Bendungan menggambarkan kecerdasan dan arogansi manusia secara bersamaan. Bendungan menyumbang seperenam pasokan listrik dan mengaliri sepertujuh ladang pangan di seluruh dunia. Meski begitu, bendungan juga mengancam dengan bencana banjir yang mematikan, menggusur begitu banyak orang, dan mengubah air menjadi ekosistem yang paling mengancam kehidupan makhluk hidup. Di bawah ini adalah 12 bendungan yang paling mengubah wajah bumi.

 

Hoover: bendungan yang memberi kita Las Vegas

Bendungan Hoover (51thingstodo.com)

Bendungan Hoover (51thingstodo.com)

The Hoover adalah bendungan tertinggi dan paling berpengaruh di dunia ketika selesai dibangun pada tahun 1936. Bendungan ini mendorong pertumbuhan pertanian dan industri di barat daya Amerika. Namun di sisi lain, merusak perikanan di hilir Sungai Colorado. Kini, perubahan iklim global sangat mempengaruhi kapasitas bendungan ini dalam memasok air dan menghasilkan listrik.

 

Kariba: bendungan yang mengakhiri kemiskinan Afrika bagian selatan (or did it?)

Bendungan Karibia (http://www.worldtourismplace.com)

Bendungan Karibia (www.worldtourismplace.com)

Bendungan Kariba di Zambezi dibangun pada tahun 1950an untuk memasok energi bagi daerah pertambangan tembaga. Bendungan ini menjadi bendungan besar pertama yang didanai oleh Bank Dunia. Kariba menjadi simbol keberanian dunia baru, mengendalikan alam untuk menghasilkan pembangunan ekonomi yang cepat. Tetapi kenyataannya bendungan ini dibangun dengan mengusir 57.000 orang, hingga kini mereka masih menderita kelaparan dan tetap miskin.

 

Bhakra: “temple of modern India”

Bendungan Bhakra (moneyindices.com)

Bendungan Bhakra (moneyindices.com)

Pada tahun 1960an, Bendungan Bhakra menjadi simbol revolusi hijau di India dan dielu-elukan oleh Perdana Menteri Jawaharlal Nehru sebagai temple of modern india. Meskipun di India dan di luarnya, skema irigasi yang dikelola dengan buruk telah mengakibatkan meluapnya air, terjebaknya garam di dalam tanah, hingga gagal panen. Lalu Nehru kembali untuk menyampaikan duka cita atas bencana “giganticism” di atas bendungan ini.

 

Chixoy: kuburan di Rio Negro

Bendungan Chixoy (altbreakguatemala.com)

Bendungan Chixoy (altbreakguatemala.com)

Bendungan, seringkali membuat kamunitas di sekitarnya mengalami kekerasan dan pelanggaran hak asasi. Pada tahun 1982, lebih dari 400 orang asli, termasuk anak-anak dibantai untuk memuluskan pembangunan Bendungan Chixoy yang didanai Bank Dunia di Guatemala. Ketika sejarah ini terbuka, pada tahun 2014 pemerintah menandatangani persetujuan ganti rugi dengan komunitas terdampak senilai 154 juta dollar AS.

 

Banqiao: bendungan yang telah hilang

Bendungan Banqiao (youtube.com)

Bendungan Banqiao (youtube.com)

Ketika bendungan tidak dibangun atau dikelola dengan baik, ia bisa jadi rusak. Dalam bencana terbesar terkait bendungan, kegagalan Bendungan Banqiao di Cina, kira-kira 171 ribu orang tewas di tahun 1974. Dalam lebih dari 100 kasus, ilmuwan melihat keterkaitan gempa dengan pembangunan bendungan. Ada fakta kuat yang menyebutkan Gempa di Shicuan pada 2008, mungkin dipicu oleh Bendungan Zipingpu.

 

Yacyretá: the monument to corruption

Bendungan Yacy (yaciretaylosesteros.info)

Bendungan Yacyreta (yaciretaylosesteros.info)

Bendungan besar sering kali menjadi objek korupsi para diktator. Lemahnya akuntabilitas memicu korupsi masif dan pembengkakan biaya. Rata-rata, bendungan besar mengalami pembengkakan biaya hingga 96% dan tidak ekonomis. Biaya bendungan Yacreta, Argentina membengkak dari 2.5 miliar dollar AS menjadi 15 miliar dollar AS. Seorang mantan presiden menyebut Yacreta sebagai monumen korupsi.

 

Nagymaros: bendungan yang memulai gerakan rakyat Eropa Timur

Bendungan Nagymaros (framepool.com)

Bendungan Nagymaros (framepool.com)

Pada 1988, 40.000 warga Hungaria protes melawan usulan bendungan Nagymaros di Danau Danube. Untuk pertama kalinya terjadi penentangan rakyat yang terbuka selama pemerintahan komunis di dekade itu. di tahun berikutnya, proyek ini dihentikan dan gerakan rakyat mulai menyebar di seluruh Eropa Timur. protes terkait pembuatan bendungan yang dinilai merusak juga memulai proses demokratisasi di Myanmar dan beberapa negara lain.

 

Sardar Sarovar: bendungan yang mengalahkan bank dunia

Bendungan Sardar Sarova (sspa.gujarat.gov.in)

Bendungan Sardar Sarova (sspa.gujarat.gov.in)

Bendungan Sardar Sarovar di sungai Narmada, India menggusur lebih dari 250 ribu jiwa masyarakat asli. Bank dunia harus menarik diri dari proyek ini setelah sebuah tinjauan independen menemukan kekerasan sistematis dalam kebijakan sosial dan lingkungan proyek itu. setelah peristiwa memalukan ini, Bank Dunia tidak mengurusi proyek mega bendungan untuk lebih dari sepuluh tahun.

 

Three Gorges: mimpi mao yang jadi kenyataan

Bendungan Three Gorges (chinatravelca.com)

Bendungan Three Gorges (chinatravelca.com)

Bendungan Three Gorges di China meerupakan proyek tenaga hidro terbesar di dunia dan selesai pada tahun 2008. Proyek ini diperkirakan menghasilkan energi listrik setara dengan delapan pembangkit nuklir yang besar dan menggusur 1,2 juta masyarakat. Juga, menghancurkan ekosistem Sungai Yangtze. Pemerintah China mengakui terdapat masalah dalam proyek ini namun melanjutkan untuk melakukan ekspor teknologi.

 

Merowe: ketika pembanguan bendungan china mendunia

Bendungan Merowe (capetocape2012.com)

Bendungan Merowe (capetocape2012.com)

Pada tahun 2003, pemerintah China memutuskan untuk membiayai pembangunan bendungan Merowe di sudan sebagai proyek tenaga hidro besar di luar negeri. Pembangunan bendungan ini mengusir 50 ribu penduduk sekitar dan menyebabkan kekerasan hak asasi yang serius. Bank-bank dan perusahaan China kini terlibat dalam sekitar 330 bendungan di 74 negara, memimpin meletusnya pembangunan bendungan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

 

Inga 3: gajah putih Afrika selanjutnya?

Bendungan Inga 3 (kataweb.it)

Bendungan Inga 3 (kataweb.it)

Dengan proyek Inga 3 di sungai Kongo, bank dunia kembali membangun mega bendungan di tahun 2014. Walapun sebelumnya bank dunia gagal menyelesaikan proyek yang lebih kecil di Kongo. Inga 3 adalah fase pertama dari skema tenaga air terbesar di dunia. Proyek ini memiliki dampak lokal yang terbatas, akan memangkas konsumen miskin dan menguntungkan perusahaan minyak.

 

Glines Canyon: bendungan yang mengalami kemunduran

Bendungan Glines Canyon (rushydro.ru)

Bendungan Glines Canyon (rushydro.ru)

Bendungan memiliki dampak lingkungan yang serius, keuntungannya akan berkuran seiring bertambahnya usia. Sejak tahun 1930an, Amerika Serikat memperbaiki ekosistem sungai dan khususnya habitat ikan. Pada tahun 2014, bendungan Glines Canyon di sungai Elwhadi barat laut pasifik diputuskan sebagai penghapusan bendungan terbesar di dunia yang sudah dilakukan hingga kini.

 

Patagonia: bendungan yang tidak pernah dibangun

Bendungan Patagonia (yimg.com)

Bendungan Patagonia (yimg.com)

Beberapa tahun belakangan, tenaga surya dan angin sudah menunjukkan prospek komersilnya. Kedua sumber energi terbarukan ini lebih bersih dibandingkan dengan batu bara dan tenaga air. Selain itu, dapat dibangun bila masyarakat memerlukan pasokan energi listrik, kadang malah tidak memerlukan jaringan listrik. Pada tahun 2014, Chile, membatalkan pembangunan lima bendungan di wilayah patagonia di bawah tekanan publik dan mendapatkan 700 megawatt dari ladang angin dan energi surya mereka.

 

Di Indonesia, kejadian serupa juga pernah terjadi dalam pembangunan Waduk Kedung Ombo. Penggusuran juga terjadi dalam proses pembangunannya. Dari berbagai kasus ini, selayaknya kita mengambil pelajaran berharga, manusia memang dititipi untuk mengelola alam semesta. Namun demikian, seyogyanya kita bijaksana dengan turut mempertimbangkan keseimbangan alam.

Penulis lepas. Tinggal di Yogyakarta. Bermimpi punya toko roti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *