[ISIGOOD.COM] Diputusin pacar bikin sedih dan gak nafsu makan? No…No…No not that way guys!  

Saat-saat sedih, bagi beberapa orang akan merasakan nafsu makannya berkurang. Kesedihan yang dirasakan terus-menerus akan berkembang menjadi stres. Stres yang berkepanjangan secara otomatis akan mengganggu kesehatan tubuh serta keseimbangan jiwamu. Terlebih, jika stres menyebabkan nafsu makan kamu berkurang.

Tahukah kamu sebuah studi dari Carnegie Mellon University, Amerika menerangkan bahwa stres yang berkelanjutan akan menurunkan sistem kekebalan tubuh. Padahal sistem kekebalan tubuh sangat penting sebagai protector dalam menangkal virus yang menyebabkan berbagai penyakit. Bayangkan jika sistem kekebalan tubuh kamu rendah, tentu kamu akan mudah terserang penyakit. Akibatnya kamu tidak bisa leluasa beraktivitas. Saat kamu mulai merasa pikiranmu terbebani oleh suatu hal, kamu harus segera melakukan sesuatu untuk ‘menyegarkan’ pikiranmu.

Tidak perlu jalan-jalan ke tempat yang jauh atau shopping yang menghabiskan isi dompet. Kamu cukup mengkonsumsi jenis-jenis makanan tertentu. Manfaat cokelat yang dapat mengurangi tingkat stres tentu sudah diketahui oleh kebanyakan orang. Kandungan-kandungan dalam cokelat seperti kafein, theobromin, methylxanthine merupakan molekul psikoaktif  yang dapat mengurangi mood negatif. Tidak hanya cokelat, beberapa jenis makanan dan minuman lainnya juga mengandung zat atau molekul yang bisa dijadikan alternatif sebagai obat anti-depresi.

Jika kamu sedang merasa stres, bisa jadi karena kamu kurang mengkonsumsi makanan-makanan berikut ini.

1. Susu

Susu mengandung protein dan kalsium yang tinggi. Protein baik untuk menjaga daya tahan tubuh sedangkan kalsium untuk menguatkan tulangmu. Dengan daya tahan tubuh yang baik tentu kamu akan lebih ‘tough’ menghadapi berbagai hambatan dalam hidup. Tulang yang kuat juga akan membuatmu lebih leluasa bergerak. The dream is right in front of you, catch it up!

2. Teh Hijau

Teh hijau terkenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya karena kandungannya yaitu catechin yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Mengkonsumsi teh hijau akan membuat tubuhmu lebih sehat dan siap mengahadapi hari-hari lebih positif.

3. Kacang almond

Jika kamu hobi ngemil, sediakan cemilan kacang ini. Kacang Almond mengandung vitamin C dan E yang ampuh untuk menangkal radikal bebas sebagai penyebab utama stres.

4. Gandum

Bosan sarapan nasi, coba ganti menu sarapan kamu dengan olahan gandum. Selain sebagai variasi menu sarapan, gandum memiliki kandungan vitamin B yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsi vitamin B secara cukup dapat menstimulasi produksi hormon serotonin dalam otak. Hormon ini merupakan hormon yang berperan saat kita sedang stres, panik, dan bahkan depresi.

5. Brokoli

Seorang ahli gizi dari India, Maithili Kelkar pernah mengatakan bahwa brokoli mempunyai banyak kandungan antioksidan untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Selain itu, brokoli juga memiliki kandungan vitamin B yang dapat mengurangi tingkat stres

6. Buah Bluberi

Buah Bluberi memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Kaya vitamin C juga merupakan salah satu komposisi yang ada dalam buah ini. Kandungan vitamin C ini menjaga daya tahan tubuh dan bisa membuat pikiranmu lebih rileks. Sering-seringlah mengkonsumsi buah bluberi untuk tubuh yang sehat dan siap hadapi tantangan.

 

Daripada menangisi sang mantan yang gak jelas kapan baliknya, lebih baik sehatkan tubuh serta pikiranmu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman di atas ya…

[Artikel selengkapnya bisa anda lihat di sini]

Mahasiswi | Sehat | Passionate in Psychology and Fashion

1 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *