orang fokus dengan isi yang dia bicarakan, bisa jadi mereka akan menangkap kebohongan yang sedang dia buat.

 

 

Sentuh telapak tangannya, barangkali kamu temukan telapak tangannya berkeringat

Sentuh tangannya (old-fashionedcharm.net)

Tahu gak apa hubungan antara telapak tangan berkeringat dengan berbohong? Begini kira-kira penjelasannya. Saat kita berbohong, apalagi jika itu adalah kebohongan yang tidak sepele, saat itu detak jantung kita berdetak lebih cepat dari biasanya. Itulah sebabnya mengapa lie detector di kepolisian biasanya melakukan investigasi terhadap detak jantung. Padahal, jika detak jantung berdetak lebih cepat, suhu tubuh akan meningkat karena tekanan darah naik. Nah, bagaimana tubuh merespon kenaikan suhu tubuh tersebut? Yap, dengan berkeringat. Keringat yang keluar dapat mendinginkan suhu tubuh yang panas. Sedangkan jelas, salah satu bagian tubuh yang gampang berkeringat adalah telapak tangan. That’s why, salah satu cara deteksi orang berbohong adalah dengan melihat apakah dia mengeluarkan banyak keringat secara-tiba. (Ehem, ngerasa penjelasannya keren-keren gimana gitu).

 

Lirik gerak-geriknya, dia sedang berbohong jika tingkahnya mendadak aneh, bahkan konyol

Lirik gerak-gerik (fuckdatinglive.net)

Sebagai orang yang mengenalnya cukup dekat, kamu tentu sudah hafal bagaimana sikap dia yang wajar. Oleh karenanya, cara gampang untuk melihat apakah dia sedang berbohong atau tidak adalah dengan memperhatikan gerak-geriknya. Apakah dia memperlihatkan keanehan? Misalnya dia menggetar-getarkan kakinya, menundukkan kepala, mengusap dahi atau kejanggalan-kejanggalan lainnya. Jelilah melihatnya. Karena kejanggalan itu adalah untuk menutupi rasa gugup karena sedang berkata bohong. Apalagi jika dia berbohong untuk hal yang sangat tidak sepele.

 

 

Pancing terus dengan banyak bertanya tentang yang dia bicarakan dan lihat, seberapa detail dia bisa memberikan penjelasan tanpa kebingungan mikir cari jawaban

Lihat tingkah laku (deborahdegraaf.net)

Namanya bohong, berarti apa yang dikatakan adalah hasil karangan. Kalau hasil karangan, dia tidak akan bisa menjelaskan banyak hal dengan detail. Maka kalau kamu curiga dia sedang berbohong, jangan biarkan kecurigaanmu tersebut menjadi kecurigaan tak berdasar. Cobalah pancing dia untuk bercerita lebih detail. Jika dia terlihat mikir-mikir mencari jawaban, atau bahkan mengelak, hm mungkin kamu sedang jadi korban kebohongannya.

Wanita yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi seorang wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *