[ISIGOOD.COM] Sekali lagi isigood.com kembali mengulik sisi-sisi kebaikan bagi orang-orang yang selalu dikonotasikan ‘bersedih’ dan looser, yaitu apalagi kalau bukan para jomblo setanah air. Banyak orang mengartikan jomblo identik dengan kesendirian. Kesendirian identik dengan berbagai macam konotasi negatif. Ujung-ujungnya, jomblo selalu dikaitkan dengan ketidakbahagiaan minim berkah.

Jomblo (julian9tails.net)

Jomblo (julian9tails.net)

Nah, isigood.com kembali dengan penuh keyakinan menyatakan, bahwa jomblo itu bukan berarti tidak bahagia. Justru dengan kesendirian yang dialami dapat membantu untuk lebih fokus pada kebaikan-kebaikan dalam diri. Tidak hanya itu saja, kamu juga dapat melakukan hal-hal yang tak bisa dilakukan ketika memiliki pasangan.

Definisi kesendirian dan ketidakbahagiaan yang melekat pada jomblo bisa gugur dengan cara-cara ampuh menikmati masa kesendirian, yaitu seperti berikut ini:

1. Bebasnya dan Nikmatnya Traveling Seorang Diri

Bayangkan betapa enaknya traveling secara bebas sebagai jomblo! (tekooo.com)

Ketika Traveling, kamu akan menemui banyak hal baru dan unik. Kepuasan yang diinginkan ketika traveling sangat tergantung pada tercapaianya keinginan-keinginanmu yang baru muncul di tengah-tengah jadwal traveling. Jadwal traveling bisa kamu improvisasi dan disesuaikan dengan seleramu, tanpa takut ada intervensi dari orang lain.

Pemilihan destinasi dan kegiatan inti juga bisa kamu tentukan sendiri. Yang suka belanja, atau yang suka berpetualang yang agak berat, atau yang suka sekedar duduk-duduk di pantai, semua tergantung pilihanmu sendiri. Tidak ada kewajiban ‘mengalah’ pada pilihan orang lain.

2. Fokus Pada Karir dan Aktivitas-aktivitas Profesional

Bagi kamu yang memiliki pekerjaan yang cocok dengan passion-mu, inilah adalah saat yang tepat untuk lebih berkonsentrasi menjalaninya.

Mencapai kinerja terbaik dalam bekerja sejatinya adalah kenikmatan yang membahagiakan. Tidak selalu berujung pada banjir pujian dari bos, mendapatkan tambahan bonus atau diganjar dengan kenaikan gaji, namun yang paling krusial yaitu kamu mendapatkan pembelajaran penting yang akan berguna bagi perjalanan karirmu selanjutnya.

Seorang psikolog asal India, Mimrah Ansari mengatakan, menghabiskan waktu untuk bekerja tidak hanya akan membantu mencapai tingkat profesionalitas, tetapi juga membuatmu merasa senang dan memiliki kekuasaan. Namun bukan berarti hal ini akan mengubah kamu menjadi seorang yang tergila-gila dengan pekerjaan, tetapi lebih untuk memberikan kinerja terbaik.

3. Teman-Temanmu Adalah Pembunuh Kesendirian Yang Sempurna dan Penuh Warna

Berkumpul dengan teman-teman (dapurfilm.com)

Berkumpul dengan teman-teman (dapurfilm.com)

Pacaran pasti membutuhkan komitmen yang tinggi untuk menjalaninya. Salah satu bentuk komitmen dalam pacaran adalah komitmen terhadap waktu. Kamu bakal diwajibkan untuk mencurahkan waktu bagi pasanganmu. Dan selalu terbukti, ketika seseorang berhasil mendapatkan kekasih baru, maka frekuensi berinteraksi dengan teman-temannya akan ‘nge-drop’ dalam sekejap. Dan tak jarang, protes bakal berdatangan dari tema-teman yang selama ini dekat dengan kita.

Bila selama kamu berpacaran, jarang mempunyai waktu untuk bersosialisasi dengan teman-teman, sekarang adalah saat yang tepat untuk melakukannya. Rencanakanlah untuk membuat acara di akhir pekan atau hanya sekedar berkumpul santai sambil melakukan rutinitas. Kegiatan seperti ini akan selalu tersimpan dalam memori dan menjadi kenangan manis bagi kamu dan seluruh sahabatmu.

4. Memperdalam makna dan nilai-nilai kehidupanmu

Inilah saat yang tepat untuk memperdalam makna dan nilai-nilai dalam kehidupan yang kamu jalani sakarang dan di masa depan. Kebanyakan orang seringkali kurang memahami arti hidup yang sebenarnya. Kalau ketidakmapanan memaknai nilai kehidupan ini terjadi, kemudian kamu mendapatkan kehidupan baru bersama kekasihmu, maka itu sangat berbahaya. Karena prinsip-prinsip kamu bisa luruh dan hilang oleh dominasi prinsip-prinsip hidup kekasih barumu, yang sebenarnya kontradiktif dengan apa yang kamu yakini.

Pada saat sedang menikmati kesendirian, sebenarnya ini adalah waktu yang tepat untuk mencari tujuan hidup dengan mengerjakan apa yang menarik minatmu. Apabila kamu tertarik untuk mempelajari bahasa baru, atau melakukan pekerjaan sosial dengan menjadi relawan di pedalaman, lakukanlah sekarang.

5. Saatnya Menabung Menimbun Modal

Simple kan, uangmu akan utuh, atau tak mudah lari kemana. Tak perlu menyiapkan dana untuk dua orang kalau kamu pergi ke mana-mana. Memang, kalau pacaran, ada pasangan yang membayari makanan. Tetapi, berapa banyak, sih? Kadang, kamu pun harus membayar diri sendiri juga, atau kalau pasangannya matre, kamu juga yang kena. Jadi lajang, lebih murah, karena hanya harus bayar untuk 1 orang saja. Dan, tidak ada jadwal wajib, misalnya ngapel mingguan, yang mau tidak mau bakal memakan dana untuk membiayai acara tersebut. Kecuali kalau tujuannya cuma ketemu, duduk bareng dan ngobrol sampai jam malam berbunyi.

6. Perbanyak Waktu untuk Keluarga

Biasanya kalau punya pasangan, waktumu lebih banyak dihabiskan bersama si dia. Keluarga sering dijadikan urutan ke sekian. Nah, kalau lajang, kamu jadi punya banyak waktu untuk keluarga.

7. Lakukanlah Hobi Dengan Sepuas-puasnya

Menikmati kebebasan (popojicms.org)

Menikmati kebebasan (popojicms.org)

Manfaatkan waktu kesendirianmu untuk menikmati hobi yang biasanya dilakukan. Jika kamu menyukai memasak, cobalah untuk memulai kelas memasak dan undang teman-temanmu untuk datang dan berbagi resep masakan. Atau jika kamu gemar berkebun, tidak ada salahnya meluangkan waktu yang dimiliki untuk membuat taman impian yang dipenuhi dengan bunga-bunga segar yang kamu tanam sendiri di teras rumah.

Bagi kamu yang gemar melakukan olahraga keras dan menantang, silakan kamu ceburkan dirimu sepuas-puasnya kedalamnya. Atau kalau kamu ingin mencoba olahraga baru yang unik, misalnya terjun payung, atau terbang layang, just go ahead.

8. Bisa Berkencan dengan Siapa Saja

Nah, ini asyiknya berstatus jomblo. Dengan status lajang, kamu bisa berkencan dengan siapa saja. Mau menonton dengan si A, makan malam dengan si B, jalan-jalan bersama si C, tak ada yang melarang. Sambil, tentu saja, kalau masih berniat dapat pasangan, leluasa memilih mana yang pas jadi pendampingmu.

About

Redaksi Isigood.com menerima kiriman tulisan yang sesuai dengan rubrik yang ada. Baca ketentuannya di halaman "Kirim Tulisan" pada bagian atas situs ini. Kirim tulisanmu ke hzhafiri@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *