Pernahkah kalian berpikir kira-kira apa ya, yang dilakukan orang-orang sukses di hari Senin pagi? Apakah mereka termasuk orang yang mengutuki Senin dengan rangkaian meme kocak, atau membuat akronim Monday dengan sebutan Monster-day?

Sukses tidak tercipta dengan keberuntungan, tetapi didapat dengan tekad baja dan kerja keras. Rutinitas yang dilakukan pada Senin pagi menjadi hal yang vital karena akan menentukan performa kerja selama seminggu ke depan. Kira-kira apa ya yang mereka lakukan pada hari Senin pagi?

1. Mereka bangun pagi

bangun pagi merupakan kebiasaan orang-orang sukses

Ya. Perlu ditekankan sekali lagi bahwa: mulailah hari Seninmu dengan bangun pagi! Bangun pagi diperlukan oleh orang-orang yang sukses untuk mempersiapkan hal-hal sebelum memulai aktivitas. Dengan bangun pagi, kamu tidak akan terlambat untuk masuk kelas pertama, apel di kantor, atau serangkaian hal-hal lain yang biasanya kamu lakukan untuk memulai pekerjaan.

Dalam sebuah interview dengan Oprah, Michelle Obama pernah berkata bahwa ia selalu bangun pagi untuk sekadar mempersiapkan diri sebelum memulai harinya. Hal itu dimulainya dengan mengubah mindset bahwa ia tidak bisa bangun pagi.

Ubah pikiranmu yang menganggap bangun pagi di hari Senin itu susah. Bangun pagi itu mudah!

2. Mereka melakukan meditasi

lakukan meditasi di pagi hari

Waktu lima menit cukup untuk melakukan meditasi di hari Senin pagimu. Mengapa meditasi? Meditasi penting untuk menenangkan pikiranmu dari hal-hal yang tidak semestinya kamu pikirkan dan memunculkan energi-energi positif dalam dirimu.

Konsentrasi pada keheningan serta detak jantungmu adalah salah satu cara untuk melakukan meditasi. Bila kamu tidak bisa melakukannya seorang diri, sekarang, banyak pula video tutorial di jejaring sosial seperti YouTube yang akan membantumu melakukan meditasi.

3. Mereka termotivasi

orang yang sukses selalu optimis dalam hidupnya

Orang-orang yang sukses termotivasi untuk melakukan hal hebat setiap Senin pagi. Mereka membaca buku tentang personal development, menonton video inspirasi, serta mendengarkan kata-kata motivasi. Lima belas menit setiap hari Senin pagi cukup sebagai amunisi untuk memulai aktivitas yang padat selama seminggu ke depan.

4. Mereka mengonsumsi makanan yang sehat untuk tubuhnya

sarapan sehat menjadi menu wajib

Makanan yang sehat penting untuk menjaga stamina tubuh. Sarapan di hari Senin pagi merupakan kebiasaan baik yang akan membawamu menuju kesuksesan. Dengan konsumsi sarapan yang sehat, tubuh akan memperoleh asupan energi yang cukup. Setelahnya, tubuh siap untuk diajak beraktivitas penuh seharian.

Beberapa alternatif pola makan bisa kamu pakai untuk sarapan, salah satunya dengan food combining.

5. Mereka aktif mengerjakan sesuatu

olahraga di pagi hari

Orang-orang yang sukses tahu bahwa menjadi aktif penting untuk dilakukan setiap pagi, tak terkecuali di hari Senin. Oleh karena itu mereka melakukan beberapa hal seperti misalnya olahraga. Tak harus olahraga berat, olahraga ringan seperti squat-jump, push-up, atau lateral-jump mereka lakukan agar tubuh tetap sehat untuk memulai hari.

6. Mereka berkomunikasi tatap muka dengan rekan satu tim

mereka menggemari rapat tatap muka

Teknologi membuat seseorang bisa berkomunikasi tanpa bertatap muka. Namun, orang-orang sukses memilih untuk berkomunikasi tatap muka, terutama ketika memulai pekerjaan di Senin pagi. Dengan berkomunikasi tatap muka, seseorang dapat mengetahui reaksi emosional yang muncul ketika saling bicara. Sebuah tim yang sukses akan mengutamakan hal ini, terutama agar tidak terjadi miskomunikasi.

7. Mereka hanya memilih hal-hal penting untuk dilakukan, termasuk membaca email

membaca email penting

Jejeran pesan di kotak masuk email tentu akan membuat kita stres bila dibaca satu per satu, terutama jika kita membacanya di hari Senin pagi. Untuk mengatasi hal itu, orang-orang yang sukses memilih beberapa email yang memang dirasa penting untuk segera dibaca.

Untuk memudahkan hal tersebut, kamu dapat menyetting aplikasi filter pada email. Hal tersebut penting untuk kamu lakukan demi kesuksesanmu di masa mendatang. Selamat mencoba! 🙂

 

Sumber: Lifehack.org

Pegiat timeline. Bisa ditemui dalam akun @ervinalutfi di Twitter dan Instagram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *