Oleh: Made Andi (www.madeandi.com)

[ISIGOOD.COM] Kini masanya Mahasiswa Baru masuk kampus. Bagaimana Mahasiswa Senior sebaiknya bersikap terhadap adik-adik barunya tersebut? Ayo kita simak bagaimana sebaiknya agar sama-sama baik.

  1. Mahasiswa Senior jangan galak berlebihan sama Mahasiswa Baru. Tujuh tahun lagi, mereka bisa jadi bos kamu. So, yang wajar-wajar saja ya …
  2. Mahasiswa Senior yang paling galak saat orientasi, jangan sampai jadi yang paling gagap saat ditanya mahasiswa baru soal mata kuliah nantinya.
  3. Mahasiswa Senior kadang memperlakukan Mahasiswa Baru seakan mereka bod*h, lupa kalau diantara mereka ada beberapa pemenang Olimpiade dan mungkin akan lulus duluan.
  4. Tips hadapi Mahasiswa Senior, hubungi dengan amat sopan penuh hormat, Mahasiswa baru bisa tanya PR yang super sulit. Kadang aktivis lupa belajar.
  5. Mahasiswa Senior, kalian pernah jd Mahasiswa Baru. Senior seperti apa yang jadi idola? Bukan yang galak, sok kuasa, serem, tapi nggak pinter kan!?
  6. Kalau Mahasiswa Senior merasa perlu ditakuti Mahasiswa Baru, mungkin kalian tidak punya kebanggaan lain dalam hidup. Coba renungkan.
  7. Mahasiswa Senior jangan bangga kalau hanya bisa bikin keder Mahasiswa Baru. Tugas kalian tampil dengan PeDe menghadapi mahasiswa ASEAN di forum/kompetisi regional.
  8. Mahasiswa Senior tidak perlu berlebihan pada Mahasiswa Baru. Yang wajar-wajar saja agar tidak kikuk saat pinjam catatan waktu ngulang kuliah nanti.
  9. Mahasiswa Senior mau galak sama Mahasiswa Baru? Pikirkan lagi. Tujuh tahun lagi kamu bisa saja diwawancarai sama salah satunya saat mau pindah kerja.

    Kamu tidak sadar bahwa yuniormu yang mewawancarai (spicalandblog.info)

  10. Mahasiswa Senior, kenapa kamu galak sama Mahasiswa Baru? Jangan-jangan karena kamu takut ditanya bahan kuliah yang kamu nggak ngerti.
  11. Mahasiswa Senior kenapa galak sama Mahasiswa Baru? Jangan-jangan karena memang tidak ada hal baik yang bisa kamu tawarkan untuk membantu mereka.
  12. Mahasiswa Senior, apa pendapat Mahasiswa Baru tentang kamu? A] Baik, pinter, suka membantu, sabar, cakep atau b] galak, sengak, ga pinter, sok tahu? 🙂
  13. Mahasiswa Baru sadarilah psikologi Mahasiswa Senior. Kehadiranmu bisa ‘mengancam’. Pahami kalau mereka ingin kamu sopan dan hormat. Pokoknya harus saling dukung.
  14. Mahasiswa Senior kadang lupa kalau Mahasiswa baru yang mereka hadapi bisa saja lebih pintar, lebih dewasa dan mungkin akan lebih cepat lulus.
  15. Waktu 4 tahun ini sangat cepat. Mahasiswa Baru yang diplonco Mahasiswa Senior hari ini akan mengevaluasi kinerja Mahasiswa Senior itu di dunia kerja nanti.
  16. Mahasiswa Senior, jika kamu benci dan kesel melihat Mahasiswa Baru, hati-hati, bisa jadi hanya karena dia lebih cantik dan lebih populer.
  17. Mahasiswa baru yang dibully Mahasiswa Senior dalam sebuah ospek hari ini, bisa jadi presiden Indonesia tahun 2049 nanti. Tunggu undangan inagurasinya.
  18. Jika Mahasiswa Senior menghadapi Mahasiswa Baru hari ini dan berniat membully, ingatlah, 12 tahun lagi kamu juga menghadap dia di kantornya, nunggu lama dan hanya ditemani satpam. Itupun tanpa suguhan.
  19. Mahasiswa Senior pengen jadi dosen? Hati-hati, bisa jadi Mahasiswa Baru yang kamu bully hari ini jadi pembimbing S3mu nanti.
  20. Mahasiswa Senior yang membully Mahasiswa Baru hari ini mungkin lupa apa yang sudah diperbuatnya tetapi percayalah, Mahasiswa Baru tidak akan lupa 😀

Kenapa Mahasiswa Senior yang banyak ‘ditekan’ dalam posting ini dan bukan Mahasiswa baru? Karena yang hebat dan punya kuasa adalah yang senior. Dengan kekuatan yang lebih besar maka lahir tanggung jawab yang lebih besar pula.

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *