Ada yang bilang bahwa rendah hati adalah tanda kematangan dan kedewasaan. Mengapa harus arogan ketika ada banyak orang di luar sana yang memiliki pencapaian jauh di atas kita? Namun, kamu tak boleh lupa – jika dengan logika yang sama – merasa terhormat adalah hal baik dan menjadi rendah hati terhadap segala-galanya tak akan menaikkan harga diri atau kepercayaan dirimu.

Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki (cuap-cuap.net)

Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki (cuap-cuap.net)

Kepercayaan diri akan membuatmu mencapai pola pikir yang membantumu menggapai tingkatan yang lebih tinggi dalam hidupmu. Mengapa harus selalu memikirkan orang lain dan membiarkan mereka mendiktemu tentang hal-hal yang kamu seharusnya tak perlu berlaku merendah. Berikut ini adalah 10 hal yang kamu tak perlu merasa merendah dalam menyikapinya.

1. Kemampuanmu

Mungkin kamu adalah seorang penulis yang hebat atau seorang chef yang berbakat: tak peduli apa keahlianmu, jadilah selalu bahagia dan bangga bahwa kamu bisa menciptakan sesuatu. Hadapilah apapun yang menjadi kemampuanmu dan jangan merendah akan kemampuanmu itu, tak peduli seberapa tak penting orang lain menganggapnya.

2. Pencapaianmu dan Bagaimana Performa-mu

Hal ini bisa berarti les yang kamu ambil, atau pujian yang kamu dapat di kantor, atau tanggung jawab yang kamu ambil dengan bijaksana, atau memulai bisnis melawan segala kemungkinan, atau bisa jadi mengambil langkah berani; tak peduli apapun pencapaianmu dan bagaimana performamu, tunjukanlah hal itu pada dunia dan yakinlah semua itu bagian dari hidupmu.

3. Keuanganmu

Butuh usaha dan kerja untuk mendapat uang. Dalam memakai uang, juga dibutuhkan disiplin untuk memakainya sesukamu atau justru menabungnya. Sejauh kamu punya uang simpanan di bank atau bisa membayar kebutuhan hidupmu, kamu dapat berbahagia dan tak perlu merendah karenanya.

4. Hubunganmu dengan orang lain

Pertemanan adalah minyak yang jadi bahan bakar kehidupan kita. Tak ada hal yang lebih menyakitkan ketimbang memiliki segala-galanya, tetapi tidak memiliki orang-orang yang mendukungmu sepanjang jalan dan membagi nikmat yang kamu dapatkan dengan mereka. Jangan pernah merendah soal teman yang kamu miliki, tunjukan kepada dunia bahwa kamu memiliki teman-teman yang selalu mendukungmu.

5. Hal apa yang telah kamu pelajari, dan dimana kamu belajar/kuliah

Pembelajaran bukanlah hal yang murah, tak peduli apakah proses belajar ini dilakukan secara konvensional (dengan mengenyam pendidikan di sekolah) atau tidak. Berbahagialah dengan pengetahuan yang kamu punya, karena hal itu akan membuatmu mengerti dirimu sendiri dan dunia dengan lebih baik.

6. Tingkah lakumu

Ketika kamu memiliki tingkah laku yang menyenangkan dan positif, yang membantumu melewati masa-masa sulit, berarti kamu baru saja punya pencapaian lain dalam hidupmu. Tingkah lakumu adalah hal yang membedakanmu dengan orang lain dan kamu tak perlu merendah soal ini.

7. Apa yang kamu lakukan di waktu luangmu

Hal ini bisa berarti pos yang kamu bagi di Facebook atau Twitter, atau bisa juga buku yang kamu beli dan baca, bisa juga perjalanan traveling-mu ke tempat wisata atau memanjat gunung; waktu luangmu yang kamu gunakan untuk bernacam-macam hal ini juga bagian dari hidupmu. Yakinlah kamu tak pernah malu karena melakukannya.

8. Penampilanmu

Sesuatu yang ada pada penampilanmu bisa jadi adalah hal yang membuat orang lain terpukau. Hal ini bisa jadi penampilan fisikmu atau caramu bicara atau caramu membuat dirimu lebih muda dari seharusnya. Apapun itu, kamu harus bangga pada penampilanmu.

9. Alasanmu memberi dan bagaimana caramu memperdulikan sesama

Selalu ada kesempatan untuk menunjukan rasa kasihmu dan memperlihatkan bahwa kamu peduli. Di waktu tertentu, kamu dapat mengunjungi atau menelpon seseorang untuk menunjukan betapa kamu peduli, atau sederhananya berkata “aku sayang padamu” kepada seseorang yang membutuhkannya atau mungkin menjadi relawan saat ada bencana. Apapun cara yang kamu tempuh untuk menambah energi positif dalam hidupmu, itu adalah hal berharga yang pantas kamu banggakan.

10. Hubungan dengan dirimu sendiri

Dalam era di mana sosial media dan teknologi telah merambah kehidupan pribadi, adalah yang penting ketika kamu berhasil membangun relasi yang baik dengan dirimu sendiri. Hal ini ditunjukkan melalui perlawanan dan penyerahan dirimu terhadap suatu kebiasaan, atau mengembangkan rasa kewaspadaan diri.

 

Disadur dan dikembangkan dari lifehack.org

Mahasiswi selo Sastra Inggris UGM. Sedang belajar bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *