[ISIGOOD.COM] Perempuan memang cenderung lebih larut dalam kesedihan setelah putus cinta. Saat putus cinta, wanita serasa jatuh ke lubang kesedihan terdalam dan mulai menyiksa diri dengan tidak mau melakukan hal-hal penting. Gak mau makan, mandi, belajar, gak mau keluar rumah. Yah, banyak hal yang dilakukan untuk menyiksa diri. Tapi tahukah kamu, meskipun wanita lebih sedih saat putus, laki-laki butuh waktu yang lebih lama untuk kembali baik-baik saja ketimbang wanita. Bahkan ada laki-laki yang tidak bisa benar-benar melupakan kesakitan itu sampai kapanpun. Wah, masa sih?

Ini berangkat dari hasil penelitian sejumlah peneliti yang menemukan bahwa laki-laki lebih lama menanggung kesepian dan sakit hati setelah putus dibandingkan wanita.  Bahkan laki-laki butuh usaha yang luar biasa untuk kembali siap memulai cinta baru.

Tentang patah hati (wac.450f.edgecastcdn.net)

Penelitian ini melibatkan 5.705 partisipan yang tersebar di 96 negara dan dilakukan oleh Craig Morris, peneliti dari Bringhamton University. Disebutkan bahwa perempuan memang sangat sedih setiap kali putus cinta. Tapi lebih cepat untuk siap menerima hubungan baru dengan lelaki baru yang lain.

Gimana, kamu meyakininya? Penelitian ini dilakukan oleh manusia, tidak ada manusia yang sempurna.

Pernahkah kamu merasakan sakitnya patah hati? (orig00.deviantart.net)

Tidak ada kesempurnaan untuk setiap hal yang dilakukan manusia. Begitu juga dengan penelitian ini. Jadi salah jika kita gunakan penelitian untuk claim bahwa perempuan lebih unggul dibanding laki-laki. Atau laki-laki jauh lebih lemah dibandingkan perempuan. Toh, cepet move on itu sama sekali bukan prestasi kok.

 

Cepat move on bukan prestasi, sendiri setelah putus juga bukan hal yang memalukan

Wanita yang sedang patah hati (www.eligiblemagazine.com)

Ini adalah perkara hati. Semua orang punya cara sendiri untuk menyembuhkan luka hati setelah putus cinta. Ada yang memilih untuk segera menutup luka dengan membuka lembaran baru dengan orang lain. Ada juga yang memilih untuk fokus pada hal-hal positif yang bisa dilakukan sendiri. Toh, kita gak akan di cap hebat hanya karena cepat move on dari mantan.

 

Semua tergantung dari cara kita mengartikan cinta

Laki-laki pun bisa patah hati (s3.amazonaws.com)

Ada yang mengartikan cinta hanya dari ketertarikan fisik, ketertarikan materi, keterpautan hati atau ketiganya. Tentu perbedaan cara orang dalam melihat cinta berkonsekuensi pada waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan cinta baru. Jadi, kalau setelah putus kita masih menyendiri lama, bukan berarti kita tidak laku. Mungkin kita hanya perlu waktu untuk lebih selektif agar tidak tercebur lagi dalam cinta yang salah. Kalau kita masih teringat dengan mantan untuk waktu yang lama, bukan berarti juga kita lemah. Mungkin kita memang tipe orang yang mencintai orang secara dalam.  Sekali lagi, semuanya tergantung dari cara orang dalam mengartikan cinta.

Wanita yang sedang belajar tentang bagaimana menjadi seorang wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *