[ISIGOOD.COM] Setapak demi setapak Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM semakin menunjukkan eksistensinya di dunia pendidikan. Setelah sebelumnya masuk sebagai salah satu jurusan di Sekolah Vokasi UGM dengan passing grade tertinggi, kini Departemen Teknik Sipil UGM mulai menancapkan prestasi di tingkat internasional. Belum lama ini, Departemen Teknik Sipil UGM mengirimkan mahasiswa dan dosennya untuk mengikuti event internasional. Tidak hanya ikut serta, tapi juga mencatat prestasi membanggakan! Beruntungnya tim IsiGood berhasil menemui pihak-pihak terkait untuk menanyakan perihal kabar gembira tersebut.

Lalu, apa saja sih prestasi tingkat internasional yang berhasil disabet DepartemenTeknik Sipil UGM baru-baru ini?

Griselda, sang Juara di Universiti Teknologi Mara (UiTM) Malaysia

Griselda, sang Juara di acara Internal Simposium on Technology for Sustain Ability di Universiti Teknologi Mara, Malaysia

Griselda, sang Juara di acara Internal Simposium on Technology for Sustain Ability di Universiti Teknologi Mara, Malaysia

IsiGood berkesempatan bertemu dengan seorang gadis cantik telah menyabet gelar juara di acara Internal Simposium on Technology for Sustain Ability di Universiti Teknologi Mara, Malaysia. Dia adalah Griselda Junian Velantika, mahasiswa semester 5 Departemen Teknik Sipil asal Situbondo Jawa Timur.

Acara tersebut berlangsung pada tanggal 2 hingga 6 Agustus 2015. Untuk mengikuti acara ini, perjuangan Griselda tidak mudah. Gadis ini harus melakukan penelitian mendalam terlebih dahulu yang kemudian hasilnya ditulis dalam bentuk jurnal. Jurnal penelitian tersebut kemudian dikirim ke Malaysia. Hanya jurnal terpilih saja yang kemudian diundang untuk dipresentasikan di Malaysia.

Akhirnya jurnal yang dihasilkan Griselda masuk sebagai salah satu jurnal terpilih yang harus dipresentasikan dalam bentuk poster. Penelitian Griselda terkait Beton Ringan yang dipresentasikan melalui poster diumumkan sebagai Best Poster 2015. Keren!

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Griselda meraih prestasi. Pada bulan Maret lalu,  ia juga meraih juara dua dalam kegiatan de Village yang diselenggarakan di kampus ITS, Surabaya. Gadis ini juga beberapa kali ikut event internasional seperti di Cina, Malaysia dan berangkat ke Jepang bulan Oktober mendatang.  Inspiratif sekali!

Kerja sama dalam bentuk student exchange dengan Akashi National College of Technology Jepang

Matsuda Yuya dan Risa Sakamoto  dari Akashi National College of Technology Jepang

Matsuda Yuya dan Risa Sakamoto dari Akashi National College of Technology Jepang

Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi UGM juga menjalin kerjasama yang sangat erat dengan Akashi National College of Technology. Kerja sama yang terjalin adalah dalam bentuk student exchange. Beberapa mahasiswa Jepang akan mengikuti kegiatan kuliah di Departemen Teknik Sipil selama satu bulan. Dilanjutkan dengan pengiriman beberapa mahasiswa Departemen Teknik Sipil ke Jepang selama satu bulan juga.

Mahasiswa Jepang yang saat ini sedang mengikuti kegiatan perkuliahan di Departemen Teknik Sipil UGM adalah Risa Sakamoto dan Matsuda Yuya. Mereka akan berada di UGM selama bulan September ini. Saat ditemui oleh IsiGood (15/09/2015) lalu, mereka mengaku sangat menikmati hari-hari belajar di UGM karena bertemu dengan dosen yang sangat ramah dan profesional di kampus Departemen Teknik Sipil UGM. Hanya saja dibutuhkan effort untuk menyesuaikan jam belajar yang ternyata jauh lebih panjang daripada di Jepang.

Bulan Oktober nanti, Risa dan Matsuda akan kembali ke Jepang bersama beberapa mahasiswa Departemen Teknik Sipil UGM yang terpilih. Mahasiswa tersebut antara lain Griselda Junian Velantika, Ana Marlina dan Ayu Fatimah Fatimah. Selama di Jepang, mereka akan melakukan penelitian dan sejumlah kegiatan belajar menarik. Wah, selamat ke Jepang ya kakak-kakak. Harumkanlah nama baik Departemen Teknik Sipil UGM ke negeri sakura!

Mahasiswa D3 Teknik Sipil yang akan berangkat ke Jepang bulan Oktober yang akan datang

Mahasiswa Departemen Teknik Sipil yang akan berangkat ke Jepang bulan Oktober yang akan datang (Ana Marlina dan Griselda)

Keikutsertaan dosen di ajang bergengsi the 11th International Conference of Eastern Asia Society for Transportation Studies di Filipina

pujs

Dosen Departemen Teknik Sipil mengikuti acara the 11th International Conference of Eastern Asia Society for Transportation Studies di Filipina

Satu lagi bukti bahwa Departemen Teknik Sipil UGM telah go internasional yaitu dengan terlibatnya beberapa dosen dalam acara the 11th International Conference of Eastern Asia Society for Transportation Studies di Filipina tanggal 11-14 September 2015. Dosen yang diberangkatkan adalah Suwardo, Ph. D dan Sursyamsu Hidayat, Ph. D. Diharapkan, melalui ikut serta dalam acara ini akan bisa meningkatkan networking antara Indonesia dengan lembaga pendidikan taraf internasional serta mampu memantapkan kualitas SDM, khususnya pengajar di lingkup Departemen Teknik Sipil UGM.

Itulah bukti bahwa Departemen Teknik Sipil UGM memang semakin go international. Semua pencapaian ini tentu tidak mungkin diraih tanpa dukungan besar dari seluruh anggota civitas akademia di UGM. Well, IsiGood berharap semoga pencapaian tersebut dapat membawa Departemen Teknik Sipil UGM semakin mampu menjawab tantangan global.

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

2 Comments

  1. Fardhan

    Koreksi Ana marlina D4 teknik pengelolaan dan pemeliharaan infrastruktur sipil.. Alangkah lebih baik jika D3 dalam artikel ini di ubah ke departemen teknik sipil SV

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *